Respons BirinMu, Eks KPK dan HW Cs Jadi Panglima Gugatan II H2D di MK Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang

Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Banjarmasin Tergenang 

- Apahabar.com Minggu, 14 April 2019 - 10:10 WIB

Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Banjarmasin Tergenang 

Akibat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur, akibatnya sejumlah ruas jalan tergenang. Foto-Tribun

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan lebat mengguyur hampir seluruh wilayah kota Banjarmasin. Beberapa titik jalan terendam banjir yang membuat mobilitas warga terganggu. Hal disikapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Banjarmasin dengan terjun ke lokasi sejak Sabtu (14/4) siang kemarin

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kota Banjarmasin telah diturunkan untuk mengecek langsung ke beberapa titik lokasi yang terendam.

Kepala BPBD kota Banjarmasin Drs. H.M. HILMI, MM yang dihubungi, Sabtu (14/5) malam, membenarkan tim sudah diturunkan ke lokasi.

Baca Juga: Polisi Bekuk Dua Pengedar di Banjarmasin dan Banjarbaru dalam Semalam

“Saat ini TRC BPBD bersama Rescue BPBD dibantu PMI Kota Banjarmasin, Balakar dan Relawan Se-Kota Banjarmasin dengan backup BPBD Provinsi tengah berada di lokasi sejak Sabtu siang,” katanya.

Menurut Hilmi, selain melakukan pemantauan langsung ke lokasi, kedatangan tim juga membawa peralatan pendukung.

“Tapi banjir di kita tidak seperti di daerah lain, hanya genangan yang bisa surut dalam beberapa jam,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dirilis BPBD kota Banjarmasin, terdapat 8 titik yang mempunyai genangan air yang berbeda. Mulai dari +- 10 Cm hingga 40 Cm. Yaitu ;

  1. Jalan Ahmad Yani KM 5, Kelurahan Pemurus Baru, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin. Kondisi : Jalan umum terendam dengan ketinggian air bervariasi +- 20-25 Cm yang menyebabkan kemacetan.
  2. Jl.Dharma Praja III (Depan Bawaslu Kota Banjarmasin), Kel. Pemurus Luar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin. Kondisi: Sebagian jalan umum dan rumah warga terendam dengan ketinggian air bervariasi +- 15 Cm.
  3. 3.Jl.Ahmad Yani, Kom. Karya Baru, Kel. Pemurus Luar, Kec. Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Kondisi : Jalan umum dan rumah warga terendam dengan ketinggian air bervariasi +- 25 Cm.
  4. 4.Jl.Prona I & II, Kel. Pemurus Baru, Kec. Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Kondisi : Jalan umum dan rumah warga kembali terendam dengan ketinggian air lebih tinggi sekitar +- 40 Cm.
  5. Jl. Bumi Mas Raya, Kel. Pemurus Baru, Kec. Banjarmasin Selatan. Kondisi : Jalan umum dan rumah warga terendam dengan ketinggian air bervariasi +- 20-40 Cm.
  6. Jl. Hikmah Banua, Kel. Pemurus Luar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin. Kondisi : Jalan umum tergenang dengan ketinggian air +- 15 Cm.
  7. Jl. Pemurus Baru, Komplek Tentara, Kel. Pemurus Baru, Kec. Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Kondisi : Jalan umum dan permukiman warga tergenang dengan ketinggian air +- 40 Cm.
  8. Jl. Manunggal II, Aspol Bina Brata, Kel. Kebun Bunga, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin. Kondisi : Ketinggian air terpantau sudah mulai turun dengan ketinggian air +- 10 Cm

Penyebab dari terjadinya banjir setiap musim hujan, kata Hilmi, yakni intensitas hujan yang membuat ketinggian air sungai kembali naik hingga meluap ke jalan.

“Saya imbau kepada warga agar selalu waspada apabila debit air naik dan bahaya binatang melata yang bisa masuk ke pemukiman,” pungkasnya.

Baca Juga: Heboh Hujan Es Guyur Pelaihari, Simak Penjelasan BMKG

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 di Tanbu Kembali Bertambah, Total 39 Orang
apahabar.com

Kalsel

Kepala DKPP Batola Meninggal Dunia

Kalsel

Tak Hanya Elpiji 3 Kg, Sejumlah Harga Bahan Pokok di Banjarmasin Juga Naik
apahabar.com

Kalsel

Siang Bolong, Jasad Pria Mengambang di Sungai Barito
apahabar.com

Kalsel

Enam Bulan Berlalu, Sekolah di Kaki Meratus Akhirnya Diresmikan
apahabar.com

Kalsel

Terduga Penyusup Diamankan, Kapolda Kalsel Angkat Bicara
apahabar.com

Kalsel

Hari ini, 87 Warga Kalsel Dinyatakan Sembuh Covid-19

Banjarbaru

PDI Perjuangan Gelar Baca Puisi Karya Bung Karno, Ridha Raih Juara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com