Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang Pencuri Hp Rosehan Diciduk Polisi, Ini Dalih Tersangka

Fasilitas Komplit Masjid Al Abrar Kandangan, Tersedia Ruang Pemandian Jenazah

- Apahabar.com Kamis, 30 Mei 2019 - 16:34 WIB

Fasilitas Komplit Masjid Al Abrar Kandangan, Tersedia Ruang Pemandian Jenazah

Ketua Masjid Al Abrar Kandangan, H Yusri Fauzi menunjukkan fasilitas pemandian jenazah yang terletak di samping kanan belakang masjid. Foto-apahabar.com/Ahc01.

apahabar.com, KANDANGAN – Masjid Al Abrar Kandangan menjadi satu satunya masjid dengan fasilitas terlengkap di Kabupaten HSS.

Mesjid yang berdiri sejak tahun 1911 itu juga menyediakan paket untuk mengurus jenazah hingga penguburan.

“Di sini ada timnya untuk mengurus jenazah. Jadi ada paketnya. Mulai dari menjemput jenazah dari rumah duka, dimandikan di sini, dikafani, dishalatkan, sampai penguburan,” kata Ketua Pengurus Mesjid Al Abrar H Yusri Fauzi, Kamis (30/05/2019).

H Yusri Fauzi menyebutkan ruang pemandian jenazah sudah difungsikan sejak awal Mei 2019. Sampai saat ini, ada tiga orang yang meninggal dan dimandikan dengan fasilitas pemandian jenazah yang tersedia di Masjid Al Abrar.

Dalam penggunaan fasilitas pemandian jenazah di sana, diakui H Yusri, memang dipungut biaya sebesar Rp1 juta.
Namun, biaya tersebut sudah termasuk jasa pemandian petugas yang terlatih, perlengkapan kematian seperti kain kafan, tikar, kapas, kapur barus, cendana, serta minyak wangi.

Semua kelengkapan kematian tersebut tersedia selama 24 jam di Masjid Al Abrar, bahkan penyimpanan perlengkapan kematian tersebut, tersimpan rapi dalam ruangan kaca, yang diberi nama kantin Al Abrar Kandangan, sehingga si mayit siap untuk dikuburkan.

Menurut H Yusri, mengapa Masjid Al Abrar ada fasilitas pemandian jenazah, karena sekarang sudah mulai sulit memandikan jenazah di rumah, misalnya sulitnya ketersedian air bersih.

Selain itu, dirinya terinspirasi dari salah satu masjid di Banjarmasin, karena menyediakan fasilitas pemandian jenazah.

“Bagi jemaah majlis zikir Watta’lim Al Abrar sekitar 8 ribu lebih yang terdaftar tidak dipungut biaya, dikarenakan selalu ada iuran setiap minggunya,” kata H Yusri.

Disampaikan H Yusri, Masjid Al Abrar yang terletak di Desa Gambah Luar sangat strategis, karena berada di jalur arah yang dilewati baik dari arah hulu sungai dan Banjarmasin.

Sering dijadikan tempat persinggahan maka dari itulah, fasilitas Massjid Al Abrar dengan halaman mesjid yang luas selalu dilengkapi setiap tahunnya.

“Minum gratis kopi dan teh tersedia 24 jam, di halaman mesjid Al Abrar setiap harinya,” katanya.

Bagi penyandang disabilitas pun, diperhatikan oleh pengurus Masjid Al Abrar. Salah satunya tersedia kursi roda, kursi khusus duduk bagi yang tidak bisa salat berdiri juga disediakn di Masjid Al Abrar.

Fasilitas Masjid Al Abrar lainnya, ada lemari kaca khusus barang ketinggalan, gentong wudhu, taman, kamar mandi serta wc delapan buah, dan gazebo.

Semua fasilitas yang tersedia dan pemelihaaran di Masjid Al Abrar berkat dari dana infaq yang diberikan orang setiap harinya di dalam celengan masjid, selain itu juga ada bantuan dari Pemkab HSS.

Baca Juga: Malam 25 Ramadan, Ratusan Jamaah Itikaf di Masjid Sabilal Muhtadin

Baca Juga: Masjid Ini Dikeramatkan Warga, Pendirinya Masih Misteri

Reporter: Ahc01
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kasat Lantas Polres Tapin Kumpulkan Puluhan Damkar, Apa Maksudnya?  
apahabar.com

Kalsel

Anggaran Aman, Gaji Ke-13 PNS Pemprov Kalsel Segera Cair
apahabar.com

Kalsel

Polisi di Kalsel Ketipu Calo Akpol, Polda Beber Latar Belakang Pelaku
apahabar.com

Kalsel

Sukrowardi Samakan Tatib dengan Alquran, Paripurna DPRD Banjarmasin ‘Meledak’
apahabar.com

Hukum

Satresnarkoba Polresta Banjarmasin Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ekstasi
apahabar.com

Kalsel

Gudangnya Ludes Terbakar, Danlanal Kotabaru Santuni OPIN
apahabar.com

Kalsel

Pengusaha Katering Ditipu Pasutri
apahabar.com

Kalsel

Buka Donor Darah, Markas PDIP Banjarbaru Diserbu Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com