Heboh Buronan Kalsel Kabur ke Hutan Samboja, Ternyata Rampok Tanah Laut Lari ke Kaltim, Terduga Buronan Kalsel Jadi Buruan di Hutan Samboja! Hasil PSU di Kabupaten Banjar; BirinMu Menang Besar, Ini Rinciannya Harga Minyak Terdongkrak Ramalan Kenaikan Permintaan DITANGKAP! Terduga Pembunuh Sopir Truk PT BKB di Tapin Kalsel

Begini Tips Ajak Buah Hati Berpuasa

- Apahabar.com Minggu, 19 Mei 2019 - 13:51 WIB

Begini Tips Ajak Buah Hati Berpuasa

ilustrasi, mengajak anak berpuasa. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Berpuasa bagi Si Buah Hati tentu tidak mudah. Sebab ada perubahan jadwal jadwal makan yang disesuaikan dengan waktu sahur dan berbuka. Nah, berikut beberapa tips agar Si Buah Hati semangat bangun untuk sahur.

Baca Juga: Ramadan di Negeri Tirai Bambu, Munif Semula Diragukan Bisa Puasa

Pertama, Jelaskan Tentang Puasa

Jika ini kali pertama Si Buah Hati berpuasa, Bunda lebih baik mempersiapkan ia untuk berpuasa dari jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Salah satunya adalah dengan menjelaskan pada Si Buah Hati jam berapa ia harus bangun untuk memakan sahur.

Lalu jelaskan juga bahwa setelah itu ia sudah tidak boleh lagi makan dan minum sampai waktu berbuka tiba. Bunda juga bisa memberitahu hal ini berulang kali pada Si Buah Hati sampai ia paham dan siap menjalani puasa.

Kedua, Ajak Si Buah Hati Tidur Lebih Awal

Bunda, biasanya Si Buah Hati akan susah bangun untuk sahur kalau ia tidur terlalu larut pada malam hari. Karena itu, Bunda lebih baik mengajaknya tidur lebih awal agar ia bisa lebih mudah dibangunkan saat sahur. Si Buah Hati mungkin kadang susah untuk disuruh tidur lebih awal, tapi Bunda perlu bersikap tegas padanya dan jelaskan bahwa ia perlu tidur lebih awal agar bisa bangun untuk sahur.

Ketiga, Pasang Alarm Bersama

Sebelum tidur, Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati untuk mengatur sendiri jam berapa ia akan bangun waktu sahur dengan bersama-sama memasang alarm. Namun pastikan ia tidak memasang alarm melewati waktu sahur. Nanti saat Bunda membangunkannya, Bunda bisa bilang pada Si Buah Hati  bahwa itulah jam yang sudah ia tentukan sendiri dan ia harus bangun.

Keempat, Bangunkan Si Buah Hati dengan Lembut

Saat sahur, bangunkan Si Buah Hati dengan lembut ya, Bunda. Bunda bisa mengusap kepalanya atau menepuk-nepuk punggungnya sambil mengajaknya bangun. Kalau Si Buah Hati tidak mau bangun juga, hindari membangunkannya dengan paksa karena bisa membuat mood Si Buah Hati menjadi turun dan ia akan semakin sulit lagi diajak sahur.

Kelima, Beri Si Buah Hati Reward

Salah satu cara agar Si Buah Hati lebih termotivasi menjalankan puasa, termasuk sahur adalah dengan memberikan reward, Bun. Berikan hadiah berupa mainan yang paling ia inginkan atau tiket jalan-jalan agar Si Buah Hati makin semangat untuk menjalankan puasanya dengan maksimal. Tapi, Bun, reward ini tentu saja baru bisa ia dapatkan kalau ia bisa rutin menjalani puasa, salat, tarawih, hingga melaksanakan sahur.

Mudah kan, Bunda? Coba terapkan tips tadi agar Si Buah Hati selalu semangat bangun untuk sahur. Tapi selain membangunkannya, pastikan Bunda juga menyiapkan menu sahur yang ia sukai dan mengandung banyak nutrisi. Sebab kalau nutrisi Si Buah Hati terpenuhi, ia bisa menjalankan puasa dengan lancar dan bisa beraktivitas di sekolah dengan penuh semangat meskipun ia berpuasa.

Baca Juga: Masjid Jami Sirajul Huda, Masjid Keramat Peninggalan Datu Surya Sakti

Sumber: detikcom
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Pondok Darul Hijrah IV di Tanbu Buka Donasi Bagi Dermawan
apahabar.com

Habar

Cerita Rofi, Mahasiswa asal Kalsel Menyiasati Sahur dan Berbuka Puasa di Jerman
apahabar.com

Habar

Ramadan di Negara Minoritas Seperti Jerman, Ini Perlakuan yang Vela Dapat
apahabar.com

Habar

Buka Umrah dalam Waktu Dekat, Saudi Minta Sejumlah Syarat
apahabar.com

Habar

Menyimak Rapat Haul Guru Sekumpul, Perlu Sinergitas Seluruh Pihak dan Bebas Kepentingan Politik
apahabar.com

Habar

Masya Allah, Penumpang Pesawat Pakistan akan Disambut Lantunan Kasidah Burdah
Raja Salman. Foto-net

Habar

Pemerintah Arab Saudi Ganti Menteri Haji dan Umrah
apahabar.com

Habar

Kunjungi Kalsel, Berikut Agenda KH Ma’ruf Amin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com