Dilaporkan Tim 2BHD, Erfan Instruksikan Bawaslu Kotabaru Rapatkan Barisan Api Berkobar di Bantuil Batola, 9 Rumah Jadi Arang Bupati Anang Resmikan SAMTA, Sekolah Alam Perdana di Tabalong Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron

Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu di Kalsel Terancam Molor

- Apahabar.com Selasa, 30 April 2019 - 14:50 WIB

Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu di Kalsel Terancam Molor

Ketua KPU Kalsel, Sarmuji. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Rekapitulasi hasil suara Pilpres dan Pileg tahun 2019 bakal memasuki tingkat kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Namun sejumlah kendala yang dialami di 13 wilayah tersebut, membuat rekapitulasi terancam molor dari waktu yang telah ditetapkan.

Ketua KPU Kalsel, Sarmuji mengungkapkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengawali lebih dulu rekapitulasi suara dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel. Dia memprediksi rekapitulasi suara ini akan rampung dalam waktu tiga hari ke depan.

Baca Juga: Jadi Target Dugaan Kecurangan Rekapitulasi Pemilu, Ini Jawaban KPU Kalsel 

Sarmuji mengatakan, KPU Kabupaten HSS maju lebih cepat empat hari dari jadwal semestinya yang ditetapkan KPU Kalsel yakni tanggal 4 Mei.

“Sudah ada hari ini yang memulai, Hulu Sungai Selatan pertama. Mereka melakukan rekapitulasi hasil pileg dan pilpres di tingkat kabupaten, dan akan disusul tujuh kabupaten/kota lainnya,” ucap Sarmuji.

Dia menyebut kabupaten/kota tersisa, yakni Hulu Sungai Utara (HSU), Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tapin, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah laut, Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar dan Kotabaru akan memulai rekapitulasi suara pada 1 Mei hingga 3 Mei mendatang.

Sarmuji berharap rekapitulasi suara tingkat kabupaten/kota dan provinsi berjalan lancar dan terkendali. Untuk tingkat provinsi, rekapitulasi dijadwalkan pada 10 dan 12 Mei 2019. Namun, ia mengakui masih ada tiga kabupaten/kota belum rampung rekapitulasi suara tingkat kecamatan, seperti Kabupaten Kotabaru, Banjar, dan Kota Banjarmasin.

“Sebenarnya masih ada tiga kabupaten/kota yang masih belum selesai rekapitulasi tingkat kecamatan, ada di Kotabaru, Banjar dan Banjarmasin yang masih belum selesai. Tapi jadwalnya pun masih panjang juga lagi sampai tanggal 5 Mei mendatang,” bebernya.

Adapun jadwal rekapitulasi tingkat kecamatan berlangsung hingga tanggal 2 Mei mendatang, “Tiga kabupaten/kota ini yang masih belum bisa rekapitulasi tingkat kabupaten masih ada waktu sisa sekitar tiga hari,” pungkasnya.

Ketua KPU Banjarmasin Gusti Makmur mengatakan bahwa pihaknya akan memulai rekapitulasi hasil suara pemilu antara tanggal 3 atau 4 Mei mendatang. Lokasinya di salah satu hotel berbintang di kota seribu sungai.

Keterlambatan itu, kata Gusti karena sampai sekarang cuma beberapa kelurahan saja yang baru melaporkan hasil rekapitulasi ke tingkat kecamatan.

“Yang sudah melapor cuma Kecamatan Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan. Sisanya masih dihitung di kelurahan hingga kecamatan,” tuturnya.

Baca Juga: Temukan Pelanggaran Pemilu 2019, Emak-Emak ‘Geruduk’ KPU Kalsel

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Seleksi Penugasan ke Sudan dan Afrika Dimulai, Karo SDM Polda Kalsel Pantau Tes Psikologi Peserta
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kotabaru, 329 Terpapar
apahabar.com

Kalsel

Melaju ke Final, 8 Komika Rebutkan Jutaan Rupiah Malam Ini
Kunjungi Dinkes HST, Wabup Berry Temukan Masalah

Kalsel

Kunjungi Dinkes HST, Wabup Berry Temukan Masalah
apahabar.com

Kalsel

Banyak Tiang Listrik Miring, Warga Batola Khawatir
Apahabar.com

Kalsel

Tapin Siap Berlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Warga Berharap Pemerintah Bantu Kembangkan Danau Seran
apahabar.com

Kalsel

Tegar, Pemulung Ini Rawat 3 Anaknya yang Lumpuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com