BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Harimau Sumatera Muncul di Konsesi PT Api Bengkulu

- Apahabar.com Selasa, 9 April 2019 - 15:27 WIB

Harimau Sumatera Muncul di Konsesi PT Api Bengkulu

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) intens menampakan diri di wilayah PT Anugrah Pratama Inspirasi (API) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dalam dua hari terakhir. Foto - iNewsTV/Ismail Yugo Trianto

apahabar.com, BENGKULU –  Seekor harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) intens menampakan diri di areal konsesi Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK) milik PT Anugrah Pratama Inspirasi (API) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dalam dua hari terakhir.

“Kawasan yang menjadi konsesi PT API itu adalah hutan produksi terbatas Lebong Kandis yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan habitat harimau,” kata Kepala Seksi Air Rami Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung, Zirun di Bengkulu, seperti dilansir Antara, Selasa (9/8/2019).

Baca Juga: Kasihan, Kaki Harimau Sumatra Terancam Amputasi

Ia mengatakan kemunculan satwa langka dilindungi itu pertama kali dilaporkan oleh karyawan PT API melalui polisi kehutanan (polhut) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Bengkulu.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa hampir setiap sore harimau tersebut muncul di tepi jalan poros yang dilintasi karyawan perusahaan saat bekerja.

Zirun menambahkan bahwa lokasi terdekat dari titik kemunculan harimau adalah camp pekerja PT API dan desa transmigran Tanjung Harapan sehingga warga diimbau untuk waspada.

“Kami terus berkoordinasi dengan Polhut yang bertugas di sekitar konstis PT API sehingga kemunculan harimau ini tidak berpotensi membahayakan baik untuk pekerja PT API maupun untuk harimau,” ucapnya.

Petugas dari BKSDA Resor Air Rami lanjut dia, terus memantau situasi untuk beberapa hari ke depan. Jika ada potensi konflik maka tim akan segera turun ke lokasi.

Ia menambahkan bahwa relokasi satwa terancam punah itu baru bisa dilakukan bila tingkat ancaman baik terhadap manusia maupun harimau semakin tinggi.

“Kalau situasi terkendali kita cukup mengawasi dan memastikan harimau dan manusia aman karena wilayah itu adalah habitatnya atau rumahnya,” katanya.

Baca Juga: Jagawana Bersama Harimau Terperangkap Jerat Pemburu di Riau

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ibu Kota Pindah, Jakarta Bakal jadi Kota Bisnis Kelas Dunia
apahabar.com

Nasional

Mark Up Anggaran Rp2,4 M, Eks Komisioner KPU Banjar Dijadikan Tersangka
apahabar.com

Nasional

Polisi Gelar Trauma Healing untuk Anak-Anak Pengungsi di Wouma
apahabar.com

Nasional

Viral Akan Ada Letusan Krakatau dan Gempa 8 SR, Begini Penjelasan BMKG
apahabar.com

Nasional

BMKG: Hujan Guyur Jabodetabek hingga Minggu Depan
apahabar.com

Nasional

Ingin Tolong Teman, 2 Santri Terseret Air Bah, 1 Tewas dan 1 Hilang
apahabar.com

Nasional

Belum Pilpres, BPN Prabowo-Sandi Sudah ‘Bagi-bagi Kursi’ Menteri
apahabar.com

Nasional

‘Benturkan’ Gus Mus dan Kiai Ma’ruf dalam Video, Pemuda Ini Meminta Maaf
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com