Kapolri Bidik Puluhan IUP Diduga Bodong di Kalsel, Dinas ESDM No Comment Breaking News! Gunung Bugis di Kaltim Membara Lagi Jelang MotoGP Jerman 2021, Momen Marc Marquez Meramaikan Barisan Depan Raisya, Gadis Kelua Tabalong yang Hilang Akhirnya Kembali ke Pelukan Keluarga Buka-bukaan, Pj Gubernur Sebut Pajak Kendaraan Bermotor Kalsel Nunggak Hampir Rp1 Triliun

Jelang Mudik Lebaran 2019, BPBD Sebut Tiga Daerah Kalsel Rawan Bencana

- Apahabar.com Kamis, 23 Mei 2019 - 11:44 WIB

Jelang Mudik Lebaran 2019, BPBD Sebut Tiga Daerah Kalsel Rawan Bencana

Ilustrasi gelombang tinggi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel memetakan daerah rawan bencana yang berpotensi menghambat arus mudik lebaran 2019.

Terdapat tiga daerah di Kalsel yang dinilai rawan bencana pada arus mudik lebaran kali ini. Wilayah itu didominasi oleh daerah perairan, diantaranya Kecamatan Sungai Danau Kabupaten Batulicin, Marabahan Kabupaten Barito Kuala, dan Kecamatan Nagara Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Baca Juga: Operasi Ketupat Polda Kalsel Digelar Minggu Depan

“Itu khusus arus mudik transfortasi sungai, karena peralihan musim ini angin cukup deras. Sehingga mengakibatkan gelombang tinggi. Kalau transfortasi darat tak ada masalah,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyuddin kepada apahabar.com, Kamis (23/5) pagi.

Pihaknya telah memberikan informasi terkait cuaca ekstrim di Kalsel, sehingga pemudik bisa memilih sendiri jalur dan transfortasi yang sesuai dengan kondisi cuaca.

“Kita setiap saat telah memberikan informasi peringatan dini terkait dengan cuaca, agar masyarakat bisa memilih jadwal yang tidak beresiko tinggi,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah berkordinasi dengan BPBD kabupaten atau kota se-Kalsel agar terus siap siaga membantu masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung.

Baca Juga: Pekan Ketiga Ramadan, Penumpang Melonjak 700 Orang Per Hari

Kemudian, BPBD Kalsel senantiasa memantau arus mudik lebaran 2019. Dengan ‘mendirikan’ dua buah macam posko lebaran yang terbagi di seluruh Kalsel. Kedua posko itu yakni posko tetap dan posko berjalan. Untuk posko berjalan akan diisi oleh para relawan.

“Kalau jumlah personel yang akan diturun sekitar 130 personel untuk BPBD kabupaten atau kota dan 20 personel dari BPBD Kalsel,” tutupnya.

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Arutmin Gelar Donor Darah di Islamic Center Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Terindikasi HTI, Dua Pemuda Kotabaru Diciduk Polisi
apahabar.com

Kalsel

Jelang Pilkada Tanbu, Abdul Alif Siap Maju dari Jalur Independen
Panasdalam

Kalsel

Santai di Cafe The Panasdalam, Paslon Ibnu-Arifin Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Mawar
apahabar.com

Kalsel

Dua Warung Sakadup Terjaring Razia Satpol PP Banjarbaru

Kalsel

PSU Pilgub Kalsel, Narapidana Tapin Golput!

Kalsel

Sektor Tambang Masih Primadona Tarik Investor Tanam Modal di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pajero Sport Pacu Kinerja Anggota DPRD Kalsel? 
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com