Salah Tulis, Perbaikan Plang Nama SDN di Banjarmasin Tunggu Dana BOS Cair Bawa Pesan Damai ke Ukraina-Rusia, Jokowi Dianggap Layak Raih Nobel Diguyur Hujan Berjam-Jam, Sejumlah Kawasan di Banjarbaru Tergenang Banjarmasin Terendam Lagi, Masyarakat Diminta Waspada Air Kiriman! Banjarbaru Terendam, Sejumlah Warga Dievakuasi

Harimau Sumatera Muncul di Konsesi PT Api Bengkulu

- Apahabar.com     Selasa, 9 April 2019 - 15:27 WITA

Harimau Sumatera Muncul di Konsesi PT Api Bengkulu

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) intens menampakan diri di wilayah PT Anugrah Pratama Inspirasi (API) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dalam dua hari terakhir. Foto - iNewsTV/Ismail Yugo Trianto

apahabar.com, BENGKULU –  Seekor harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) intens menampakan diri di areal konsesi Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK) milik PT Anugrah Pratama Inspirasi (API) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dalam dua hari terakhir.

“Kawasan yang menjadi konsesi PT API itu adalah hutan produksi terbatas Lebong Kandis yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan habitat harimau,” kata Kepala Seksi Air Rami Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung, Zirun di Bengkulu, seperti dilansir Antara, Selasa (9/8/2019).

Baca Juga: Kasihan, Kaki Harimau Sumatra Terancam Amputasi

Ia mengatakan kemunculan satwa langka dilindungi itu pertama kali dilaporkan oleh karyawan PT API melalui polisi kehutanan (polhut) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Bengkulu.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa hampir setiap sore harimau tersebut muncul di tepi jalan poros yang dilintasi karyawan perusahaan saat bekerja.

Zirun menambahkan bahwa lokasi terdekat dari titik kemunculan harimau adalah camp pekerja PT API dan desa transmigran Tanjung Harapan sehingga warga diimbau untuk waspada.

“Kami terus berkoordinasi dengan Polhut yang bertugas di sekitar konstis PT API sehingga kemunculan harimau ini tidak berpotensi membahayakan baik untuk pekerja PT API maupun untuk harimau,” ucapnya.

Petugas dari BKSDA Resor Air Rami lanjut dia, terus memantau situasi untuk beberapa hari ke depan. Jika ada potensi konflik maka tim akan segera turun ke lokasi.

Ia menambahkan bahwa relokasi satwa terancam punah itu baru bisa dilakukan bila tingkat ancaman baik terhadap manusia maupun harimau semakin tinggi.

“Kalau situasi terkendali kita cukup mengawasi dan memastikan harimau dan manusia aman karena wilayah itu adalah habitatnya atau rumahnya,” katanya.

Baca Juga: Jagawana Bersama Harimau Terperangkap Jerat Pemburu di Riau

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pengakuan Ibu Mendadak Hamil Lalu Melahirkan dalam Hitungan Jam
apahabar.com

Nasional

Berlaku Besok, Penukaran Uang Rp75.000 di Seluruh Bank
Bandara

Nasional

15 Pemalsu Swab di Bandara Soeta Ditangkap, Termasuk Pegawai Maskapai
Bayi Digulung

Nasional

TRAGIS! Bayi Nyaris Tewas Digulung Roda Sepeda Motor

Nasional

Daftar Wilayah yang Dapat 5G Telkomsel dan Indosat
Prabowo

Nasional

Soal Denda Sewa Satelit, Prabowo Gugat Balik 2 Perusahaan Asing

Nasional

Jaringan Telekomunikasi dan Listrik Putus Usai Semeru Erupsi
IKN

Nasional

Alasan Desainer Pakai Garuda di Ikon Istana Ibu Kota Baru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com