Ditangkap di Tabalong, Janda asal Ampah Kalteng Sudah Teler dari Amuntai Guru Danau Imbau Ulama Kalsel Tidak Berpolitik Praktis Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel? Amankan Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Siapkan 258 Personel Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing

Humanity Food Van ACT Sambangi Anak-Anak Nelayan di Desa Rampa

- Apahabar.com Kamis, 30 Mei 2019 - 14:23 WIB

Humanity Food Van ACT Sambangi Anak-Anak Nelayan di Desa Rampa

Kegiatan Humanity Food Van ACT di Desa Rampa, Kabupaten Kotabaru, Minggu (26/05/2019). Foto-Istimewa.

apahabar.com, KOTABARU – Di tengah hiruk pikuknya kehidupan Desa Rampa Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, dengan berbagai permasalahannya, anak-anak nelayan di sana masih bisa mengukirkan senyum gembira di wajah mereka.

Sebabnya Minggu (26/05/2019) sore, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan, melalui Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kotabaru dan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Izzah hadir membersamai mereka dalam kegiatan layanan makan gratis Humanity Food Van.

Ira, salah satu siswi di rumah belajar yang menjadi binaan ACT-MRI tampak terkejut saat tim relawan datang beramai-ramai.

“Kita belajar apa lagi kak hari ini?,” tuturnya kepada tim relawan mengira hari itu ada giat rumah belajar.

Sejak awal Ramadan kegiatan Relawan Saijaan Mengajar yang digagas MRI Kotabaru memang diliburkan sementara. Namun, sore itu giat belajar digantikan dengan berbagi sajian berbuka kepada 40 anak di rumah belajar.

Usai dari rumah belajar, tim melanjutkan berkeliling menyusuri gang-gang sempit dan meniti titian yang agak rapuh membagikan sajian berbuka kepada warga sekitar langsung ke rumah-rumah mereka.

Sebagaimana telah diketahui bersama Desa Rampa ini adalah wilayah pemukiman padat penduduk yang memiliki beberapa permasalahan putus sekolah, kesulitan ekonomi dan pernikahan dini.

“Selain ingin berbagi, kami juga ingin mengenal lebih dalam karakter warga sehingga diharapkan dapat memudahkan relawan dalam pendekatan sosial di kemudian hari,” ujar Ketua MRI Kotabaru Hamas Al Qasam.

Sebanyak 160 paket pangan dibagikan oleh tim MRI Kotabaru dan SIT AL Izzah. Tawa dan kegembiraan nampak tergambar di wajah para warga.

apahabar.com

“Biasanya orang ramai berbagi kalau mau pemilu aja, itupun kami cuma dilewati saja,” tutur Norlena, salah seorang warga.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kunjungan tim ACT-MRI dan SIT Al Izzah ke tempat kami, terima kasih juga kepada para donatur, mudah-mudahan tambah berkah dan lancar rezekinya,” imbuhnya.

HM Alkahfi, ketua YASMIN yang membawahi SIT Al Izzah menyambut baik kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan di tahun depan bisa lebih banyak lagi lembaga yang berkolaborasi untuk kegiatan serupa, agar manfaatnya bisa lebih luas lagi dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Tak hanya di Desa Rampa tim Humanity Food Van ACT juga menyambangi dua tempat lainnya yaitu Desa Dirgahayu dan Desa Semayap.

Di dua lokasi tersebut tim relawan membagikan 150 paket sajian berbuka kepada warga kurang mampu dan para pengguna jalan.

Kegembiraan sore itu ditanggapi oleh Ketua MRI Kotabaru Hamas Al Qasam dengan penuh syukur.

“Alhamdulillah senang bisa membantu sesama walaupun hanya dengan tenaga, tetapi melihat senyum mereka adalah sebuah kepuasan tersendiri, mudah-mudahan rekan-rekan relawan selalu disehatkan oleh Allah agar tetap bisa berbagi kepada sesame,” tutur pria berperawakan kurus itu.

Baca Juga: Zakat Fitrah di Global Zakat-ACT, Ini Manfaatnya

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

Banjir Bengkulu, ACT Siagakan 5 Posko Kemanusiaan
apahabar.com

ACT

ACT Akan Sebarkan Hewan Kurban Hingga Ethiopia
apahabar.com

ACT

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Global Wakaf-ACT Resmikan Lumbung Air Wakaf
apahabar.com

ACT

Pasca Serangan Israel ke Palestina Jelang Ramadan, ACT Terus Gencarkan Bantuan
apahabar.com

ACT

Husnah Bertahan Hidup dengan Menjajakan Kue

ACT

ACT Bagikan Daging Kurban Para Dermawan ke Pulau Bromo
apahabar.com

ACT

Trauma Healing Korban Kebakaran Alalak, ACT Berkerjasama Kalsel Peduli
apahabar.com

ACT

Sambung Kembali Cita-Cita Ira Lanjutkan Sekolah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com