Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah

KPU Kalsel Tetapkan 9.847 Pemilih Disabilitas

- Apahabar.com Rabu, 3 April 2019 - 19:16 WIB

KPU Kalsel Tetapkan 9.847 Pemilih Disabilitas

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk penyandang disabilitas di daerah ini sebanyak 9.847 orang.

Penetapan itu berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan ketiga (DPTHP-3), Rabu (3/4/2019).

“Total jumlah pemilih kebutuhan khusus atau disabilitas yang ada di Kalsel sebanyak 9.847 orang,” terang Ketua KPU Kalsel, Sarmuji kepada Wartawan Apahabar.com.

Baca Juga: Kampanye di Masjid, MUI Kalsel: Haram

Angka pemilih disabilitas itu, kata Sarmuji sekitar 2.158 orang ialah pemilih dari tuna daksa, 1.145 tuna netra, 1 461 tuna wicara, 2.022 tuna grahita dan 3.062 orang penyandang disabilitas lainnya.

Menurutnya, KPU Kalsel hingga saat ini sudah melakukan beberapa kali sosialisasi terkait Pemilu 2019 bersama organisasi disabilitas yang ada di wilayah bumi lambung mangkurat.

Seperti pada di Persatuan Disabilitas Indonesia.

“Kami sudah lakukan sosialisasi beberapa kali bersama mereka sebagai bentuk komitmen kami terhadap pemilih akses,” terangnya.

KPU Kalsel, lanjutnya telah menginstruksikan kepada penyelenggaraan pemilu kabupaten/kota agar menghimbau petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) memperhatikan hak hak pemilih disabilitas.

“Jika ada penekanan dari kami bahwa tentang pentingnya pemilu akses, agar melayani pemilih sebaik baiknya khususnya kepada pemilih disabilitas,” katanya.

Pemilih disabilitas sebanyak 9.847 orang itu, diambil dari DPT 2.071.337 orang.

Selain pemilih disabilitas, pada DPTHP-3 terdapat penambahan tempat pemungutan suara (TPS) berbasis DPTb sebanyak 25 TPS yang tersebar di 12 desa/kelurahan dan 10 kecamatan dan 5 kabupaten/kota.

Baca Juga: Satlinmas dan Petugas Ketertiban Dibekali Langkah Pengamanan di TPS

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bahas Tahapan Pilkada 2020, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta Pimpin Vicon Bersama Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono
apahabar.com

Kalsel

Sambangi Waroeng Bandjar, Bukti Mardani H Maming Dukung Pelaku UMKM di Kalsel

Kalsel

Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban
apahabar.com

Kalsel

Gara-Gara Las, Teluk Dalam Geger CBR Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Mappanretasi jadi Wahana Bersyukur Nelayan Teluk Tamiang Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Terminal Baru Syamsudin Noor Segera Beroperasi, Maskapai Asing Masih Tanda Tanya
Covid-19

Kalsel

Alhamdulillah, Pasien Sembuh Covid-19 Tanbu Bertambah 28 Orang
apahabar.com

Kalsel

Hidup Sebatangkara, Gazali Semringah Terima Bantuan dari Rumah Yatim Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com