Brakkk! Detik-Detik Rumah Ambruk di Manarap Banjar Kontroversi Upin Ipin Sudah Meninggal, Les’ Copaque Beri Penjelasan Penggerebekan Maut Kakek Teluk Tiram: Sarijan Rupanya Target Tersohor Kepolisian Maraton, Proses RUU jadi UU IKN Digelar Hari Ini Tok! Pemerintah-Pansus Sepakat RUU IKN Lanjut ke Paripurna DPR

Operasi Simpatik Intan 2019, Tekan Angka Kecelakaan di Banua Jelang Ramadhan

- Apahabar.com     Minggu, 28 April 2019 - 15:26 WITA

Operasi Simpatik Intan 2019, Tekan Angka Kecelakaan di Banua Jelang Ramadhan

Ilustrasi Operasi Simpatik Intan. Foto-dok humas polda Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan beserta jajarannya akan melaksanakan Operasi Simpatik Intan 2019 dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat berlalu lintas. Operasi tersebut akan dimulai pada Senin (29/4) besok, selama dua pekan ke depan.

Operasi Simpatik Intan 2019 sendiri akan lebih mengedepankan langkah preemtif dan preventif atau upaya pencegahan terhadap pelanggaran lalu lintas.  Karena sifatnya pencegahan, maka petugas yang melakukan operasi simpatik akan memberi teguran dan bukan penilangan.

“Dalam operasi ini kami memang mengedepankan 80% upaya simpatik. Tapi tetap ada penilangan untuk pelanggaran fatalitas seperti melawan arus, mengemudi dalam keadaan mabuk, termasuk pengemudi dan penumpang motor tidak menggunakan helm SNI,” terang Dirlantas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Muji Ediyanto kepada apahabar.com. Minggu (28/4).

Baca Juga: Upaya Pengadilan Agama Banjarmasin Selesaikan ‘Sengketa Hati’

Baca Juga: Suka Duka Hartati, 16 Tahun Jual Kembang di Makam Datu Nuraya Desa Tatakan Tapin

Kombes Pol Muji Ediyanto menyebutkan, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan pendidikan kepada masyarakat terkait lalu lintas. Semisal, melalui media, di tempat keramaian, rawan kecelakaan, pemasangan spanduk, sticker, dan sebagainya.

“Jadi kegiatan preemtifnya berupa imbauan-imbauan di lapangan kepada pengendara, sedangkan preventif nanti kami akan masuk ke ruang publik, sekolah-sekolah hingga universitas guna memberikan arahan yang benar di jalan raya mengenai ketertiban dalam berlalu lintas,” tuturnya.

Muji berharap, dengan pelaksanaan operasi simpatik ini, kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya semakin meningkat, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat Banua untuk tetap tertib berlalu lintas. Selain itu terus berhati-hati dalam berkendara dan lengkapi surat-surat kendaraan,” ucap Muji.

Terpisah, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifai meminta kepada petugas di lapangan agar lebih ramah dan santun kepada pengguna jalan. Saat memberikan teguran pun, petugas diminta lebih mengedepankan 3S tanpa menghilangkan esensi pencegahan pelanggaran yang dilakukan pengendara.

“Jangan arogan. Petugas di lapangan harus lebih ramah kepada pengguna jalan raya yang kedapatan melanggar. Karena operasi ini sekaligus membangun simpati masyarakat terhadap anggota Polri khususnya Polantas,” pesan Rifai.

Baca Juga: Ngotot Menjanda, Ibu Muda Ini Bolak-Balik PN Banjarmasin

Baca Juga: Pejuang Demokrasi Berguguran Lagi, Rizaldi Anggota KPPS Banjarbaru

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

17 Poin PPKM Level IV Banjarmasin

Kalsel

Wajib Tahu! Ini 17 Poin PPKM Level IV Banjarmasin
Banjarmasin

Kalsel

Tak Cuma Wali Rakyat, Wali Kota Banjarmasin Juga Minta Mobdin Baru!
apahabar.com

Kalsel

Gasak Emas di Banjarmasin Utara, Jet Lee Tertangkap di Kaltim
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Corona, PDAM Bandarmasih Bagikan Sembako Door To Door
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu Apresiasi Paslon Pilwali Banjarmasin 2020 yang Turunkan Baliho Sosialisasi Sendiri
apahabar.com

Kalsel

Terapkan Protokol Kesehatan, Koramil 1008-05 Kelua Kawal Pembagian BLT
apahabar.com

Kalsel

Tembus Seribu Kasus, Kini Tersisa 6 Pasien Covid-19 di Balangan
apahabar.com

Kalsel

Kado HUT RI ke-75 di HST, Ratusan WBP Dapat Remisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com