Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Datang Ke Lapas Teluk Dalam, Dispersip Bawa Mobil Perpustakaan Keliling

- Apahabar.com Selasa, 21 Mei 2019 - 14:39 WIB

Datang Ke Lapas Teluk Dalam, Dispersip Bawa Mobil Perpustakaan Keliling

Perpustakaan Keliling milik Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Provinsi Kalsel. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Provinsi Kalsel dengan mobil perpustakaan keliling memberikan pelayanan baca ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Teluk Dalam.

Minat baca para penghuni narapidana tersebut cukup antusias dengan kehadiran mobil perpustakaan keliling.

“Kami ada 8 unit kendaraan perpustakaan keliling. Jumlah dari unit ini setiap harinya keliling salah satunya ke Lapas dan Rutan,” terang Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie kepada apahabar.com.

Nurliani menjelaskan, program ini sudah dilaksanakan sejak dirinya menjabat 2017 silam. Dengan cara pendekatan personal kepada petugas hingga bisa dilegalkan dengan MoU antara Kantor KemenkumHam Kalsel dan Dispersip. Mobil perpustakaan keliling yang kita miliki diizinkan untuk masuk.

“Dengan MoU antara Kemenkumham dengan Dispersip itu mobil perpustakaan keliling kami bisa masuk ke semua Lapas yang ada di Kalsel, tidak cuma di Lapas Teluk Dalam aja,” bebernya.

Dia menjelaskan, sejak awal membuat program perpustakaan masuk membuktikan minat baca pada narapidana terus bertambah. Para penghuni LP selalu menunggu kedatangan perpustakaan keliling itu.

“Mereka cukup antusias menunggu kedatangan tim kita. Mereka bisa baca buku yang kami sediakan,” katanya.

Selain membaca, Dispersip juga memberikan pinjaman kepada penghuni LP. Buku yang mereka pinjam nantinya akan dikembalikan pekan depan. Bacaan dari buku-buku tersebut juga sekaligus sebagai bekal kelak ketika mereka keluar dari LP.

“Terima kasih kepada jajaran Kemenkumham Kalsel telah bersinergi dengan kami untuk menuju warga Kalsel cerdas,” ujarnya.

Bahkan selain ke LP, mobil perpustakaan ini juga mengarah ke area publik lainnya seperti pasar wadai dan lain-lain. Di antaranya Panti Sosial Bina Remaja (PSBR), Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) dan tempat ibadah.

“Khusus di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin kami turunkan 2 shift yaitu pagi dan sore setiap harinya,” bebernya.

Sementara itu, petugas Lapas Teluk Dalam, Suratno menerangkan selama ada perpustakaan keliling dari Dispersip Kalsel, narapidana yang berasal dari Lapas merasa terbantu dan senang.

“Dari sinilah, minat baca para napi terus bertambah. Mohon kegiatan seperti ini ditambahi buku bacaan dan keagamaannya,” terangnya.

Baca Juga: Penulis Dewi Lestari Siap Berbagi Ilmu di Dispersip Kalsel

Baca Juga: Dispersip Tanbu Ajak SKPD Lain Gotong Royong Perbaiki Arsip Daerah

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz F

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

PTM di Banjarbaru Ditarget Awal Desember, SMPN 1 Banjarbaru Bersiap
apahabar.com

Kalsel

Cabuli Anak di Bawah Umur, Remaja di Tabalong Ditangkap Polisi
apahabar.com

Kalsel

Hindari Fitnah, Kades Kolam Kanan Pampang Baliho Penerima BLT
apahabar.com

Kalsel

Total 150 Penderita di Kalsel, HSU Masih Nol Positif Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Ironi PSBB Jilid II, Dirumahkan Duta Mall Saat Istri Mengandung
apahabar.com

Kalsel

Tak Perlu ke Pasar, Warga Banjarmasin Bisa Hubungi ‘Acil Asmah’
apahabar.com

Kalsel

Balai Bahasa Kalsel Harapkan Pemerintah Buat Kebijakan Martabatkan Bahasa Indonesia
apahabar.com

Kalsel

Istri Gus Dur Jadi Tamu Spesial NGP Ramadan Camp di Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com