Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Soal Lansia dan Penanggulangan Bencana, Ini Jawaban Bupati HSS

- Apahabar.com Senin, 8 April 2019 - 15:54 WIB

Soal Lansia dan Penanggulangan Bencana, Ini Jawaban Bupati HSS

Wakil bupati Syamsuri Arsyad sampaikan jawaban eksekutif atas pemandangan umum fraksi di DPRD HSS. Foto-Humas HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati HSS Drs H Achmad Fikry yang diwakili Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menjawab atas pemandangan umum fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten HSS terhadap penyampaian rancangan peraturan Daerah Kabupaten HSS.

Raperda itu tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kabupaten HSS dan Kesejahteraan Lanjut Usia.

Pada acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Kabupaten HSS, Senin (8/4/2019), Syamsuri Arsyad mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Fraksi – fraksi DPRD yang telah menyampaikan pertanyaan, tanggapan, saran dan dukungan atas raperda tersebut.

Baca Juga: Puluhan Seniman Kalsel Ikut Meriahkan HUT TMII ke-44 Jakarta

Disampaikan Syamsuri Arsyad, pihaknya akan berusaha mengurangi resiko yang diakibatkan oleh bencana baik di bidang sosial, ekonomi dan lingkungan alam serta penyebab pemicu bencana sehingga bencana yang tidak dapat diprediksi dapat diantisipasi.

“Kita berusaha mengurangi resiko yang diakibatkan oleh bencana baik di bidang sosial, ekonomi dan lingkungan alam serta penyebab pemicu bencana sehingga bencana yang tidak dapat diprediksi tersebut dapat diantisipasi,” ujarnya.

Terkait dengan pendataan penerima bantuan agar tepat sasaran dan tidak ada Lansia yang tidak mendapatkan bantuan sosial, mantan Ketua DPRD HSS ini menjelaskan, untuk pendataan saat ini terus di-update.

Sebelum penyaluran bantuan jatah hidup (jadup), pihaknya selalu dilaksanakan proses verifikasi dan validasi data untuk keakuratan data administrasi dan kesesuaian  kriteria penerima bantuan.

Lansia tidak mampu dan sebatang kara pun  lebih diperhatikan oleh Pemerintah Daerah yakni dengan melaksanakan program bantuan sosial Jaminan Hidup bagi Lanjut Usia (Jadup Lansia) sejak tahun 2014 – sekarang, dengan jumlah penerima yang dibantu kurang lebih sekitar 2.500 orang dengan total dana sekitar Rp13,4 miliar.

Sedangkan untuk Lansia yang produktif Pemerintah Daerah melalui Dana APBD Provinsi juga memberikan modal usaha dengan program bantuan sosial Ekonomi Produktif (EUP) Lansia sebesar Rp2 juta per orang.

Baca Juga: Politik Uang Bikin Produk Demokrasi Tak Kredibel

Reporter: AHC
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

TP PKK Kalsel Disuguhi Ketupat Kandangan
apahabar.com

HSS

Wabup HSS Syamsuri Arsyad Buka Perkemahan Pramuka Penggalang 2019
apahabar.com

HSS

Wabup HSS Serahkan Sapi Kurban di Masjid Ibrahim Daha Utara
apahabar.com

HSS

Puluhan Rumah di Tiga Kecamatan HSS Dapat Bantuan Sosial Program Rumah Sejahtera
apahabar.com

HSS

Ratusan Juta Mengalir ke Santri Kurang Mampu di HSS
apahabar.com

HSS

Fikry Minta Radio Sehati Kandangan Jadi Mitra Pemerintah
apahabar.com

HSS

Antisipasi Karhutla di HSS Kodim 1003/Kandangan Gelar Latihan Posko
apahabar.com

HSS

Achmad Fikry Luncurkan Program Pejabat Asuh Lansia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com