Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

Inilah Sosok H Yusri, Penulis Al Quran Berukuran Jumbo Asal Kandangan

- Apahabar.com Rabu, 22 Mei 2019 - 06:50 WIB

Inilah Sosok H Yusri, Penulis Al Quran Berukuran Jumbo Asal Kandangan

H Yusri Fauzi memperlihatkan Al Quran berukuran jumbo yang ditulisnya ketika apahabar.com menemuinya di Masjid Al Abrar, Desa Gambah Luar, Kecamatan Kadangan, Kabupaten HSS. Foto-apahabar.com/Ahc01

apahabar.com, KANDANGAN – Di Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS) terdapat Al Quran berukuran jumbo. Uniknya, dibuat dengan tulisan tangan oleh mantan seorang pensiunan guru sekolah negeri, siapakah dia?

Ia adalah H Yusri Fauzi (69), warga Desa Gambah Luar, Kecamatan Kandangan. Rumahnya persis berhadapan dengan Masjid Al Abrar, Jalan A Yani No. 54 RT 01 RW 01.

Mushaf Al Quran jumbo tulisan H Yusri dapat dilihat langsung di Masjid Al Abrar. Ada dua yang telah dibuat kakek kelahiran 13 Maret 1950 ini.

Baca Juga: Syahdunya Suara Imam Tarawih di Masjid At-Taqwa Banjarmasin, Satu Juz Satu Malam

Keduanya tersimpan di etalasi ruang masjid. Tepatnya, di pintu masuk utama mesjid di bagian kiri dan kanan.

apahabar.com

H Yusri Fauzi memperlihatkan Al Quran berukuran jumbo yang ditulisnya ketika apahabar.com menemuinya di Masjid Al Abrar, Desa Gambah Luar, Kecamatan Kadangan, Kabupaten HSS. Foto-apahabar.com/Ahc01

Di bagian pintu utama mesjid sebelah kanan, dapat ditemui karya pertamanya berukuran 60×90 cm.

Sedangkan mushaf Al Quran yang kedua berukuran 80×110 cm, sebelah kiri masjid.

Posisi Al Quran tersebut lembarannya selalu dibuka. Saban hari, jemaah atau pun pengurus masjid di sana selalu menyempatkan diri untuk membacanya.

Bahkan, H Yusri yang merupakan Ketua Masjid Al Abrar selalu membaca Al Quran tersebut sambil merevisi, jika ada tertinggal baris dalam penulisannya.

“Disarankan bagi jemaah minimal satu ayat membaca Al Quran, ketika memasuki Massjid Al Abrar,” kata H Yusri ketika ditemui apahabar.com, Selasa (21/05/2019).

Baca Juga: Ramadan di Negara Minoritas Seperti Jerman, Ini Perlakuan yang Vela Dapat

Sebelumnya Al Quran ini ditempatkan di rumah pribadinya. Namun pada 28 Mei 2019 ini Kabuapten HSS akan jadi tuan rumah Rombongan Ikatan qori/qariah atau Lailatul Qiraah se Kalsel, maka terlebih dulu di pindah ke masjid tersebut.

Selanjutnya Al Quran berukuran jumbo tulisan kedua, akan di pajang di Islamic Center, yang akan dibangun Pemkab HSS mulai tahun ini.

H Yusri mengaku termotivasi membuat Alquran besar yang kedua tersebut setelah pulang dari perjalanan ibadah umrah 2016 lalu.

Terlebih lagi, saat umroh ada banyak hal yang menarik di sekitar Masjid Nabawi, Madinah.

Ada museum Al Quran Madinah dengan banyaknya koleksi Al Quran, namun dicetak pakai mesin. Sehingga makin kuatlah tekat H Yusri Fauzi untuk menulis Al Quran.

“Al Quran jumbo pertama di tulis pada tahun 2015 sampai dengan 2017 dengan ukuran 60×90 cm. Sedangkan Al Quran kedua pada tahun 2017 hingga 2019 dengan ukuran 80×110 cm,” ceritanya.

Baca Juga: Masjid Pusaka Banua Lawas, Simbol Persatuan Muslim-Dayak

Meski sempat mengalami stroke di bagian tubuh sebelah kanan, namun tak menyurutkan niatnya untuk menyelesaikan penulisan sebanyak 30 juz Al Quran tersebut.

Toh, ia masih bisa menulis dengan tangan kiri. Hingga kini pun tangan kanannya masih belum bisa digerakkan dengan sempurna.

“Alhamdulillah diberi kemudahan oleh Allah, disaat tangan kanan tak berfungsi normal,” katanya.

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Besok, Masjid Tertua di Liang Anggang Banjarbaru Tidak Gelar Salat Idul Fitri
apahabar.com

Habar

170 WNA Peserta Ijtima Dunia Zona Asia Dipulangkan
apahabar.com

Habar

Arab Saudi Mulai Terapkan Umrah dengan Kapasitas Lebih Besar
apahabar.com

Habar

Begini Pesan Guru Haderawi untuk Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul ke-14
apahabar.com

Habar

Jelang Ramadan, Grup Mahabbah Tour Ziarah Makam Aulia Allah

Habar

VIDEO: Habib Umar bin Hafidz Peduli Kebakaran di Kalimantan
apahabar.com

Habar

Dihadiri Ribuan Jemaah, UAS: Masyarakat Banjarbaru Religius
apahabar.com

Habar

Pelayanan Haji dan Umrah Tetap Jalan, Kemenag: Hanya Ada Pembatasan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com