Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Iwan Setiawan Mundur, Ada Apa dengan Bawaslu Kalsel?

- Apahabar.com Rabu, 10 April 2019 - 17:05 WIB

Iwan Setiawan Mundur, Ada Apa dengan Bawaslu Kalsel?

Iwan Setiawan mengundurkan diri sebagai Ketua Bawaslu Kalsel. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebelumnya publik sempat dibuat kaget adanya pergantian tampuk ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel yang sebelumnya dipegang Edy Ariansyah .

Hal nyaris serupa juga terjadi pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel. Iwan Setiawan yang selama ini dikenal sebagai Ketua Bawaslu Kalsel mendadak mundur dari jabatannya. Posisi ketua Bawaslu kalsel pun kali ini dipegang Erna Kasypiah.

Kenyataan tersebut mengundang tanda tanya, mengingat Pemilu tinggal menghitung hari dan tengah memasuki fase krusial.

Kepada apahabar.com, Iwan Setiawan mengakui kalau dirinya mengundurkan diri dari jabatan ketua Bawaslu Kalsel. Alasannya karena masalah kesehatan dan keluarga. Namun ia tak mengemukakan masalah detail yang dihadapi hingga mengambil keputusan melepas jabatan Ketua Bawaslu.

Baca Juga: Tunjukkan Jari Tanda Nyoblos, Dapatkan Diskon Makan di Restaurant Golden Tulip

“Hanya masalah kesehatan dan keluarga saja. Saya agak kurang sehat dan takutnya kinerja Bawaslu menjadi menurun karena fungsi ketua tidak maksimal,” ungkapnya,” Rabu (10/4).

Diketahui, Iwan saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya di kediamannya di Banjarbaru. Kondisi kesehatan itu sudah pernah diungkapkan Iwan saat mengisi kegiatan disalah satu hotel di Banjarmasin. Kepada tamu yang datang Iwan mengaku tidak enakan badan dan merasa kelelahan, sehingga ia merasa perlu banyak beristirahat.

Keputusan mundurnya Iwan ini diketahui melalui surat pernyataan tertanggal 9 April 2019 yang ditanda tanganinya. Dalam surat itu ia menyatakan mengundurkan diri dari posisi ketua Bawaslu Provinsi Kalsel karena pertimbangan kepentingan pribadi atau keluarga. Keputusannya pun dibuat atas kesadaran dan tanpa ada paksaan maupun intervensi.

Makanya komisioner Bawaslu Kalsel segera mungkin melakukan rapat pleno sebagai langkah memilih pengganti Iwan Setiawan. Hasilnya Erna Kasypiah pun terpilih secara aklamasi.

Erna Kasypiah saat dimintai keterangannya mengatakan, bahwa pergantian posisi jabatan ketua tidak akan mengganggu jalannya kinerja Bawaslu Kalsel. Sebab, ungkapnya, semua keputusan bukan ada pada ketua, melainkan melalui rapat pleno.

“Jabatan ketua itu sebagai koordinir. Kami semua 5 komisioner tetap sama, dan setiap keputusan itu diambil melalui rapat pleno. Sehingga tidak ada bedanya. Pa Iwan tetap memegang Divisi SDM dan Organisasi, dan saya di Divisi Pengawasan. Hanya saja saya harus membiasakan diri untuk mengkoordinir teman-teman pengawasan,” sebut Erna.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Jembatan Sungai Lulut Bakal Segera Dilakukan

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Neraca Pendidikan Daerah, Solusi Pengambil Kebijakan Pendidikan Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Fraksi PDIP dan Golkar Sepakat dengan Raperda Pengelolaan Kebun Raya Banua
apahabar.com

Kalsel

Selasa Pagi, Pemkab HST Gelar Salat Minta Hujan
apahabar.com

Kalsel

KNPI Kalsel Desak Pilkada Serentak Ditunda
apahabar.com

Kalsel

Tuntutan Massa Demo DPRD Kalsel: RKUHP hingga RUU KPK
apahabar.com

Kalsel

Polsek Banjarbaru Timur Terus Imbau Warga untuk Patuh Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Berkas Lengkap, Eks Pemred Banjarhits Pindah Tahanan
apahabar.com

Kalsel

Empat Rumah Warga di Kampung Arab Diamuk Api
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com