Tuntutannya Dicuekin, PLN Kalsel-Teng Dilaporkan ke Disnaker! Kronologi Hilangnya Raysa, Gadis Kelua Tabalong yang Viral di Media Sosial Eks Sekretaris Baramarta Buka-bukaan: Nama Ajudan Eks Bupati hingga Oknum DPRD Terseret Kasus Oknum TNI Tembak Warga di Tanah Bumbu Masuk Babak Baru Sopir PT BKB Ditemukan Tewas di Tapin, Diduga Korban Pembunuhan

Kaltim Siap Gelontorkan Puluhan Miliar untuk Beasiswa Tahun Ini

- Apahabar.com Senin, 8 April 2019 - 07:08 WIB

Kaltim Siap Gelontorkan Puluhan Miliar untuk Beasiswa Tahun Ini

Akademi Kesehatan Muhammadiyah Makassar menggelar Wisuda Terpadu di Phinisi Ballroom Grang Clarion Hotel Makassar, Rabu (28/9/2016). Foto-tribunnews

apahabar.com, SAMARINDA – Di bawah kepemimpinan Isran Noor-Hadi Mulyadi, Kaltim kembali siap merealisasikan beasiswa Kaltim Tuntas pada tahun ini.

Sesuai rencana Pemprov Kaltim akan membentuk Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas (BPBKT) terlebih dulu.

Wagub Hadi Mulyadi bergarap BPBKT diisi orang yang paham tentang dunia pendidikan serta permasalahannya. Memiliki pengalaman serta mampu merasakan dan melaksanakan bagaimana pendidikan yang baik.

“Insyaallah April ini sudah kita bentuk. Sedangkan proses Peraturan Gubernur (Pergub) sudah saya paraf, tinggal tanda tangan Gubernur dan segera diterbitkan,” kata Hadi Mulyadi di Samarinda, dikutip apahabar.com dari laman resmi Pemprov Kaltim, Senin (8/4).

BPBKT, kata dia, segera dibahas bersama Dinas Pendidikan Kaltim dan OPD terkait. Sehingga program ini segera dilaksanakan. Adapun beasiswa yang akan diberikan selama kepemimpinan Gubernur Isran ada dua macam; beasiswa tuntas dan stimulan.

“Beasiswa tuntas diberikan kepada 200 penerima per tahun. Sehingga selama lima tahun ada 1.000 penerima dibiayai tuntas pendidikannya oleh Pemprov Kaltim,” jelasnya.

Jika betul-betul dikelola dengan baik dan profesional, maka Kaltim selama lima tahun ke depan akan mencetak seribu SDM berkualitas dari program beasiswa ini.

Syarat untuk menerima beasiswa tuntas tentu harus terdaftar terlebih dulu sebagai mahasiswa. Kemudian, beasiswa diberikan selama menjalani pendidikan sesuai kebutuhannya untuk kemajuan pembangunan Kaltim.

Mereka yang menerima beasiswa lanjutnya, betul-betul memiliki keahlian dan kemampuan dibutuhkan guna mendukung pembangunan Kaltim.

“Tim akan menyeleksi betul-betul. Setiap jurusan berapa yang diberikan. Mulai bidang pendidikan, pertanian, kesehatan hingga kedokteran,” jelasnya.

Dalam pemberian beasiswa tuntas ini, ujar Hadi, Pemprov akan memberlakukan kesepakatan dinas.

Maksudnya, mereka yang menerima beasiswa harus mengabdi untuk daerah ini. Jika memang tidak bisa mengabdi bagi daerah ini, maka yang menerima beasiswa wajib mengembalikan biaya yang diterimanya selama pendidikan.

Sedangkan mengenai mahasiswa yang kini belajar di Rusia akan tetap menjadi perhatian Pemprov Kaltim dalam program Beasiswa Tuntas.

“Karena mereka awalnya sudah belajar dan dibiayai oleh pemerintah daerah, selayaknya harus tuntas diselesaikan. Ini menjadi perhatian kami dan harus tuntas. Ketika mereka kembali tentu harus diberdayakan,” jelasnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan HM Sa’bani mengatakan pembiayaan tuntas adalah dibiayai dari awal masuk kuliah hingga akhir selama empat tahun.

Sementara untuk beasiswa stimulan adalah program beasiswa secara khusus yang diberikan kepada penerima berprestasi dan membutuhkan beasiswa di tengah studi.

Rencananya, tahun ini Pemprov akan menganggarkan Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) sebesar Rp90 miliar.

Di mana, sekitar Rp32 miliar dari BKT itu dialokasikan untuk menyelesaikan pembiayaan mahasiswa yang telah belajar di luar negeri hingga tuntas.

“Contohnya, mereka yang berada di Rusia dan Australia,” ujar Sa’bani. Sedangkan sisanya sebesar Rp58 miliar untuk beasiswa tuntas tahun ini.

Baca Juga: Gubernur Tak Bergeming, Aliansi Peduli Karst Serukan Tolak Pabrik Semen Jilid II

Baca Juga: Gubernur Kaltim soal MBTK: “Investor Tak Perlu Pusing Urus Sewa Lahan”

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Rekor, Ditresnarkoba Polda Kaltim Ungkap Sabu 25 Kilogram
apahabar.com

Kaltim

Pandemi Berlalu, Bupati Mahulu: Budaya Lokal Pasti Kembali

Kaltim

Teddy-Benny Resmi Pimpin AJI Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Tes SKB CPNS Kutim Kembali Digelar
apahabar.com

Kaltim

Pemkot Balikpapan Tetapkan Status KLB Covid-19
Kesetrum

Kaltim

Perbaiki Atap Rumah, Seorang Kuli di Balikpapan Kesetrum hingga Kritis 
apahabar.com

Kaltim

Kampanye Cegah Stunting di Penajam Melalui Festival Seafood
Covid-19

Kaltim

Termasuk Kaltim, Berikut 10 Provinsi dengan Kasus Covid-19 Tertinggi Usia Sekolah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com