Breaking News! Tabrakan Horor di Kotabaru, Motor vs Mobil Honda BRV Di Mubes WAPDA ke-IV, Gubernur Kalsel Ungkap Proyek Siring Ponpes Darussalam Jembatan Ambruk, Warga Pingaran Ilir Terpaksa Menyeberang Pakai Perahu Tali Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel

H+17 Pemilu, Sambang Lihum Masih Nihil Caleg Stres

- Apahabar.com     Jumat, 3 Mei 2019 - 19:55 WITA

H+17 Pemilu, Sambang Lihum Masih Nihil Caleg Stres

FASILITAS INAP: Puluhan tempat tidur bagi calon wakil rakyat yang stres akibat kalah dalam pemilu. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto.

apahabar.com, BANJARMASIN – Hari ke-17 pasca Pemilu Serentak 2019, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum nihil pasien yang stres akibat gagal terpilih sebagai caleg. Namun begitu, pihak RSJ siap siaga dalam pelayanan 24 jam.

“Belum mas. Belum ada caleg yang masuk dan konsultasi tentang gangguan jiwa,” ujar Direktur RS Jiwa Sambang Lihum, dr.H. IBG Dharma Putra, MKM kepada apahabar.com di RSJ yang berlokasi di Jalan Gubernur Syarkawi Km 3,9. Gambut, Kabupaten Banjar itu, Jumat (3/5) pagi.

Sejatinya, Dharma menuturkan RSJ Sambang Lihum siap menampung mereka dengan segala fasilitas dan poliklinik yang lengkap.

“Kami memiliki hampir 68 tempat tidur ditambah satu ruang VIP,” tandas Dharma.

Terpisah Kepala Bidang Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Erwinn ZH MARS, MH, Kes, banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang alami gangguan jiwa.

Baca Juga: Ramadan, Jam Buka Salon Kecantikan Pun Dibatasi

“Salah satunya adalah rasa kecewa yang mendalam dan stress,” ujarnya ditemui apahabar.com di ruang kerjanya, siang tadi. Gangguan jiwa yang terjadi umumnya bisa ringan sampai berat.

“Gejalanya beragam, mulai dari sakit kepala, susah tidur hingga nafsu makan menurun. Lalu, gangguan jiwa juga bisa berupa depresi sampai yang berat seperti psikosis akut,” aku Dokter Erwin.

Selain itu, Dokter Erwin menambahkan, berbagai keluhan seperti pusing melayang, tangan gemetar, sakit leher, nyeri punggung dan otot terasa kaku. Hingga gatal-gatal pada kulit tanpa sebab yang jelas juga bisa menjadi penanda stres.

“Bahkan mereka juga bisa mengalami nyeri dada, nyeri ulu hati, mual, perut kembung dan begah serta diare. Gangguan yang terjadi akibat stress bisa multi organ. Harus segera diperiksa oleh dokter,” tuturnya.

Tentang fenomena caleg stres, Dokter Erwin menyarankan untuk pasrah siap kalah dan siap menang. Selalu dekat dengan Yang Maha Kuasa. Karena di setiap kompetisi, lanjut Erwin, pasti ada kalah dan menang.

“Keluarga harus selalu mendampingi dan tetap memberi semangat bagi caleg yang gagal karena memang kans untuk jadi caleg itu memang kecil. Yang paling penting, usahakan untuk tetap tidur dan makan teratur,” tukas Dokter Erwin.

Baca Juga: PKBM Baimbai dari Difabel untuk Masyarakat Banjarmasin

Reporter: Eddy Andriyanto/Ahc04
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pembunuhan Sadis di Tapin, Keluarga Pelaku Minta Maaf
Muara Uya

Kalsel

Edarkan Sabu, Warga Muara Uya Ditangkap Satresnarkoba Polres Tabalong
Kios Pasar Kuripan

Banjarmasin

Beda Nasib Pedagang, Pasca Belasan Kios Pasar Kuripan Banjarmasin Dibongkar
apahabar.com

Kalsel

Belasan Muda-Mudi Terciduk di Sejumlah Kamar Hotel Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Momen Natal, Warga “Serbu” Lapas Teluk Dalam Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Paman Birin Usul Dana Cadangan Pilkada 2020
apahabar.com

Kalsel

Perintah Jokowi ke Luhut Fokus Tangani Covid-19 di Kalsel dan 8 Provinsi Lainnya

Kalsel

Gegara Asap Hitam, Warga Basirih Kena Prank!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com