Dikabarkan Tertangkap Pesta Sabu, SRN Anggota DPRD Tanah Laut Buka Suara MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru!

Hari Prank Sedunia, Berikut Asal Usul ‘April Mop’

- Apahabar.com Senin, 1 April 2019 - 18:03 WIB

Hari Prank Sedunia, Berikut Asal Usul ‘April Mop’

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Memasuki 1 April 2018, orang-orang pasti akan langsung mengingat April Mop atau dikenal juga April Fool’s Day. Tepat pada 1 April 2018, banyak orang bisa membuat lelucon dan membohongi orang lain, tanpa dianggap bersalah.

Dilansir Viva.co.id, tiap negara merayakan dengan budaya yang berbeda. Meski begitu asal usulnya April Mop masih menjadi misteri.

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop pertama kali bisa ditelusuri pada tahun 1582. Ini terjadi ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, sebagaimana diminta oleh Dewan Trent pada tahun 1563.

Baca Juga: Mantap Berhijab, Dinda Hauw Hapus Semua Foto Lamanya di Instagram

Namun sebagian orang tidak tahu bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari. Beberapa dari mereka masih merayakan pergantian tahun pada minggu terakhir bulan Maret. Hal ini membuat mereka jadi bahan lelucon sekaligus disebut sebagai asal usul April Mop.

Para sejarawan juga mengaitkan Hari April Mop dengan festival seperti Hilaria, yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret. Pada hari itu orang-orang akan berdandan dan menyamar menjadi orang yang berbeda.

Ada juga spekulasi bahwa April Mop dikaitkan dengan vernal equinox atau hari pertama musim semi di belahan bumi Utara. Itu terjadi ketika bumi mengalami perubahan cuaca yang tidak terduga.

Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi ini berlangsung selama dua hari. Perayaan ini dimulai dengan berburu gowk atau burung kukuk, simbol untuk kebodohan. Acara kemudian dilanjutkan dengan Tailie Day, membuat prank pada orang-orang di sekitar.

Di zaman modern, orang berusaha keras untuk membuat tipuan rumit di Hari April Mop. Surat kabar, stasiun radio dan TV serta situs web juga tercatat ikut mengerjai pemirsanya.

Contohnya pada tahun 1957, BBC melaporkan bahwa petani Swiss mengalami rekor panen spaghetti dan memperlihatkan rekaman orang memanen mi dari pohon, yang membuat banyak pemirsa tertipu. Kemudian pada tahun 1985, Sports Illustrated menipu banyak pembacanya ketika memuat artikel tentang seorang pelempar pemula bernama Sidd Finch yang bisa melempar bola lebih dari 168 mil per jam.

Lalu pada 1996, Taco Bell, jaringan restoran cepat saji, menipu orang ketika mengumumkan akan membeli Liberty Bell Philadelphia dan berniat menamainya dengan Taco Liberty Bell.

Baca Juga: Dianggap Sindir Luna Maya, Ini Kata Bunga Citra Lestari Tentang Lagunya

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hiburan

Tanpa Izin, Film ‘Mission Impossible’ Tayang di Meikarta Drive In Cinema,
apahabar.com

Hiburan

Siap-siap, Pemerintah Gelar Lomba Video hingga Podcast Rayakan HUT
apahabar.com

Hiburan

Anak Asuh RDP Agency Raih Juara di BSF 2020
apahabar.com

Gaya

Koleksi Ikan Cupang, Cara Anang Misran Hilangkan Stres
apahabar.com

Hiburan

Sinetron Jadul Losmen Bu Broto Digarap ke Layar Lebar
apahabar.com

Hiburan

Polisi Tangkap Drumer Band J-Rocks dan Kru Karena Kasus Ganja
apahabar.com

Hiburan

Kala Anak Band Tanah Bumbu Reuni, Cover Pesawat Tempurku hingga Bohemian Rhapsody
apahabar.com

Hiburan

Nyanyikan 15 Lagu, Fourtwnty Sukses Hibur Penggemar di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com