Nah Lho.. Anggota DPRD Kalsel Terjaring Jam Malam di Banjarmasin Yang Terjadi Jika MK Menerima Permohonan AnandaMu… Saat Banjarmasin Berlakukan Jam Malam: Lampu-Lampu Dimatikan, ‘Jalur Tikus’ Dijaga Ketat 3 Pelajar Banjarmasin Raih Juara Lomba Baca Berita, Salah Satunya dari SMP Almazaya Maksimalkan Penyekatan, Kalsel Tutup Semua Jalur Mudik Provinsi-Kabupaten

Bosan Es Teler, Coba Minuman Menyegarkan yang Satu Ini

- Apahabar.com Jumat, 17 Mei 2019 - 09:00 WIB

Bosan Es Teler, Coba Minuman Menyegarkan yang Satu Ini

Ximilu. Foto-net

apahabar.com, MATARAM – Sejumlah tempat kuliner di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menawarkan menu-menu istimewa untuk hidangan berbuka. Di Street Food Bung Karno misalnya, pengunjung ditawari dengan menu segar bernama ximilu.

Street Food Bung Karno memiliki menu makanan dan minuman yang bervariasi. Mulai dari aneka nasi goreng, seafood, pizza, pasta, dimsum, hingga aneka kopi nusantara. Namun selama Ramadhan, Street Food Bung Karno juga menghadirkan ximilu yang sayang untuk dilewatkan.

“Ximilu dari Hongkong yang halal dan dalam artian biji selasih dalam bahasa Mandarin,” ujar salah satu pemilik Street Food Bung Karno, Asrianti Mustari seperti dilansir Republika .

Ximilu berbahan baku buah-buah segar seperti semangka, mangga, melon, anggur, alpukat, jambu manis, dan biji selasih. Selain itu, terdapat juga jeli yang dibentuk menyerupai mi ramen. Perbedaan dengan es teler atau sup buah, ximilu tidak menggunakan santan atau susu melainkan bubuk krim yang didinginkan di dalam kulkas.

Perempuan yang dipanggil Tari ini menjelaskan proses pembuatan ximilu cukup sederhana. Buah-buah segar yang telah dipotong dicampur dengan bubuk krim dingin. Menurut Tari, buah-buahan selalu diletakan di dalam kulkas agar segar dan baru dipotong begitu ada pemesanan.

“Tidak pakai es batu, dari sana (Hongkong) memang harus dingin dari kuahnya (bubuk krim). Aslinya tanpa es batu. Tapi kalau mau pakai es batu bisa juga sesuai selera pengunjung,” kata Tari.

Tari mengaku senang bisa menyajikan ximilu di Lombok mengingat sepengetahuannya belum ada yang menjual kuliner tersebut di Lombok. Tari juga gembira dengan respons pengunjung akan ximilu yang dinilai cocok untuk hidangan buka puasa.

Ximilu dijual dalam dua versi berdasarkan ukuran. Untuk ukuran kecil, ximilu dibanderol seharga Rp15 ribu sementara ukuran lebih besar dihargai Rp25 ribu.

“Responsnya lumayan. Kita ingin isi Ramadhan ini tidak cuma es teler dan sup buah, tapi ada desert lain ximilu yang enak juga untuk buka puasa,” ucap Tari.

Baca Juga: Cegah Penambahan Berat Badan Selama Puasa

Baca Juga: Acer Indonesia Bagi Berkah Ramadan

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Xbox Series X Akan Meluncur November, Simak Perkiraan Harganya
apahabar.com

Gaya

Harga Sepeda Brompton ‘Selangit, Kenali Kelebihannya
Atta dan Aurel

Gaya

Batal Honeymoon ke Dubai, Atta dan Aurel Senang-senang di Bali
apahabar.com

Gaya

Lapan: Puncak Hujan Meteor Teramati Lewat Tengah Malam Sampai Subuh
apahabar.com

Gaya

Keren! Android 11 Bakal Dilengkapi Fitur Mengembalikan Foto yang Terhapus
apahabar.com

Gaya

Apakah Kuning Telur Pucat dan Pekat Berbeda Nutrisinya?
apahabar.com

Gaya

Ternyata, Sosok Perempuan Cantik di Pelayanan Publik Ini Bukan Manusia!

Gaya

Catat, Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih Versi Dokter
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com