apahabar.com Terima “Journalism Emergency Relief Fund” dari Google Demi Cicilan Mobil, Satpam di Banjarbaru Bobol Belasan Ruko! Demokrat-PDIP Berkongsi, ‘Karpet Merah’ untuk Eks Wagub Kalsel Rapid Test Rp 150 Ribu, Bandara Syamsudin Noor Sambut Positif Dua Hari, Belasan Warga Kotabaru Sembuh dari Covid-19




Home Politik

Sabtu, 13 April 2019 - 17:04 WIB

Masa Tenang Kampanye, Kader Nasdem Kalsel Copot Ratusan APK

Redaksi - Apahabar.com

Seorang kader menunjukkan APK Nasdem yang telah dicopot. Foto-apahabar.com/M.Robby

Seorang kader menunjukkan APK Nasdem yang telah dicopot. Foto-apahabar.com/M.Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Memasuki masa tenang kampanye, Bawaslu Kalimantan Selatan (Kalsel) mengimbau kepada seluruh peserta pemilu agar sekiranya melepaskan Alat Peraga Kampanye (APK) per 13 April 2019.

Berdasarkan pantauan apahabar.com di lapangan, Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel) Daerah Pemilihan 1 Kota Banjarmasin, Fransiscus Xaverius Rudy bersama timnya melepas APK yang terpampang di sekitar Banjarmasin.

Kader dari Partai Nasdem itu tak sendiri, melainkan ditemani oleh Pengurus Garda Pemuda NasDem DPW Kalsel.

Bukan hanya membersihkan APK pribadi, namun, ia bersama tim Bravo 04 juga ikut turun tangan dalam membersihkan APK Caleg Partai NasDem lainnya. Mengingat, Pemilihan Umum (Pemilu) telah memasuki masa tenang sebelum 17 April 2019.

Menurutnya, tindakan tersebut sesuai dengan Instruksi DPP NasDem serta DPW NasDem Kalsel untuk ikut serta menegakkan peraturan pemilu tentang Kampanye dengan Alat Peraga.

Pembersihan APK, kata dia, dilakukan dengan menyisir jalan utama sampai ke komplek perumahan di seputar Banjarmasin. Dimulai dari kawasan Pekauman, Banjar Indah Permai, Beruntung, Bumi Mas, Dharma Praja, Pramuka, Gatot Subroto, Banua Anyar dan Veteran.

Baca juga :  Demokrat-PDIP Berkongsi, 'Karpet Merah' untuk Eks Wagub Kalsel

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan mengimbau kepada seluruh peserta pemilu agar menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Kami mengimbauan kepada peserta pemilu untuk menurunkan APK yang telah terpasang di seluruh wilayah Kalsel, sebelum memasuki masa tenang pada 14-16 April,” ujar Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah kepada awak media.

Baca Juga: Bawaslu Kalsel Selesaikan 10 Sengketa

Baca Juga: Hari Ini Ribuan WNI di Selandia Baru Nyoblos

Selain APK, Erna juga mengingatkan kepada peserta Pemilu untuk menurunkan bahan kampanye (BK), seperti halnya poster yang telah dipasang di berbagai tempat.

Penurunan APK, kata Erna, telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 pasal 287 ayat 5, dimana masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu.

Baca juga :  Wahid Siap Jika Dipercaya Golkar Dampingi Sugianto Sabran

Payung hukum ini juga menyebutkan, kampanye Pemilu dimulai sejak ditetapkannya DCT dan berakhir sampai dimulainya masa tenang.

“Di mana pasal tersebut menyebutkan bahwa Peserta Pemilu yang melakukan kampanye pada masa tenang dapat dikenai sanksi kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp12.000.000,00,” tuturnya.

Undang Undang itu, sambung dia, menunjukkan agar pada saat masuknya masa tenang tidak ada lagi kegiatan kampanye yang dilakukan oleh Peserta Pemilu. Termasuk, penyampaian visi dan misi sebagai calon wakil rakyat merupakan salah satu dari metode kampanye.

“Peserta Pemilihan Umum dalam hal ini juga dihimbau untuk tidak melakukan kampanye di masa tenang. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar kondisi Pemilihan Umum Tahun 2019 tetap steril dan kondusif,” terangnya.

Baca Juga: Wakil Rakyat Sesalkan Kisruh Napi di Kalsel Terancam Gagal Nyoblos

Baca Juga: Dilarang Berfoto di Bilik Suara

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Tak Percaya Lembaga Survei Luar, BKD Kalsel Klaim Prabowo-Sandi Unggul 63 Persen
apahabar.com

Politik

Debat ke-5 Pilpres Lebih Tegas, Undangan yang Mengganggu Dikeluarkan
apahabar.com

Politik

Ovie-Iwan Mundur, PDIP: Pilkada Banjarbaru Tanpa Tandingan
apahabar.com

Politik

Jokowi di Mata Mardani H Maming
apahabar.com

Politik

Andreas Pareira: Wajar Jika PDI Perjuangan Dapat Jatah Menteri Paling Banyak
apahabar.com

Politik

Bawaslu Tapin Pantau Rencana Kunjungan KH Ma’ruf Amin ke Binuang
apahabar.com

Politik

Sah! Gelora Indonesia Resmi Berbadan Hukum Partai Politik
apahabar.com

Politik

Jelang Pilkada Kalsel, Berikut 15 Pasang Bakal Calon Jalur Independen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com