apahabar.com
Ilustrasi penjual daging. Foto-net

apahabar.com, SAMARINDA – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim Dadang Sudarya memastikan persediaan daging sapi, ayam pedaging dan telur masih aman.

“Untuk komoditi ternak di Ramadan hingga Idulfitri masih aman. Ketersediaannya melebihi kebutuhan,” kata Dadang Sudarya dikutip apahabar.com dari laman resmi Pemprov Kaltim, Kamis (16/5).

Untuk mengantisipasi kebutuhan daging sapi, Kaltim mendatangkan sapi dari luar Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

“Baru datang sapi dari Australia untuk penggemukan sekitar 1.692 ekor. Ini juga berpotensi menjaga kebutuhan daging sapi sampai Hari Raya Iduladha mendatang,” tandasnya.

Dadang berharap tidak ada gejolak harga karena persediaan sangat cukup. Demikian harga daging diharapkan tidak ada kenaikan yang signifikan.

“Ayam ras pedaging stoknya justru surplus. Jadi tidak perlu khawatir kekurangan selama Ramadan dan Idulfitri,” harapnya.

Bagi pelaku usaha, harap Dadang, kiranya tidak menaikan harga komoditas ternak. Karena stok masih cukup tersedia. Kalaupun ada kenaikan harga itu hanya sentimen pasar namun tetap terkendali.

Dadang Sudarya menambahkan ayam ras pedaging dipenuhi dari lokal yang sampai saat ini masih surplus. Untuk daging sapi masih bisa dipenuhi 27 persen dari lokal. Sisanya didatangkan dari luar. Misalnya sapi dari Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Harga Sejumlah Sembako Meroket di HST

Baca Juga: Pedagang Ayam di Banjarmasin Keluhkan Kenaikan Harga

Baca Juga: Hari Ini TBA Turun, Berikut Pantauan Terbaru Harga Tiket Pesawat dari Banjarmasin

Baca Juga: Ingin Mudik Naik Kapal, Simak Jadwal dan Harga Tiketnya!

Editor: Fariz Fadhillah