Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan

Dewan Kaltim: Pemerintah Harus Serius Tangani Jalan Trans Kalimantan

- Apahabar.com Senin, 13 Mei 2019 - 08:00 WIB

Dewan Kaltim: Pemerintah Harus Serius Tangani Jalan Trans Kalimantan

Ilustrasi jalan rusak. Foto – Net

apahabar.com, SAMARINDA – Guna tetap lancarnya distribusi barang dan jasa, DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) meminta pemerintah provinsi setempat secara serius menangani Jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan Kota Samarinda-Kabupaten Kutai Barat karena rawan longsor.

Dilansir Antara, Anggota DPRD Kaltim Wibowo Handoko, mengatakan jalur darat yang menghubungkan dua kota tersebut dilaporkan banyak yang rusak, dan bahkan ada beberapa titik yang terputus sehingga aktivitas masyarakat terganggu.

Baca Juga: Penumpang Sesak Napas, Garuda Surabaya-Singapura Lakukan Pendaratan Darurat

Kondisi riil tersebut, kata dia, harus segera ditindaklanjuti oleh pemerintah mengingat kerusakan jalan itu juga bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

“Kondisinya perlu diantisipasi, jangan sampai distribusi terganggu sehingga menghambat roda perekonomian dan mengganggu stabilitas harga kebutuhan pokok maupun barang-barang sekunder lain,” kata Bowo di Samarinda, Minggu (12/5/2019)

Ia mengatakan untuk tahap awal, pemerintah bisa memonitor langsung titik-titik rawan yang seringkali menyebabkan kendaraan tak bisa lewat.

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Perlu Dukungan Politik

“Begitu ada musibah alam, seperti pohon tumbang, maka dampakanya langsung melumpuhkan aktivitas transportasi di jalan tersebut,” kata dia.

Oleh sebab, lanjut Bowo, perlu ada tim dari pemerintah yang memonitor lokasi rawan. Pemerintah perlu membuka sejumlah posko di beberapa titik yang dianggap rawan.

Ia memahami faktor cuaca di Kaltim yang cukup ekstrem dalam beberapa bulan terakhir juga menjadi salah satu penyebab jalan rusak hingga putus.

Baca Juga: Calon Ibukota Baru, Kalimantan Paling Aman dari Tsunami, Tapi…

“Faktor alam bukan menjadi alasan untuk kita tidak berbenah, tetap harus ada upaya untuk memperbaiki infrastruktur jalan, sehingga bencana dan kendala dapat diminimalisir,” kata Bowo.

Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Kaltim Tingkatkan Peran KKSS dalam Pembangunan
apahabar.com

Kaltim

ODP Bandel di Penajam Bakal Dikarantina di Rusunawa
apahabar.com

Kaltim

APBD Kaltim 2019, Wagub: Warga Hanya Dapat Rp 3,5 Juta/Tahun

Kaltim

Kaltim Bertekad Bangun 300 Hektare Hutan Rakyat di Jonggon
apahabar.com

Kaltim

Jelang Kedatangan Jokowi, Polda Kaltim dan Pangdam VI Mulawarman Upayakan Penajam Kondusif
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Lebih Dulu Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Aktif Rangkul Eks Penyalahguna Narkoba
apahabar.com

Kaltim

Badak di Kalimantan Diselamatkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com