Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Harga ‘Si Putih” Berangsur Turun, “Si Hijau” Merangkak Naik

- Apahabar.com Rabu, 15 Mei 2019 - 14:19 WIB

Harga ‘Si Putih” Berangsur Turun, “Si Hijau” Merangkak Naik

Penjual Sayur di Pasar Suka Mara, Landasan Ulin, Banjarbaru. Foto-AHC 06

apahabar.com, BANJARBARU – Menginjak minggu kedua Ramadan 1440 Hijriah, harga bawang putih di Banjarbaru berangsur turun. Sementara untuk harga sayuran merangkak naik.

“Bawang putih sudah turun harganya, kemarin Rp60 ribu/Kilogram sekarang kalau saya jual Rp45 ribu/ Kilogram nya,” kata Tasya pedagang di pasar Suka Mara Landasan Ulin pada apahabar.com, Rabu (15/5).

Dalam satu minggu terakhir, bawang putih mengalami penurunan harga. Hal ini karena stok bawang putih perlahan mulai terisi di berbagai pasar di Kalsel.

“Ini stok bawang putih saya sudah mulai habis, gak tau nanti harganya akan tetap sama atau beda,” lanjut Tasya.

Pernyataan Tasya sama dengan Dewi seorang pedagang di pasar Bauntung Banjarbaru yang mengatakan untuk harga bawang putih sudah turun menjadi Rp45 ribu dan bawang merah Rp40 ribu.

“Bawang putih Rp45 ribu per kilogramnya tapi masih banyak juga pedagang yang jual Rp50 ribu per Kilogramnya,” ujar Dewi.

Selain bawang, beberapa sayuran lain yang mengalami penurunan adalah cabai dan kangkung. Cabai dari semula Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp45 ribu sementara kangkung dari Rp5 ribu menjadi Rp3 ribu.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan, Birhasani, untuk Bawang putih sudah didatangkan dari Surabaya dan harga bawang akan berangsur turun.

“Bawang putih didatangkan dari Surabaya. Sedangkan bawang merah di pasar sudah mulai turun harganya,” ujar Birhasani.

Baca Juga: Harga Sejumlah Sembako Meroket di HST

Namun beberapa sayuran lain terpantau harganya masih tinggi seperti sawi Rp6 ribu dan Bayam Rp5 ribu, yakni rata-rata naik Rp2 ribu.

“Saya jual kangkung Rp3 ribu semula Rp1 ribu, terus bayam Rp5 ribu dari semula Rp3 ribu, dan sawi Rp6 ribu dari semula Rp4 ribu, beda beda sih setiap orang jual, ini sudah agak turun dari sebelumnya,” ucap Siti Hajar pedagang sayur di pasar Bauntung Banjarbaru.

Sementara, sesuai pantauan apahabar.com, harga tomat masih masih bergerak di angka yang sama, yaitu Rp17 ribu sampai Rp20 ribu per kilogramnya.

Saat apahabar.com menemui petani sayur sayuran di kampung sayur Laura (Landasan Ulin Utara), mereka membenarkan tentang naiknya harga sayur-sayuran.

“Iya, sayuran rata-rata naik semua, ada 3 hari ini lah, harga dari sini seperti sawi itu sudah Rp4 ribuan, awalnya ya Rp1500 aja” jelas Setyowati, seorang petani di kampung sayur Laura.

Setyowati menuturkan harga di petani tergantung dari pengepul juga. Semakin banyak yang diminta dengan sedikitnya barang yang tersedia membuat harganya naik.

“Naiknya harga ini ya karena pengepul susah juga dapat barangnya, banyak petani yang gagal panen akibat serangan hama atau penyakit, tapi permintaan pasar sangat tinggi jadi ya harga naik,” jelas joko purnomo, seorang pengepul sayur.

Cuaca yang berubah-ubah menyebabkan petani banyak mengalami kendala, mulai dari penyemaian sampai panen, sehingga produk yang dihasilkan kurang.

Kabid Dinas Perdagangan, Kota Banjarbaru, Anshori mengatakan bahwa kenaikan harga sayur di Banjarbaru saat Ramadan ini dikarenakan tingginya permintaan di awal puasa sedangkan produksi normal.

“Meningkatnya permintaan di awal puasa, sedangkan untuk produksi standar,” jelasnya.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok Naik, Tim Satgas Pangan Sidak Pasar

Reporter: Ahc06
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Tangkal Covid-19, Warga Pesisir Kotabaru Rebus Telor

Kalsel

Tangkal Covid-19, Warga Pesisir Kotabaru Rebus Telor
apahabar.com

Kalsel

Merayakan Agustusan, Warga Rutan Marabahan Tanding Futsal
apahabar.com

Kalsel

27 Agustus, 35 Anggota DPRD Tala Terpilih Dilantik
Antisipasi Bawa Jimat, Peserta Tes CPNS Diperiksa Metal Detektor

Kalsel

Antisipasi Bawa Jimat, Peserta Tes CPNS Diperiksa Metal Detektor
apahabar.com

Kalsel

Klaster Gowa Sumbang 9 Pasien Covid-19 di Tala
apahabar.com

Kalsel

PKL Siring Tendean Ingin Sampaikan Keluhan, Ibnu Sina Tak Kunjung Datang
apahabar.com

Kalsel

Alhamdulillah, Hujan Membasahi Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Polsek Banjarbaru Barat Monitor Kunjungan Pjs Wali Kota di Kelurahan Landasan Ulin Tengah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com