Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten Momen Ramadan, Hipmi Tanah Bumbu Bagikan Ribuan Paket Bapok untuk Duafa Siang Bolong, 1 Rumah di Muara Uya Tabalong Ludes Terbakar

Penertiban APK, Satpol PP Kota Tunggu Perintah Bawaslu

- Apahabar.com Minggu, 14 April 2019 - 19:19 WIB

Penertiban APK, Satpol PP Kota Tunggu Perintah Bawaslu

Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) masih terpasang pada hari pertama masa tenang Pemilu. Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Masa kampanye terbuka Pemilihan Umum 2019 telah beakhir. Sejak Minggu (14/4/2019), seluruh alat peraga kampanye (APK) baik dari partai politik maupun relawan bakal dibersihkan.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama tim Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin, melakukan aktivitas pembersihan APK.

Baca Juga: Arus Deras, Operator Dozer Kecelakaan Kapal di Perairan Tabanio Tak Kunjung Ditemukan

“Kami menunggu perintah Bawaslu. Apabila mereka perlu bantuan, kami akan mengerahkan pasukan untuk membersihkan APK Parpol, peserta Pemilu maupun simpatisan,” kata Kasatpol PP Kota Banjarmasin, Hermansyah saat dihubungi apahabar.com, Minggu (14/04/2019).

APK yang selama ini menghiasi kota berjuluk Seribu Sungai pada masa kampanye akan diturunkan. Sesuai dengan amanat dari peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 tahun 2018.

Seperti diketahui, berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 23 tahun 2018 pasal 34 ayat 8, APK harus diturunkan atau diturunkan peserta Pemilu paling lambat satu hari sebelum hari pemungutan suara yang dihelat 17 April nanti.

Tak begitu saja, Hermansyah menerangkan bahwa ratusan personel Satpol PP akan ikut menjaga kondusifitas saat Pemilu berlangsung. Mulai saat TPS dibuka, hingga proses penghitungan suara.

“Jadi mulai hari H sampai kemungkinan 18 April dini hari atau paginya. Petugas kami akan mem-back up selama 24 jam. Terutama di lokasi TPS yang rawan,” jelas Hermansyah.

Tak hanya bersiaga di TPS, beberapa personel juga akan berjaga di tiap kelurahan. Kemudian, beberapa personel akan berjaga di tiap kantor kecamatan.

Selain itu, Satpol PP juga telah menyiapkan cadangan personel di masing-masing mako Satpol PP, Linmas, dan PPS terpadu bersama Polresta Banjarmasin. Mereka yang nanti akan mobile ke TPS di Banjarmasin

“Sebagian personel cadangan itu juga akan berjaga di sejumlah obyek vital. Antara lain kantor KPU Banjarmasin dan sejumlah tempat wisata,” pungkasnya.

Baca Juga: Hari Pertama Masa Tenang, Bawaslu Tapin Sapu Bersih Atribut Kampanye

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Penderita Covid-19 Nihil, Dewan Kalsel Minta Tabalong dan Balangan Siapkan ‘New Normal’

Kalsel

Asyik! 15 April Jembatan Alalak I Banjarmasin Dibuka Satu Arah
Dua Rumah di Banua Kupang Hangus, Wabup Berry Turun Tangan

Kalsel

Dua Rumah di Banua Kupang Hangus, Wabup Berry Turun Tangan

Kalsel

Lagi, Bocah 125 Kg Tanah Laut Batal Dirawat Rumah Sakit
apahabar.com

Kalsel

Di Depan Tersangka, Polda Kalsel Blender Sabu 5,5 Kg, Ekstasi dan Ganja
Covid-19

Kalsel

Update Covid-19 Tanbu: Positif 3, Sembuh 16 Orang
apahabar.com

Kalsel

Dinas Pariwisata Genjot Masyarakat Sadar Wisata
apahabar.com

Kalsel

Bersama Paman Birin, Kapolda Kalsel Kunjungi Kampung Tangguh HSS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com