Apa Kabar Megaproyek Kereta Api Tabalong-Banjarmasin? Booming Bersepeda, Pemkot Banjarmasin Bikin Jalur Khusus Siapkan Poros Ketiga, Rosehan Gandeng Putra Eks Gubernur Kalsel Kena Provokasi, Warga Pekapuran Raya Tolak Tes Covid-19! Terbanyak! Nyaris Seratus Pasien Covid-19 Kalsel Sembuh Hari Ini




Home ACT

Minggu, 21 April 2019 - 22:24 WIB

Hari Kartini, di Mata Si Cantik Rima Anjani Relawan Kemanusiaan ACT

Redaksi - Apahabar.com

Mahasiswi Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, Rima Anjani. Foto-Istimewa.

Mahasiswi Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, Rima Anjani. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Dari segi penampilan, mungkin tidak sulit mendeskripsikan perempuan yang satu ini. Sosoknya mungil dan berjilbab.

Namun di balik ukuran tubuh, Rima Anjani punya sejuta aktivitas. Khususnya yang bergerak dalam bidang kemanusiaan.

Saking banyaknya, cukup susah mendeskripsikan apa saja kegiatan profesi kemanusiaan yang dilakukan perempuan asal Banjarmasin tersebut.

Gampang mengenal Rima. Sebab, dia adalah relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang mengkhususkan diri pada bidang trauma healing.

Rima memberi aspirasi kepada relawan perempuan yang terlibat aksi kemanusiaan dalam rangka peringatan pahlawan wanita nasional Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada hari ini (21/04/2019).

“Walaupun Raden Adjeng Kartini telah tiada sejak hampir seratus tahun lalu, tapi semangat, inspirasi dan spiritnya masih sangat relevan dengan perempuan zaman now. Karena nilai-nilai perjuangan yang dibawa oleh Kartini itu universal ya, yakni semangat agar kaum perempuan menjadi lebih baik lagi,” kata Rima.

Rima mengatakan perjuangan RA Kartini pada masanya sangat luar biasa dan berkat jasa dan perjuangannya saat ini kaum perempuan di Indonesia dapat berkiprah dan setara dengan kaum pria terutama dalam hal aktualisasi diri.

apahabar.com

“Semangat Kartini untuk mengenalkan kaum perempuan agar bisa mengenyam pendidikan merupakan momen kebangkitan untuk para perempuan Indonesia untuk melahirkan prestasi prestasi baru,” terangnya.

Bahkan dari momen Hari Kartini, bagi anggota Duta Damai Kalsel ini relawan perempuan bisa menjadi garda terdepan dalam melaksanakan aksi kemanusiaan untuk perubahan bangsa ini.

Perempuan kelahiran 30 April ini mengkhususkan untuk para perempuan muda diluar sana, mari tanamkan jiwa Kartini didalam benak hari yang paling dalam.

Kondisi demikian mengindikasikan untuk para perempuan terus merawat diri dari kebodohan dan penjajahan “masa kini”.

“Generasi muda wanita harus banget meneladani sosok Kartini, tentang keteguhan dan keinginannya untuk terus belajar,” ucap mahasiswi kedokteran ULM ini.

Terlebih dengan kemajuan teknologi dan perubahan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini, katanya Kartini atau perempuan zaman now harus mampu menempatkan dirinya sesuai dengan apa yang menjadi kemampuannya.

Dia mengatakan perjuangan Kartini yang identik dengan emansipasi perempuan namun emansipasi tersebut jangan sampai kebablasan atau merupakan kodrat dasar seorang perempuan.

Baca Juga: ACT Kalsel Ajak Warga Kuatkan Palestina

Baca Juga: Kegembiraan dan Ucapan Syukur dalam Sekotak Pangan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

Kapal Ramadan Hadirkan Tawa di Muara Sungai Kelayan
apahabar.com

ACT

Siap Buat Rumah Singgah untuk Pasien Balangan
apahabar.com

ACT

MRI Gelar Orientasi Relawan Batch 1 di Balangan
apahabar.com

ACT

Update Banjir Sentani: 42 Korban Jiwa, MRI-ACT Siaga
apahabar.com

ACT

Malnutrisi Akut di Yaman, Wiby Indonesia Bersama ACT Akan Gelar Konser Amal
apahabar.com

ACT

Humanity Food Car, Wujud Konsistensi Kebaikan Dermawan
apahabar.com

ACT

ACT Kalsel Ajak Doakan Remaja Palestina yang Gugur Akibat Tembakan Israel
apahabar.com

ACT

Awal Tahun Jabodetabek Dikepung Banjir, ACT Terjunkan Tim Rescue
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com