Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Terpapar Covid-19, Kemenag Tutup Satu Ponpes di Palangka Raya Cobain Bikin Video Berkualitas Film dengan Galaxy Note20 Series Maladministrasi, Pemkot Banjarmasin Diminta Setop Tertibkan Reklame Sepihak BREAKING NEWS: BNN Benarkan Tangkap Oknum DPRD Tala Saat Pesta Sabu

BPJS Barabai Terapkan Sistem Sidik Jari

- Apahabar.com Selasa, 14 Mei 2019 - 19:27 WIB

BPJS Barabai Terapkan Sistem Sidik Jari

Kegiatan optimalisasi Pasien Rujuk Balik dan Sosialisasi Implementasi Sidik Jadi di Rumah Sakit Ceria Kandangan, Senin (13/05). Foto-Humas Pemkab Barabai

apahabar.com, KANDANGAN – Untuk meningkatkan mutu pelayanan dan pengendalian biaya di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Kesehatan terus memberikan inovasi dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 106 Desa di Balangan Pilkades Serentak, Dianggarkan Rp1,3 Miliar

Setelah sukses mengimplementasikan penerapan sidik jari pada pelayanan hemodialisa di FKRTL, kini sistem penggunaan sidik jari mulai diperluas fungsinya pada pemberian pelayanan lainnya.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Barabai, dr. Karmila menyampaikan bahwa penggunaan sidik jari ini didasari untuk memenuhi aspek keabsahan peserta JKN-KIS.

“Peserta yang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan perlu dipastikan untuk mencegah penggunaan hak oleh orang lain yang tidak berhak melalui dukungan otentifikasi menggunakan fitur sidik jari,” jelas Karmila, saat acara Optimalisasi Pasien Rujuk Balik dan Sosialisasi Implementasi Sidik Jadi di Rumah Sakit Ceria Kandangan, Senin (13/05).

Lebih lanjut Karmila menambahkan, bahwa implementasi sidik jari pada pelayanan rujukan akan dilaksanakan secara bertahap.

Adapun tahap pertama pada Mei ini akan diterapkan di Instalasi Rehabilitasi Medik, poli mata dan jantung.

“Sedangkan penerapan yang selanjutnya, secara bertahap pada penambahan pelayanan lain dan diharapkan pada tahap ke empat di bulan Desember, seluruh pelayanan di FKRTL sudah dapat implementasikan di seluruh rumah sakit,” kata Karmila.

Terpisah, Pelaksana Tugas Direktur Rumah Sakit Ceria Kandangan, dr. Rahmah menyampaikan dukungan dengan implementasi finger print.

“Walaupun dalam perekaman memang terbilang ribet, namun sisi positifnya bahwa ke depannya akan sangat membantu dalam mempercepat alur pelayanan pesertanya,” kata Rahmah

Rahmah membayangkan dengan pengimplementasian teraebut Peserta JKN-KIS dapat dilayani secara prima.

“Nanti ketika pasien datang, langsung mendapatkan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) tanpa harus mengantre di loket dan menunjukkan beberapa kartu untuk memastikan bahwa si peserta sah,” bayang Rahmah.

Selain itu, menurut Rahmah, terkait target di 2019 seluruh pelayanan sudah mengaplikasikan sidik jari, RS Ceria mengaku siap di bulan Mei ini untuk uji coba di poli mata dan UGD.

“Mengingat untuk IRM dan jantung masih belum tersedia. Nantinya dapat kami atur ulang terkait alur pelayanan yang lebih jelas. Dan akan kami lakukan pengadaan finger print terlebih dahulu sejumlah tiga unit untuk diuji coba terlebih dahulu,” kata Rahmah.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri, Ibnu Sina Larang Jajarannya Terima Parcel

Reporter: AHC11
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Memasuki Purna Tugas, Paman Birin Puji Perkasa Alam Atas Dedidkasinya
apahabar.com

Kalsel

Hasil Tracking Jaring 55 Kasus Baru Covid-19 di Kalsel, Terbanyak di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Jaga Kamtibmas dan Sosialisasi Protokol Kesehatan, Personel Polsek Banjarbaru Timur Sambangi Pertokoan
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Karhutla, Polsek Karang Bintang Rutin Beri Imbauan pada Warga
apahabar.com

Kalsel

Baru 2 Lembaga Kursus Bersertifikasi, Kadisdik Tabalong Dorong LKP Kembangkan Diri
apahabar.com

Kalsel

Dewan Pastikan Disdik Alokasikan Anggaran Internet Gratis untuk Pelajar
Polsek Kelumpang Tengah

Kalsel

Polsek Kelumpang Tengah Kotabaru Gelar Salat Demi Pilkada Damai
apahabar.com

Kalsel

Berdalih Ekonomi, Pasutri di Banjarmasin Nekad Bisnis Sabu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com