Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain

TKN: Kemenangan Jokowi–Ma’ruf Sudah Tidak Terbendung

- Apahabar.com Sabtu, 13 April 2019 - 16:08 WIB

TKN: Kemenangan Jokowi–Ma’ruf Sudah Tidak Terbendung

Ace Hasan Syadzily.Foto - Antara/Yudhi Mahatma

apahabar.com, JAKARTA – Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily, menilai kemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf semakin tidak terbendung pada empat hari menjelang pencoblosan.

“Empat hari jelang pencoblosan, Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin makin tidak terbendung. Hal ini bisa dibaca dari tiga hasil survei yang terbaru,” kata Ace di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu (13/4/2019).

Ace mengatakan yang terbaru adalah hasil survei Charta Politika, dimana pasangan 01 mendapatkan elektabilitas 55,7 persen, sedangkan kubu 02 hanya memperoleh 38,8 persen, dengan “undecided voters” hanya tersisa 5,5 persen.

Menurut Ace, hasil dari Charta Politika tidak begitu jauh berbeda dengan survei lembaga-lembaga sebelumnya yakni SMRC, Cyrus Network dan LSI.

Dalam survei SMRC pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin memeroleh 56,8 persen, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh 37 persen, dan “undecided voters” 6,3 persen.

Survei Cyrus Network Jokow-Ma’ruf mendapatkan 56,4 persen, kubu Prabowo-Sandiaga mendapatkan 38,1 persen. Sedangkan survei dalam LSI Jokowi-Ma’ruf mendapatkan elektabilitas di kisaran 55,9-65,8 persen dan kubu Prabowo-Sandiaga mendapatkan 34,2-44 persen.

Ace menekankan hasil sejumlah lembaga survei itu menunjukkan selisih suara sangat lebar antara 16,9 persen sampai dengan 21,8 persen.

Baca Juga: Ribuan Anggota Taruna Merah Putih Kalsel Deklarasikan Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

“Dalam waktu yang hanya empat hari, jelas hasil itu memperlihatkan kemenangan Pak Jokowi-Maruf Amin sulit terbendung,” kata Ace.

Dia mengatakan kubu Prabowo-Sandiaga mencoba bermanuver di pertarungan akhir dengan menampilkan dukungan Ustad Abdul Somad, Ustad Adi Hidayat dan parade calon menteri.

Menurutnya upaya itu tidak banyak membantu mendongkrak elektabilitas Prabowo-Sandiaga.

“Pemilih cenderung sudah mantap menentukan pilihannya. Survei Charta Politika menemukan kemantapan pilihan sudah mencapai 84,2 persen. Hanya 7,2 persen yang mungkin bisa berubah,” terangnya.

Dia juga menekankan pemilih pendukung Ustaz Abdul Somad dan Ustad Adi Hidayat berada di kolam yang sama dengan pendukung Prabowo-Sandi sehingga dukungan kedua ustaz tidak membawa tambahan elektabilitas bagi Prabowo-Sandi.

Selain itu, kata dia, “undecided voters” justru tidak suka dengan manuver kubu 02 karena tidak mengusung gagasan baru dan justru lebih asyik bermain dengan politik identitas dan dukungan elite agama.

Menurutnya, “undecided voters” tidak menemukan ide-ide segar dari program kubu 02, sehingga manuver yang selama ini dilakukan Prabowo-Sandi justru menjadi “backfire” bagi elektabilitas kubu 02.

“Dan jika melihat kampanye Konser Putih Bersatu hari ini yang sangat dahsyat di GBK, sesungguhnya kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin tidak terbendung lagi,” kata Ace.

Baca Juga: PDIP Kalsel Targetkan Kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Kalsel Mencapai 55 Persen

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Dapat Survei 40 Persen, Saidi Mansyur: 16 Kursi Lebih dari Cukup
apahabar.com

Politik

Bukan Haris Makkie, Golkar Dipastikan Usung Ananda di Pilwali Banjarmasin
apahabar.com

Politik

Cegah Pelanggaran Kode Etik Pemilu, Ini Langkah DKPP
apahabar.com

Politik

Pilkada Serentak 2020, PDIP Jatim Bertekad Menang di 15 Daerah
apahabar.com

Politik

Tepis Isu Negatif, MHM Ungkap Alasan Mundur Jadi Bupati Tanah Bumbu
apahabar.com

Politik

Terkenang Pesan WA Nadjmi, Darmawan Komit Lanjutkan Pencalonan
apahabar.com

Politik

Bangga dan Salut, Calon Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin: Semoga Paman Birin Selalu Sehat
pilwali

Politik

Sesi Akhir Debat Pilwali Banjarbaru 2020, Calon Wali Kota Adu Unggul Masalah Pelayanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com