Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Respon Dinkes Kota Minimalisir Jumlah Petugas KPPS yang Sakit

- Apahabar.com Jumat, 26 April 2019 - 15:22 WIB

Respon Dinkes Kota Minimalisir Jumlah Petugas KPPS yang Sakit

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Sedikitnya lima petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kota Banjarmasin yang sakit saat bertugas pada Pemilu 2019.

Hal ini mengundang perhatian Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Guna merespon Surat Edaran Kemenkes RI Nomor HK 02.02/III/1681/2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan bagi petugas KPPS.

“Demi meminimalisir petugas KPPS yang kelelahan saat bertugas dan kemudian sakit bahkan meninggal dunia, kami telah menyiapkan tim untuk turun langsung ke lapangan,” ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin Lukman Hakim, Jumat (26/04/2019).

Ia menjelaskan pihaknya juga menyiapkan beberapa tim yang memantau langsung di tiap kecamatan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi anggota KPPS yang memerlukan.

“Nanti untuk menjaga pos pelayanan kesehatan dibagi menjadi tiga shift. Pagi, siang hingga malam hari, agar pelayanan kesehatan lebih maksimal diberikan kepada KPPS,” ujarnya.

Baca Juga: KPU: Total 225 Petugas KPPS Meninggal dan 1.470 Orang Sakit

Menurutnya, anggota KPPS maupun pihak keamanan bekerja keras dalam melaksanakan perhitungan surat suara, yang sangat menyita waktu hingga membuat KPPS tidak ada waktu istirahat.

“Untuk itu, kami selalu siap siaga dalam memberikan pelayanan kesehatan agar membantu para anggota KPPS menjalankan tugas mereka,” ungkapnya

Dinkes, kata dia telah mempersiapkan tenaga medis di masing-masing kecamatan sebelum surat edaran itu resmi dibagikan. Sesuai laporan dari lima kecamatan untuk menyediakan tenaga medis bersiaga.

Adapun kelima petugas KPPS di Banjarmasin yang sedang dalam perawatan yakni Siswanto (PPK Kecamatan Banjarmasin Utara), Kameliah Areda (Ketua PPS Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah), dan Kasful Anwar (Ketua KPPS Kelayan Barat, Kecamatan Banjarmasin Selatan) dirawat di RSUD Ulin.

Ada pula nama Wawan Rosadi (KPPS 40 Kelurahan Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat), dan Suyadi (Ketua KPPS 40 Belitung Selatan, Banjarmasin Selatan).

Baca Juga: Pilu Pejuang Demokrasi di Kandangan: Tak Sempat Nikmati Uang Honor KPPS

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Banjir Bandang di Balangan Rendam Puluhan Rumah Warga 
apahabar.com

Kalsel

Buru Pembuang Bayi di Banjarbaru, Polisi Dapati Sejumlah Fakta Baru
apahabar.com

Kalsel

Puncak Kejayaan, Kalsel Jamaah Haji Terbesar di Indonesia di Abad 19
apahabar.com

Kalsel

Hari Santri Nasional: Lapas Amuntai Bakal Jadi Percontohan
apahabar.com

Kalsel

Dukung Peningkatan Kepatuhan Pajak, UNU Kalsel Teken MoU Tax Centre
apahabar.com

Kalsel

Ma’ruf Amin Sambut Baik Dukungan Generasi Milenial Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Sukseskan Pemilu 2019, 3 Pilar Kecamatan Banjarmasin Selatan Gelar Apel Pasukan
apahabar.com

Kalsel

Momentum Lebaran, KNPI Ajak Pemuda Banua Rekonsiliasi Pasca Pemilu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com