Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022 Innalillahi, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Tutup Usia PT BKB Tanbu Laporkan Ormas KPK Tipikor Kalsel ke Polisi [ANALISIS] Judi ‘Gurak’, Ritual Adat atau Kepentingan Pribadi? Kebakaran Simpang Telawang, Korban Tetap Tinggal Saat Api Berkobar

Menuju Tanah Bumbu Hebat (3), Infrastruktur Lebih Baik, Pertumbuhan Ekonomi Meningkat 

- Apahabar.com     Senin, 8 April 2019 - 13:57 WITA

Menuju Tanah Bumbu Hebat (3), Infrastruktur Lebih Baik, Pertumbuhan Ekonomi Meningkat 

Pembangunan jalan desa di Kabupaten Tanah Bumbu. Foto-Dinas PUPR Tanbu.

Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Tanah Bumbu tidak dapat tercapai jika tidak didukung dengan pembangunan infrastruktur. 

Puja Mandela, BATULICIN

Salah satu pembangunan infrastruktur yang dimaksud yaitu pembangunan jalan dan jembatan yang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar desa sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat.

Hingga akhir 2018, pemerintah daerah sudah membangun jalan di antaranya jalan kabupaten sepanjang 1.586,12 km serta jembatan sebanyak 298 unit dalam kondisi baik yang menghubungkan antar desa dan kecamatan.

Pembangunan infrastruktur di Tanah Bumbu juga diarahkan pada sektor pertanian. Hal itu dilakukan guna mendukung program pemerintahan Presiden Joko Widodo yakni swasembada pangan.

Wujud nyata dukungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu pada sektor pertanian pada 2018 di antaranya rehabilitasi jaringan irigasi, optimalisasi fungsi jaringan irigasi, pembuatan saluran irigasi, serta rehabilitasi jaringan irigasi.

Pada 2018, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mendapatkan program dana hibah dari Kementerian PUPR, melalui kegiatan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP). Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang mendukung peningkatan produktivitas tanaman pangan.

Melalui optimalisasi jaringan irigasi ini tentunya berdampak bagi peningkatan produksi sektor pertanian di Tanah Bumbu. Tercatat pada 2017 produksi pertanian khususnya padi sawah sebanyak 121.728 ton, sementara pada 2018 produksinya mencapai menjadi 128.392 ton.

Peningkatan produksi sektor tanaman pangan ini dipengaruhi pula dengan dukungan pemerintah pusat melalui program penyaluran alat mesin pertanian (alsintan), benih tanaman, dan pupuk bersubsidi yang dirasakan langsung manfaatnya oleh para petani di Tanah Bumbu. (*)

Baca Juga: Menuju Tanah Bumbu Hebat (1), Maksimalkan Sektor Maritim untuk Kesejahteraan Masyarakat

Baca Juga: Menuju Tanah Bumbu Hebat (2), Andalkan Sektor Perikanan Pacu Ekonomi Masyarakat

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Melalui JOTA dan JOTI, Rooswandi: Pererat Persaudaraan dan Tingkatkan Kepedulian Sosial
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kursani Lepas Rombongan “Si Kadal” ke Pelosok Desa
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sampai Juli 2019, Ada 32 Kasus HIV/AIDS di Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tanam Pohon di Hutan Kota, Forum Anak Daerah Impikan Lingkungan Bersih dan Sehat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tunggul Ulin ‘Keramat’ di Tanah Bumbu Akhirnya Tumbang
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kasus DBD di Tanbu Mulai Turun
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Momen Hari Pahlawan, Sudian Noor Serahkan Bantuan Alsintan
Covid-19

Pemkab Tanah Bumbu

Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 14 Orang, Positif 5
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com