Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Inilah Masjid Terkecil di Kalimantan Selatan

- Apahabar.com Selasa, 14 Mei 2019 - 10:48 WIB

Inilah Masjid Terkecil di Kalimantan Selatan

Masjid Haqqul Yaqin. Foto-AHC 09

apahabar.com, BANJARMASIN – Kebanyakan Mesjid di Indonesia yang kita jumpai adalah bangunan megah dan luas yang mampu menampung banyak jemaah. Namun berbeda dengan Mesjid Haqqul Yaqin yang berlokasi di Jalan A Yani Km 2 Komplek Veteran, Banjarmasin.

Ketua Umum Masjid Haqqul Yaqin, H Mian Minu W mengatakan masjid ini dikenal masyarakat sebagai masjid terkecil di Kalimantan Selatan.

“Mungkin (hanya) sekitar 100 m, tapi terkadang kami juga memanfaatkan halaman tetangga sekitar apabila ada kegiatan tertentu,” kata Mian.

Mian menjelaskan awalnya masjid ini adalah sebuah musalla. Sekitar tahun 1980-an, atas inisiatif tokoh masyarakat kemudian ditingkatkan menjadi masjid.

“Awalnya tahun 1963, bangunan ini adalah langgar (musalla). Seiring waktu berjalan, karena jemaah semakin meningkat dan tidak adanya masjid yang dekat. Oleh inisiatif Almarhum KH Birhasani maka ditingkatkanlah menjadi masjid,” jelasnya.

Meskipun terbilang kecil, namun keberadaan masjid ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Bangunan berlantai dua ini mampu menampung ratusan jamaah setiap mengadakan acara-acara keagamaan.

“Kira-kira lebih dari 200 jamaah, meskipun sebagian ada yang di dalam dan di luar masjid,” ungkapnya.

apahabar.com

Masjid Haqqul Yaqin. Foto-AHC 09

Fasilitas masjid sendiri, Mian mengatakan sudah lengkap dan mampu mencukupi kebutuhan untuk pelayanan jemaah.

Saat apahabar.com berkunjung, Senin (13/5) siang, Mian dan beberapa petugas terlihat sibuk melakukan perawatan, yakni mengganti kipas angin menjadi pendingin udara.

“Kami berusaha memberikan yang terbaik bagi jemaah, contohnya seperti ini mengganti kipas angin dengan AC (pendingin udara),” jelas Mian di sela-sela kegiatannya.

Sama seperti masjid-masjid lainnya, Mesjid Haqqul Yaqin juga memiliki tim kepanitiaan dan beberapa agenda rutin.

“Setiap seminggu sekali ada kegiatan Majlis Taklim dengan mendatangkan ustaz dan melakukan pengajian juga. Kemudian di Bulan Ramadan ada tarawih, tadarus dan berbuka bersama,” sebutnya

Untuk dana sendiri, Mian menyebutkan sepenuhnya berasal dari sumbangan masyarakat. Baik untuk kegiatan keagamaan maupun pemeliharaan masjid.

Meski dikenal sebagai masjid terkecil dan berlokasi di tengah permukiman masyarakat yang padat. Namun beberapa tokoh pejabat juga sering berkunjung ke Masjid Haqqul Yakin.

“Alhamdulillah hampir semua wali kota dan pejabat lain pernah mampir ke sini. Bahkan Pak Ibnu Sina pernah menjadi Khatib saat berkunjung,” bebernya.

Baca Juga: Masjid Al A’la Simbol Dakwah Islamiah di HST

Reporter: AHC09
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Tolak Hartawan, Ulama Tabiin Ini Memilih Menantu dari Duda Miskin
apahabar.com

Sirah

Syekh Muhammad Kasyful Anwar dan Keistimewaan Beliau yang Melegenda
apahabar.com

Sirah

Islam Menyebut Gratifikasi Sama dengan Mengambil Ghulul
apahabar.com

Religi

Syahid di Perang Uhud, Sahabat Ini Dimandikan Malaikat
Rasulullah SAW

Religi

Kisah Rasulullah SAW Mengampuni Terdakwa Hukuman Mati

Sirah

Kejadian Ganjil Saat Pemindahan Jenazah Istri dan Anak Datuk Kelampayan
apahabar.com

Sirah

Syekh Yasin dan Abah Guru Sekumpul Mengetahui Waktu Kewafatan Sendiri
apahabar.com

Religi

Said Agil Munawar Ceritakan Betapa Mudahnya Syekh Yasin Bertemu Rasulullah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com