Pantas GR86 Jadi Primadona di GIIAS 2022, Berapa Harganya? Akhirnya, Truk Pertamina yang Terbalik di Martapura Berhasil Dievakuasi Maksimalkan Potensi EBT, CPI: Pengembangan EBT Jangan Asal-asalan! Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan
agustus

Ke Malaysia, Komisioner KPU Cek Surat Suara Tercoblos

- Apahabar.com     Kamis, 11 April 2019 - 20:08 WITA

Ke Malaysia, Komisioner KPU Cek Surat Suara Tercoblos

KPU. Foto-detikcom

apahabar.com, JAKARTA – Terkait temuan surat suara tercoblos di Selangor Malaysia, KPU mengutus dua orang komisionernya Hasyim Asy’ari dan Ilham Saputra melakukan mengecek langsung.

“Sebenarnya kita juga sudah mendapatkan informasi, tetapi kami memandang informasi ini belum cukup, sehingga kami perlu melalui rapat pleno menugaskan Pak Hasyim Asy’ari dan Pak Ilham untuk datang ke Malaysia secara langsung,” kata komisioner KPU Wahyu Setiawan seperti ditulis detikcom, Kamis (11/4/2019).

Wahyu mengatakan KPU memerlukan informasi/data yang akurat dan lengkap untuk menindaklanjuti temuan surat suara tercoblos.

Hingga saat ini belum ada data mengenai jumlah surat suara pileg dan pilpres yang tercoblos, termasuk jumlah kantong plastik hitam tempat menyimpan surat suara.

Baca Juga: Surat Suara Tercoblos di Selangor, Bawaslu RI: Kejadiannya di Luar Kendali

Selain itu, KPU ingin memastikan tempat penyimpanan surat suara untuk Pemilu 2019 di Malaysia. Sebab, dalam video yang beredar, surat suara tercoblos ditemukan di ruko.

“Maka informasi penting di Malaysia kita ingin mendapatkan informasi sebenarnya PPLN itu menyimpan surat suara itu di mana? Apakah di kantor perwakilan? Apakah kantor perwakilan dan menyewa suatu tempat atau semua di kantor perwakilan? Dari pertanyaan ini saja akan terurai sebenarnya bagaimana substansi video itu,” sambung Wahyu.

Secara prosedur, surat suara, menurut Wahyu, harus disimpan di tempat aman, seperti kantor perwakilan atau menyewa gudang.

“Karena ada prosedur, harus disimpan di tempat-tempat yang standar pengamanannya jelas,” kata Wahyu.

Temuan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia, sebelumnya disampaikan Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yazza Azzahra. Yazza mengatakan sudah melaporkan temuan surat suara tercoblos di Selangor ke Bawaslu pusat.

Surat suara itu dibungkus dalam kantong-kantong plastik berwarna hitam yang diletakkan di ruko di Bangi, Selangor. Dari pengecekan awal, ditemukan juga ada surat suara pileg yang sudah tercoblos.

Baca Juga: Prihatin Kasus AU, Jokowi Perintahkan Kapolri Bertindak Tegas

“Jadi, berdasarkan sampel yang kita ambil, terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01 dan juga ada di pileg untuk NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu,” kata Yazza saat dihubungi terpisah.

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

bakamla

Nasional

Bakamla dan BNN Gagalkan Penyelundupan 436,3 Kg Sabu-sabu
apahabar.com

Nasional

Langgar Sejumlah Protokol Kesehatan, Pabrik Khong Guan Terancam Ditutup?
apahabar.com

Nasional

Golongan Darah O ‘Kebal’ Corona, Cek Faktanya
apahabar.com

Nasional

Pejabat AS: Sejumlah Lokasi di Irak Dihantam Serangan Roket
apahabar.com

Nasional

BMKG: Pernah Terjadi Tsunami di Selatan Jawa

Nasional

Majelis Adat Pertanyakan Maksud Edy Mulyadi Pakai Iket Sunda Saat Penuhi Panggilan Bareskrim
apahabar.com

Nasional

126 WNA Ditolak Masuk Indonesia
Satgas Covid-19

Nasional

Satgas Covid-19: 1.227.918 Nakes Telah Divaksinasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com