Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Potensi Hujan Petir di Sejumlah Wilayah Demi Top Up Game Online, Pria di Balikpapan Tipu Puluhan Orang Persiapan PON Papua, Balikpapan Sumbang 61 Atlet untuk Perkuat Kaltim Rekap PSU Sejumlah Kecamatan Selesai, KPU Banjar Gelar Penghitungan Lusa Gol Tunggal Raheem Sterling Bawa Inggris Tekuk Kroasia

TNI-AU Bantah Halangi Pesawat Prabowo

- Apahabar.com Kamis, 4 April 2019 - 11:53 WIB

TNI-AU Bantah Halangi Pesawat Prabowo

Prabowo Subianto. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Beredar kabar jika pesawat yang ditumpangi calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dihalangi pesawat tempur Sukhoi saat mau kampanye di Purwokerto. Namun hal itu dibantah Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU).

“Pernyataan itu tidak tepat,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Samyoga dikutip dari Antara, Kamis (04/04/2019).

Sebelumnya, kabar tersebut muncul dalam cuitan di Twitter, mantan Kasum TNI, JS Prabowo. Dalam akunnya @marierteman, menyebutkan ada tiga jet tempur yang melintas saat pesawat Prabowo akan lepas landas menuju Purwokerto pada (1/4).

“Apa yang disampaikan Pak JS Prabowo kurang tepat. Karena yang beliau sampaikan terjadi pada dua hari yang berbeda, dan dua-duanya sama sekali tidak melibatkan Sukhoi,” terangnya Samyoga.

Baca Juga: BPN: Usut Pendukung Prabowo Keroyok Warga Berkaus Jokowi

Ia pun menjelaskan ketidakterlibatan Sukhoi dalam peristiwa tersebut, bahwa pada Senin (1/4), di landasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur CN 235 Kalong Flight, posisi sudah take off dan berikutnya yang akan take off adalah pesawat 9HNYC onboard Prabowo Subianto.

Menurut dia, saat pesawat 9HNYC diberikan release take off juga, kondisinya belum aman. Karena pesawat CN235 belum menuju cross wind (belum belok), sehingga pesawat 9HNYC abort take off, untuk keamanan.

“Abort take off dilakukan oleh senior ATC karena sebelumnya yang handle masih junior ATC. Jadi, abort-nya 9HNYC karena masalah safety dan tidak ada hubungan sama sekali dengan Sukhoi,” papar Samyoga.

“Artinya, pesawat 9HNYC tidak ada hubungan sama sekali dengan penerbangan Sukhoi. Pesawat 9HNYC menunggu keberangkatan (take off) karena ada pesawat Wing Air sedang akan mendarat, bukan Sukhoi,” jelasnya.

Sementara itu, Prabowo sendiri tetap berangkat ke Purwokerto setelah tertunda lama. Pada 1 April lalu, Prabowo memang berkampanye di Purwokerto dan Tegal, Jawa Tengah.

Baca Juga: Keluarga Prabowo di Sulut Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Erick Thohir

Nasional

Erick Thohir: Pemerintah Belum Putuskan Vaksinasi Covid-19 untuk Usia Muda
Sriwijaya Air

Nasional

Faktor Cuaca, Pencarian Pesawat dan Penumpang Sriwijaya Air Dihentikan Pukul 17.00
apahabar.com

Nasional

Ratusan Jenis Bajakah, Awas yang Beracun
apahabar.com

Nasional

Perjuangan Julie Kalahkan Virus Corona di Tengah Kepanikan Negara
apahabar.com

Nasional

Dongkrak Pertanian Indonesia, Uni Eropa Gelontorkan Rp 16,6 Miliar

Nasional

Jokowi Minta Soal Vaksin Covid-19 Jangan Tergesa-gesa
Jatim

Nasional

Tiga Gus Pimpin Jatim, Bak Angin Segar Bagi Kinerja ASN
Sriwijaya

Nasional

Datangi Crisis Center Sriwijaya SJ 182, Tangis Keluarga Pecah di Bandara Supadio
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com