Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah

Truk Sampah TPA Banjarbakula Tidak Boleh Lewat Jalan Ahmad Yani

- Apahabar.com Kamis, 11 April 2019 - 12:33 WIB

Truk Sampah TPA Banjarbakula Tidak Boleh Lewat Jalan Ahmad Yani

JALAN TRIKORA: Truk Angkutan Sampah dari Banjarmasin dan Batola diarahkan melalui Jalan Trikora. Sedangkan Truk dari Tanah Laut, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar akan melewati jalan Mistar Cokrokusumo. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

apahabar.com BANJARBARU – Truk sampah milik Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Banjarbakula tak diperkenankan melintasi Jalan Ahmad Yani, Kota Banjarbaru. Jika membandel, siap-siap bakal ditindak.

“Kita sudah koordinasi dengan Dishub terkait operasional truk sampah TPA Regional ini. Untuk teknisnya pihak Dishub. Soal penindakan, jika memang ada pengemudi yang melanggar tentu akan kita lakukan penindakan sesuai aturan,” tegas Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya melalui Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP Gustaf Adolf, Kamis (11/4).

Baca Juga: Tunjukkan Jari Tanda Nyoblos, Dapatkan Diskon Makan di Restaurant Golden Tulip

Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Regional Banjarbakula di Gunung Kupang Cempaka Banjarbaru, resmi dioperasikan awal April 2019.

Lima Kabupaten Kota, mulai dari Banjarbaru, Banjar, Banjarmasin, Batola dan Tanah Laut akan rutin membuang sampahnya ke lokasi tersebut.

Puluhan truk sampah juga akan lalu lalang setiap harinya guna pendistribusian sampah. Jelas, truk-truk pengangkut sampah ini akan melewati beberapa ruas jalan di Kota Idaman, sebutan Banjarbaru nantinya.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru memastikan jika jalan utama Ahmad Yani Banjarbaru tidak akan dilalui oleh truk sampah tersebut.

Ini mengacu pada analisis dampak lalu lintas (Andalalin) yang telah dibuat, terkait pengoperasian TPA Banjarbakula ini. Jika nantinya ada pelanggaran Satlantas Polres Banjarbaru akan langsung menindak.

“Andalalin sudah lengkap. Yang pasti truk angkutan sampah tidak diperbolehkan lewat jalan A Yani. Jadi dialihkan melalui jalan Trikora dan Mistar Cokrokusomo,” ungkap Kadishub Banjarbaru Ahmad Yani Makkie melalui Kabid Sarana Prasarana Transportasi, Adi Surya, kepada apahabar.com Kamis (11/4) pagi.

Selain itu, angkutan sampah dari Kota Banjarmasin dan Batola yang melewati jalan Trikora hanya boleh beroperasi pada malam hari. Tepatnya di atas pukul 22.00 hingga 05.00 Wita dini hari.

“Agar angkutan sampah ini tidak menyebabkan kemacetan di jalanan umum. Ini sesuai Andalalin yang telah dibuat, agar tidak mengganggu arus lalu lintas dan juga pengguna jalan,” tambahnya.

Kadishub Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie menegaskan, bahwa pihaknya sudah mengerahkan petugas di lapangan untuk mengawasi.

“Kita akan awasi penuh karena ini terkait kelancaran lalu lintas dan keamanan pengguna jalan. Juga kita imbau agar masyarakat berhati-hati di jalan di saat jam operasional truk tersebut,” pesannya.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Jembatan Sungai Lulut Bakal Segera Dilakukan

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dirumahkan, Karyawan PT RTP Ngadu ke Disnaker Tabalong
apahabar.com

Kalsel

Breaking News!!! Pemuda 20 Tahun Diduga Tenggelam di Sungai Barito
apahabar.com

Kalsel

Polres Batola Fokus Keamanan Markas, Pengamanan Tetap Humanis
apahabar.com

Kalsel

Kecamatan Pugaan Rampungkan Musrenbangdes, Muara Harus Masih dalam Proses
apahabar.com

Kalsel

Persiapan Pelantikan Anggota Baru DPRD Kalsel Mencapai 90 Persen
apahabar.com

Kalsel

Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Banjarmasin Gelar Doa Bersama
apahabar.com

Kalsel

DPRD Banjarmasin Siapkan Perda Wisata Halal
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Pasar Batuah: Koordinasi Telat, Irwan Tewas Tersetrum
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com