Agar Koalisi Penanggulangan AIDS Banjarmasin Tak Lagi Mati Suri Kebakaran Pekapuran Raya, Bumil Dilarikan ke RS Pembunuhan di Datar Laga Hantakan, Polisi Imbau Jaga Kondusifitas  Presiden Jokowi: Keliru Jika Uang Rakyat Dibelanjakan Barang Impor Siap-Siap, Mulai 10 Juni ASDP Naikkan Tarif Penyeberangan Feri Kotabaru-Batulicin 

Waspada, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Kalsel Hari Ini

- Apahabar.com     Senin, 22 April 2019 - 06:00 WITA

Waspada, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Kalsel Hari Ini

Prakiraan cuaca Kalsel. Foto-apahabar.com/infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Pontensi hujan disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini.

Pontesi cuaca ektrem seperti itu, tidak hanya terjadi pada pagi, siang dan malam hari. Setiap wilayah memiliki potensi yang berbeda.

Kendati demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan agar warga di lima kabupaten di Kalsel untuk waspada.

Baca Juga: Daftar Pejuang Demokrasi di Bawaslu Kalsel Alami Musibah Selama Pemilu 2019

Seperti Kabupaten Banjar, Barito Kuala (Batola), Tanah Bumbu (Tanbu), Tanah Laut (Tala) dan Tapin.

Untuk wilayah Kabupaten Banjar, potensi hujan di Martapura terjadi pada siang hari. Meski intensitas hujan relatif ringan, namun kecepatan angin pada saat itu cukup kencang, yakni berada di kecepatan 19 km/jam.

Sedangkan suhu udara 32 derajat celcius. Suhu udara turun minimal berada di 25 derajat celcius. Seandainya suhu naik maksimal di 34 derajat celcius. Sedangka tingkat kelembaban 55 persen. Untungnya, pagi, malam dan dini harinya, Kota Martapura cerah berawan.

Hal serupa juga berpotensi terjadi di Marabahan (Batola). Hanya saja, kemungkinan hujan tak hanya pada siang hari. Tapi, malam hari juga berpotensi terjadi.

Jika siang hari kecepatan angin berada di 19 km/jam, maka di malam hari turun menjadi 9 km/jam.

Namun suhu udara turun, jika dibandingkan pada siang hari. Siang hari suhu udara di sana berada pada 33 derajat celcius, sementara malam hari jadi 28 derajat celcius.

Sebaliknya, di Pelaihari (Tanah Laut), justru hujan berpotensi terjadi pada pagi hari. Suhu udara berada pada 27 derajat celcius dengan tingkat kelembaban 85 persen. Untungnya kecepatan angin relatif normal yakni 9 km/jam.

Meski demikian, kecepatan angin pada siang hari naik jadi 19 km/jam. Akan tetapi potensi hujan tidak terlihat. Termasuk juga pada malam dan dini harinya.

Hal serupa juga terjadi di Rantau (Tapin). Hujan lokal berpotensi terjadi di siang hari. Namun warga patut waspada, karena pada saat itu, kecepatan angin bergerak kencang 19 km/jam dari selatan ke barat.

Berbeda dengan Batulicin (Tanah Bumbu). Potensi hujan justru tak hanya terjadi pada pagi hari, tetapi juga pada siang hari. Namun intensitasnya tidak lebat.

Akan tetapi kecepatan angin pada siang hari cukup kencang yakni 19 km/jam. Ada pun suhu udara pagi hari berada pada 27 derajat celcius. Sementara siang hari 32 derajat celcius.

Meski tak ada potensi hujan lebat, namun BMKG menghimbau warga untuk tetap waspada. “Waspada potensi hujan sedang yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kab. Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjar, Barito Kuala, Tapin dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG untuk cuaca di Kalsel, hari ini.

Sementara itu, meski sejumlah wilayah lainnya di seluruh kabupaten/kota di Kalsel yang tidak termasuk dalam peringatan dini BMKG, bukan berarti luput dari potensi terjadinya hujan.

Seperti di Banjarmasin. Potensi hujan terlihat pada siang atau sore hari. Meski hujan lokal dan relatif ringan, namun kecepatan angin patut diwaspadai. Pada saat itu, kekencangan angin berada pada 19 km/jam.

Jika melihat data BMKG, secara kesuluruhan potensi hujan terjadi di seluruh 13 kab/kota di Kalsel. Hanya saja curah hujan tidak lebat. Secara umum suhu udara di Kalsel berada pada rentang 25-34 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban di rentang 65-95 persen.

Baca Juga: Sikap DPD Taruna Merah Putih Kalsel Pasca Pemilu 2019

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Suasana malam hari wisata baru di Banjarmasin, Bandarmasih Tempoe Doeloe, Jalan Hasanudin HM, saat baru diresmikan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, beberapa waktu lalu. Foto-Antara

Tak Berkategori

Menengok Wisata Baru di Banjarmasin, Bandarmasih Tempoe Doeloe
apahabar.com

Tak Berkategori

Rasulullah Mengajurkan Makan Pakai Tangan, Ini Rahasianya
Abrasi

Tak Berkategori

Hampir Setahun Rumah Korban Abrasi Pantai Muara Kintap Belum Diperbaiki
apahabar.com

Tak Berkategori

Ops Patuh Intan di Banjarmasin, Sudah Ribuan Pengendara Terjaring
apahabar.com

Tak Berkategori

1000 Bibit Patin BPPT Kini ‘Nyantri’ di Ponpes Darul Hijrah
apahabar.com

Tak Berkategori

Pulihkan Ekonomi di New Normal, Repnas Kalsel: Mari Beli Produk Lokal
apahabar.com

Tak Berkategori

Keluyuran Bawa Sajam, Pria di Alalak Diamankan Polisi
apahabar.com

Tak Berkategori

Pasca Aksi Brutal, Umat Kristen New Zealand Jaga Mesjid Ketika Muslim Shalat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com