Sstttt, Presiden Jokowi Mau Blusukan ke Banjir Kalsel Yuk Nyumbang, apahabar.com Buka Posko Peduli Banjir Kalsel Breaking News! Jalan Nasional Banjarmasin – Hulu Sungai Putus Lagi Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel

Badan Restorasi Gambut Targetkan 2 Juta Hektar Lahan di Kalimantan Dipulihkan

- Apahabar.com Kamis, 16 Mei 2019 - 22:02 WIB

Badan Restorasi Gambut Targetkan 2 Juta Hektar Lahan di Kalimantan Dipulihkan

Bupati H Achmad Fikry saat membuka sosialisasi program pemulihan (restorasi) lahan gambut di tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Kamis (16/5). Foto-kominfo hss

apahabar.com, KANDANGAN – Badan Restorasi Gambut menggelar sosialisasi program pemulihan lahan gambut di tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Dalam sosialisasi tersebut, mereka menyoroti perbaikan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang mengalami kerusakan akibat kebakaran pada musim kemarau 2015.

Kegiatan sosialisasi itu dibuka bupati H Achmad Fikry di Hotel Qianna Inn, Kandangan pada Kamis (16/5).

Sosialisasi pengelolaan gambut dan forum desa peduli gambut di Kabupaten HSS  tersebut mengambil tema “Pulihkan gambut, pulihkan kemanusiaan”.

Kepala Kelompok Kerja Edukasi dan Sosialisasi, Suwignya Utama menyampaikan tujuan kegiatan sosialisasi tersebut untuk menyampaikan informasi kebijakan dan kegiatan restorasi ekosistem gambut kepada para pihak terkait. Membangun kesepahaman bersama terhadap peran, tugas, dan fungsi masing-masing pihak dalam kegiatan restorasi gambut.

apahabar.com

“Badan restorasi gambut tugasnya untuk memfasilitasi dan mengoordinasikan restorasi gambut di tujuh provinsi. Target dua juta hektar yang direstorasi untuk di Kalimantan, di Kalteng paling luas,” katanya.

Sementara itu, Bupati Achmad Fikry mengatakan, di Hulu Sungai Selatan sudah ada lima desa peduli lahan gambut. Adapun desa yang akan dicanangkan sebagai Desa Peduli Gambut di HSS, yakni Desa Bajayau, Desa Badaun, Deda Baru, Desa Siang Gantung, dan Desa Samuda.

“Semua desa tersebut ada di wilayah Daha atau Negara,” ujarnya.

Menurut Bupati Achmad Fikry, lahan gambut selama ini menjadi dilema tersendiri. Di satu sisi merupakan lahan yang sangat potensial untuk dikembangkan, namun di sisi lain juga bisa menjadi momok yang menakutkan apabila terjadi musibah seperti kebakaran lahan gambut.

Dengan adanya restorasi lahan gambut, sambungnya, diharapkan bisa meminimalkan kebakaran lahan gambut yang ada di HSS. Selama ini, kebakaran selalu terjadi di HSS di tiap tahunnya.

Pemanfaatan lahan gambut di HSS, sebut Achmad Fikry, banyak digunakan untuk pertanian dan perkebunan. Selain itu, lahan gambut juga punya potensi seperti enceng gondok yang bisa dibuat kerajinan tangan oleh masyarakat, sehingga mempunyai nilai ekspor yang tinggi.

Achmad Fikry berharap, potensi lahan gambut ini bisa dimaksimalkan untuk kesejahteraan dan bisa menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat. Khususnya warga HSS yang tinggal di wilayah lahan gambut.

Baca Juga: Pemkab HSS Sediakan Lahan 5 Hektar untuk Rutan Baru

 Baca Juga: Bocoran Lokasi Lahan Calon Ibukota Baru di Kalsel

Reporter: AHC 01
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Demi Isolasi Pasien Covid-19, Kelas I dan II RSUD Abdul Aziz Ditutup
apahabar.com

Kalsel

BPK Surya Gemilang Fire Bagikan Snack untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Dishub Banjarbaru Mulai Siapkan Rest Area
apahabar.com

Kalsel

Good News: Dinkes Kotabaru Siap Rujuk Fatir, Balita Pengidap Penyakit Langka
Denny

Kalsel

Sumbangan Tembus Rp 60 Juta, H2D Balas Nyinyiran Puar-Rifqi
apahabar.com

Kalsel

Suasana Mencekam, Banjir Kepung 2 Kecamatan di HST

Kalsel

VIDEO: Aspirasi BEM se-Kalsel Sudah ke DPR dan DPD RI
apahabar.com

Kalsel

Harganas, Ibnu Sina Cerita Pentingnya Figur Ayah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com