7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Antisipasi Bencana di Tempat Rekreasi, BPBD Kalsel Turunkan 150 Personel

- Apahabar.com Kamis, 23 Mei 2019 - 12:20 WIB

Antisipasi Bencana di Tempat Rekreasi, BPBD Kalsel Turunkan 150 Personel

Tempat wisata di Kalimantan Selatan, Bukit Matang Keladan, Kabupaten Banjar. Foto-Travelingyuk.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Menjelang lebaran 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) tidak hanya memberikan peringatan dini rawan bencana kepada para pemudik, namun juga kepada masyarakat Kalsel yang ingin berekreasi. Mengingat, momentum tersebut acap kali dimanfaatkan untuk liburan.

“Untuk rekreasi di daerah pantai dan pegunungan hendaknya tetap memperhatikan peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyuddin kepada¬†apahabar.com, Kamis (23/5) siang.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2019, BPBD Sebut Tiga Daerah Kalsel Rawan Bencana

Terlebih, kata dia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setiap hari mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat bisa mempertimbangkan kegiatan di luar rumah.

Sama halnya dengan pemantauan arus mudik lebaran 2019, BPBD Kalsel juga telah menurunkan 150 personel. Terbagi dari 120 personel dari BPBD Kabupaten atau Kota dan 20 personel dari internal BPBD Kalsel sendiri.

Seluruh personel itu berada di beberapa posko yang telah didirikan oleh BPBD Kalsel. Kedua posko itu yakni posko tetap dan posko berjalan. Untuk posko berjalan akan diisi oleh para relawan.

“Relawan kita akan terus berada di titik tertentu. Kemudian, memberikan informasi terkait bencana yang terjadi,” jelasnya.

Baca Juga: Operasi Ketupat Polda Kalsel Digelar Minggu Depan

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel juga telah memetakan daerah rawan bencana yang berpotensi menghambat arus mudik lebaran 2019.

Terdapat tiga daerah di Kalsel yang dinilai rawan bencana pada arus mudik lebaran kali ini. Wilayah itu didominasi oleh daerah perairan, diantaranya Sungai Danau Batulicin, Marabahan Barito Kuala dan Nagara Hulu Sungai Selatan (HSS).

“Itu khusus arus mudik transfortasi sungai, karena peralihan musim ini angin cukup deras. Sehingga mengakibatkan gelombang tinggi. Kalau transfortasi darat tak ada masalah,” ucapnya.

Pihaknya telah memberikan informasi terkait cuaca ekstrim di Kalsel, sehingga pemudik bisa memilih sendiri jalur dan transfortasi yang sesuai dengan kondisi cuaca.

Baca Juga: Siaga Satu, Polisi Pastikan Situasi Kalsel Kondusif

“Kita setiap saat telah memberikan informasi peringatan dini terkait dengan cuaca, agar masyarakat bisa memilih jadwal yang tidak berisiko tinggi,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah berkordinasi dengan BPBD kabupaten atau kota se-Kalsel agar terus siap siaga membantu masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung.

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Karhutla dan Pengawalan Pilkada, Satbinmas Batola Tingkatkan Kemampuan BOS
apahabar.com

Kalsel

Enam Wilayah di Kalsel Berpotensi Hujan Lebat
apahabar.com

Kalsel

Warga Banua Harus Tahu, Ditlantas Polda Kalsel Segera Berlakukan Tilang Elektronik

Kalsel

VIDEO: Beginilah Sekarang Kondisi Sungai Pekapuran Raya Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Pimpin Peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag, Paman Birin: Junjung Rasa Kebersamaan
apahabar.com

Kalsel

Tabrakan Frontal di Marabahan, Pengendara Tewas Terpental
apahabar.com

Kalsel

Tugas Perdana Kapolsek Baru, Sukseskan Pilkades Serentak
apahabar.com

Kalsel

Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Jajaran Polres HSU Ikuti Sosialisasi Aplikasi BOS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com