Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

HUT LVRI Ke-70, Lestarikan Nilai Perjuangan Pahlawan

- Apahabar.com Rabu, 15 Mei 2019 - 21:07 WIB

HUT LVRI Ke-70, Lestarikan Nilai Perjuangan Pahlawan

Peringatan Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang ke-70 digelar di Gedung Mahligai Pancasila. Foto-AHC09 for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Peringatan Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang ke-70 digelar di Gedung Mahligai Pancasila, Rabu (15/5) sore.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang dibacakan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Heriansyah menyampaikan harapan agar acara tersebut dapat menambah wawasan dan nilai perjuangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Memang tantangan saat ini cukup berat dan sulit dihindari, tapi kita masih punya rasa tanggung jawab dan semangat untuk memelihara nilai-nilai perjuangan,” harap Heriansyah.

Baca Juga: Layanan E-Liling Kejari Banjar, Cara Jitu Permudah Pembayaran Denda Tilang

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan puisi dan teks proklamasi yang kemudian dilanjutkan dengan dialog perjuangan. Mengambil tema “Lamun Handak Nyaman, BERGERAK dengan nilai Juang ALRI DIVISI IV hayu beimat bagawi bangun Banua NKRI harga mati”

“Sejarah mengandung tiga nilai, ada rentetan peristiwa dimasa lalu yang harus kita ingat, nilai-nilai dimasa lalu yang patut kita pertahankan, serta sejarah harus mempunyai nilai-nilai yang objektif,” ucap Syarifuddin selaku moderator acara

Dialog diisi dengan interaktif bersama peserta acara. Salah satu peserta, Jarwo menyampaikan pendapatnya agar bangunan bersejarah di Kalimantan Selatan yang kurang terawat dapat dilestarikan untuk mengangkat nilai-nilai sejarah.

“Ada beberapa bangunan yang saya lihat seperti tidak terurus, padahal tempat tersebut memiliki nilai-nilai sejarah yang harus kita pertahankan,” ungkapnya.

Senada dengan Jarwo, beberapa peserta lainnya juga menyampaikan pendapat setuju atas opini yang disampaikan tersebut.

“Saya sangat senang dengan adanya acara ini, dapat mengetahui sejarah-sejarah di masa lalu. Saya harap kita memiliki nilai-nilai semangat untuk mempertahankan tanah air,” ucap salah satu peserta

Ratusan tamu undangan hadir mengikuti rangkaian kegiatan yang ditutup dengan acara buka puasa bersama dan sholat berjamaah. Sebagian besar tamu undangan berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan.

Kepada awak media Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Siti Nuriyani mengatakan kegiatan yang mengandung nilai-nilai sejarah akan terus ditingkatkan dengan tujuan mendidik generasi muda.

Baca Juga: Sembako Stabil di Puncak, Pemkab Balangan Segera Sidak

“Sasaran kita adalah para generasi milenial. Kegiatan seperti napak tilas, tahun depan nantinya oleh pak gubernur akan ditingkatkan menjadi skala nasional.  Untuk menyusuri jejak-jejak pejuang dahulu,” jelasnya.

Ia berharap para generasi mudalah yang akan menjadi penerus jejak-jejak pahlawan yang telah rela berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Reporter: AHC09
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Borneo

153 Truk Sampah Bakal Merayap di Banjarbaru
Tergenang Lagi, Drainase di Citra Garden Banjarmasin Kembali Dikeluhkan

Kalsel

Tergenang Lagi, Drainase di Citra Garden Banjarmasin Kembali Dikeluhkan
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Permukiman Warga Pasar Simpang Jagung Diperkirakan Ratusan Juta
apahabar.com

Kalsel

Wisata Susur Sungai Kian Diminati, Dewan: Tingkatkan Keamanan
apahabar.com

Kalsel

Terisolir Akibat Jalan Rusak, Warga Desa Tebing Siring Impikan Hibah Jalan PTPN XIII
apahabar.com

Kalsel

5 Agustus Tapin Berlakukan PKM, Simak Pesan H Yamani
apahabar.com

Kalsel

Untuk CPNS Batola, Jadwal SKB Sudah Ditentukan
apahabar.com

Kalsel

Sosok Pemuda Tabalong, Penyelundup 1 Kg Sabu di Mata Warga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com