Breaking News! Tabrakan Horor di Kotabaru, Motor vs Mobil Honda BRV Di Mubes WAPDA ke-IV, Gubernur Kalsel Ungkap Proyek Siring Ponpes Darussalam Jembatan Ambruk, Warga Pingaran Ilir Terpaksa Menyeberang Pakai Perahu Tali Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel

Gelar SOTR, BPK Banjarmasin Berupaya Ubah Stigma Masyarakat

- Apahabar.com     Minggu, 19 Mei 2019 - 10:23 WITA

Gelar SOTR, BPK Banjarmasin Berupaya Ubah Stigma Masyarakat

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat melepas ratusan BPK di acara Sahur On The Road. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Fakta mengenai Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Kota Banjarmasin yang mengejar informasi kebakaran dengan  mengindahkan peraturan lalu lintas berakibat terciptanya stigma negatif dan diskriminasi di masyarakat.

Demi mengubah stigma negatif, BPK sedari pukul 00.00 Wita menyerbu Jalan Veteran atau di depan pangkalan militer Koramil 1007-01 Banjarmasin Timur, Minggu (19/5).

Keberadaan mereka di sana bukan untuk memadamkan kebakaran. Namun diarahkan melakukan Sahur On The Road (SOTR) yang diperuntukkan untuk warga Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina membuka sekaligus melepas ratusan peserta BPK dengan memukul beduk dan mengibarkan bendera start.

Sebelum melepas secara resmi, Ibnu mengakui sangat mengapresiasi kegiatan SOTR yang digagas oleh Kodim 1007/Banjarmasin beserta jajaran ini.

Baca Juga: SOTR Ala Kalsel Mengaji

Menurutnya, dalam kegiatan tersirat manfaat yang sangat besar bagi anggota BPK dan warga yang ingin menjalani ibadah puasa Ramadan 1440 Hijriah.

“Kita biasa melihat BPK mengejar kebakaran, namun saat ini mereka konvoi dengan rapi, mudahan-mudahan SOTR bisa memberi contoh yang baik kepada warga untuk menjaga keamanan dan ketertiban dan kedamaian kota Banjarmasin selama bulan Ramadan,” ujar Ibnu.

Tradisi membangunkan orang untuk bersahur dengan metode begini, bagi Ibnu lebih menciptakan suasana yang religius dibandingkan mekanisme lainnya.

Sebab dengan adanya kolaborasi antar elemen masyarakat dengan cara tradisional seperti ini bisa terus menerus dilestarikan. Hal demikian bisa masuk dalam kalender event pariwisata religi Provinsi Kalimantan Selatan.

“Dengan kegiatan SOTR bisa menciptakan suasana silaturahmi, semoga saja ke depan bisa menjadi agenda event wisata tahunan sekaligus menjadi tradisi di level Provinsi Kalsel,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 1007/Banjarmasin, Letkol Inf Nofid Arif dalam kegiatan ini bertujuan ingin menimbulkan wajah positif dari jajaran BPK se-Kota Banjarmasin. Selama duduk sebagai Dandim, ia telah banyak mendengar keluhan masyarakat terkait tingkah laku petugas BPK.

“Kita ingin merubah pola pikir masyarakat yang menanggapi BPK kurang baik. Jadi kita ingin mendorong sisi baiknya, dengan menggelar konvoi dengan rapi dan mengikuti anjuran berlalu lintas.

Baca Juga: Kemenag Kalsel Masukkan 71 Calon Haji Cadangan

Dia kembali menegaskan bahwa petugas BPK bukanlah sesuatu yang menakutkan. Mereka sangat mudah diatur. Makanya, dengan kegiatan ini diharapan bisa masuk dalam jajaran event pariwisata religi Kota Banjarmasin tahun 2020.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Anggaran Pendidikan Merosot Tiap Tahun
apahabar.com

Kalsel

Cegah Kebutaan Akibat Katarak, Puskesmas di Kapuas Diminta Jemput Bola
Presiden Soekarno ketika menyampaikan pidato di Amuntai. Foto-Istimewa

Kalsel

Kompromi dengan Pancasila, Benang Merah Orasi Soekarno di Amuntai
apahabar.com

Kalsel

Kreatif, Pengrajin di Kotabaru Sulap Limbah Ulin Jadi Barang Berharga
Sekda Kotabaru Minta Kadishub Tingkatkan Profesionalisme dalam Bertugas

Kalsel

Sekda Kotabaru Minta Kadishub Tingkatkan Profesionalisme dalam Bertugas
apahabar.com

Kalsel

Wisata Religi, Destinasi Pilihan Umat Muslim Kalsel
apahabar.com

Kalsel

BPP Kalsel Klaim Prabowo-Sandi Menang Telak
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Warga Banjarmasin Diswab, Bagaimana Hasilnya?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com