BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Tak Ber-IMB, Inspektorat Turun Tangan Menyingkap Tabir Sejarah Banjar (1): Misteri Makam Demang Lehman Luna Maya Pakai Dress Rp 44 Juta dan Handbag Rp 383 Juta, Netizen Kira Mantan Ariel Noah Tenteng Kaleng Cat! Kejutan! OPIN Susul Insan Kotabaru Dukung 2BHD

Warga Desa Lingsir Paringin Selatan Sudah Bisa Bernapas Lega

- Apahabar.com Minggu, 28 April 2019 - 00:04 WIB

Warga Desa Lingsir Paringin Selatan Sudah Bisa Bernapas Lega

Kondisi Desa Lingsir, RT 1, Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Sabtu (27/4), pasca diterjang banjir. Foto-apahabar.com/Agus Suhadi

apahabar.com, BALANGAN – Warga Lingsir Paringin kembali bernapas lega usai banjir kiriman yang melanda desa itu selama 4 jam belakangan ini berlalu.

“Banjir sudah kering tinggal sisa-sisa lumpur dan sampah” ucap Suyono, kepada apahabar.com.

Jelang malam, air bah melanda Desa Lingsir, RT 1, Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Sabtu (27/4).

Ketinggian air disertai lumpur mencapai lutut orang dewasa. Suyono sendiri sempat menyelamatkan harta benda sebelum air memasuki halaman rumahnya.

“Semuanya aman terkendali dan hasil pemantauan di lapangan warga tetap bisa beraktifitas seperti biasa setelah banjir kiriman berlalu selama 4 jam,” jelas Syuhada Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Balangan, kepada apahabar.com.

Banjir, kata Syuhada, diperkirakan akibat luapan anak sungai dari arah masjid Al-Akbar Balangan. Lebar sungai disebutnya tidak sebanding dengan volume air yang datang usai hujan lebat siang tadi.

Dari pantauan apahabar.com, sedikitnya 20 rumah warga terendam banjir. BPBD memastikan tak ada korban jiwa dari kejadian ini. Kerugian materiil masih dalam tahap penghitungan.

Saat banjir melanda, puluhan warga tampak sibuk mengemasi barang berharga mereka. Genangan air sempat melumpuhkan aktifitas lalu lintas di desa tersebut.

Ruas jalan utama tidak bisa dilewati akibat tergenang air. Kendaraan sejumlah warga yang ngotot menembus genangan air mogok.

“Banjir ini sudah kedua kalinya terjadi di desa kami,” ucap Madi, warga Desa Lingsir di lokasi banjir.

Menurut beberapa warga sekitar, banjir kiriman ini sudah terjadi sejak pukul 15.00 waktu setempat. Dan terjadi sampai pukul 18.01 Wita

Di lokasi kejadian, sejumlah personel BPBD Balangan terus melakukan pemantauan kepada warga yang terdampak banjir kiriman tersebut.

“Kami yang saat ini bertugas piket langsung datang ke lokasi begitu mendengar laporan banjir. Pemantauan awal sudah kami lakukan untuk mengambil tindakan selanjutnya,” jelas Ardan personel BPBD Balangan.

Ya, sejak siang hujan deras mengguyur kawasan Bumi Sanggam (sebutan Balangan) dan membuat sejumlah warga di Paringin waswas.

Guyuran hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa menit saja sudah merendam halaman rumah warga. Misalnya, di Haur Batu, Paringin Kota, Kabupaten Balangan, Sabtu (27/4) siang.

Paringin dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalsel, menjadi salah satu daerah yang paling diwaspadai.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai utara, Balangan, dan sekitarnya,” begitu bunyi peringatan lembaga peramal cuaca itu untuk hari ini.

Baca Juga: Jelang Malam, Banjir Dadakan Terjang Desa Lingsir Paringin Selatan

Baca Juga: Banjir Balangan, Distribusi Bantuan ACT-MRI Aman

Reporter: Ahc 08
Editor: Fariz F

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kartu Pencari Kerja Bisa Diurus Online
apahabar.com

Kalsel

Hujan Mengguyur sejumlah Wilayah di Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Ada Ancaman Baru, Banjarmasin Coret 2 Kluster Penyebar Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Polisi Optimalkan Pelayanan SIM Harganas, Catat Waktu dan Lokasinya
apahabar.com

Kalsel

Kecewa Birokrasi BPJS Kesehatan, Pemkab Batola Putus Hubungan Kerja
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa Demo Rektor Disanksi, GMNI Kalsel Kecam Sikap Menristekdikti
apahabar.com

Kalsel

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan Jungaling di Masjid Jami Abu Sofyan Pesantren Ihya Ulumuddin Nur Syufi’iyah Amuntai
apahabar.com

Kalsel

KPU Banjarbaru Ingatkan Peraturan Terbaru untuk Petahana yang Kembali Mencalonkan Diri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com