Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Kasus Ini Jadi Trending Kejahatan di Banjarmasin, Polresta Terima Ratusan Laporan

- Apahabar.com Kamis, 25 April 2019 - 16:21 WIB

Kasus Ini Jadi Trending Kejahatan di Banjarmasin, Polresta Terima Ratusan Laporan

Ilustrasi penjara. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Selama awal tahun 2019 beberapa kasus kriminal tercatat ditangani aparat Polisi Resort (Polres) Kota Banjarmasin. Kasus-kasus tersebut bersifat kejadian konvensional.

Dari beberapa kasus yang ditangani Polresta banjarmamsin muncul data kasus kejadian yang lebih dominan di antara kasus-kasus lainnya, terlebih menjelang pemilu. Kasus tersebut adalah tindak kejahatan pencurian.

Dikemukakan Kapolres Banjarmasin Kombes Pol Sumarto, kejadian kasus pencurian lebih sering dilaporkan warga kepada pihaknya.

“Tidak mengenal berapa nominal kehilangannya, warga tetap melapor ke kami. Baik kecil maupun besar nilai kerugian kehilangan tersebut,” ungkapnya.

Hal ini menyebabkan kasus pencurian menjadi trending pada catatan kasus di Polresta Banjarmasin, disebabkan banyaknya laporan warga atas kejadian pencurian tersebut.

“Terkadang hal ini bisa selesai dengan cara kekeluargaan, tapi tetap ini menjadi trend bagaimana kasus pencurian itu bisa muncul dan meneror masyarakat,” terangnya lebih lanjut.

Di awal 2019 ini saja Polresta sudah menerima 123 buah laporan mengenai kasus pencurian dan 30 laporan terkait kasus penganiayaan.

Sehingga kasus pencurian lebih banyak ditangani  dibanding kasus lainnya, baik itu pencurian berat (curat), pencurian ringan (curi ringan), pencurian biasa (cubis), pencurian dengan kekerasan (curas), maupun pencurian kendaraan bermotor roda dua (curanmor R2).

Dari 123 buah laporan tersebut, Polresta Banjarmasin telah berhasil menyelesaikan sebanyak 57 laporan sampai dengan triwulan pertama awal tahun 2019 ini.

“Jika dilihat dengan tahun sebelumnya di 2018, kasus pencurian masih menjadi trend kejahatan terbanyak yang kami tangani sampai saat ini, meski sedang membagi pengamanan terhadap pemilu, personil kami tetap ada yang menyelesaikan kasus konvensional yang terjadi di Banjarmasin termasuk kasus pencurian ini,” sebut Sumarto.

Melihat data kasus yang diperoleh apahabar.com dari Humas Polresta Banjarmasin, diketahui kasus pencurian di tahun 2018 sebanyak 117 laporan dan diselesaikan sebanyak 64 kasus.

Dari data tersebut, untuk kasus pencurian berat meningkat sebanyak 56 persen. Di mana pada tahun 2018 kasus curat ada sebanyak 27 kasus dan baru di awal tahun 2019 saja meningkat menjadi 42 kasus.

Untuk diketahui, beberapa kasus pencurian terjadi seperti terciduknya seorang pria di Sungai Andai atas kasus pencurian sandal. Ada pula wanita yang kasusnya sudah masuk persidangan atas pencurian HP senilai Rp800 ribu, dan yang terbaru kasus curanmor R2 yang berhasil diungkap Polresta Banjarmasin.

Baca Juga: Menanti Vonis, Penghina Abah Guru Sekumpul pun Gugup

Baca Juga: Tunggu Putusan Ibnu Sina, Sembilan Pelamar Kepala Dinas Deg-Degan

Baca Juga: Ogah Bicara ‘Politik Dagang’ Uni Eropa, Walhi Kalsel Tuntut Aksi Pemerintah Perbaiki Kerusakan Ekologis

Baca Juga: Geger !! Temuan Mayat Mengapung di Bantaran Sungai Martapura

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Sisa Sampah ‘Cemari’ Kemeriahan Malam Takbiran di Tapin
apahabar.com

Kalsel

Jauhi Angka Kematian, Pasien Sembuh Covid-19 di Kalsel Terus Bertambah
apahabar.com

Kalsel

Lonjakan Kasus Covid-19 Kalsel, Pakar ULM: Imbas New Normal
apahabar.com

Kalsel

6 Jembatan di Banjarmasin Tengah Diperbaiki, PUPR Targetkan 180 Hari
apahabar.com

Kalsel

Habar Foto Kegiatan DPRD Banjarmasin Maret 2020

Kalsel

Siap-siap, Si Mungkal Siap Manjakan Lidah Pecinta Durian
apahabar.com

Kalsel

Tambah 75 Kasus Covid-19, Terbanyak Dari HSS dan Banjarbaru
Ibnu Sina

Kalsel

Diminta Bawaslu Tahan Diri, Wali Kota Banjarmasin: Masa Cuma Tidur di Rumah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com