Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Jika Tanbu Jadi Jakarta Baru, Repnas: Kesempatan Pemerataan Ekonomi dan Pembangunan

- Apahabar.com Jumat, 3 Mei 2019 - 14:52 WIB

Jika Tanbu Jadi Jakarta Baru, Repnas: Kesempatan Pemerataan Ekonomi dan Pembangunan

Kabupaten Tanah Bumbu dibidik menjadi Ibu Kota Baru Indonesia. Foto-Tanah Bumbu dalam lensa

apahabar.com, BANJARMASIN – Rencana pemindahan Ibu Kota Republik Indonesia dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) diyakini memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Kalsel.

“Dengan rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Selatan, kita sebagai putera dan puteri daerah sangat menyambut gembira,” ucap Ketua Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Kalimantan Selatan (Kalsel), Nawang Wijayati kepada apahabar.com, Jumat (3/5).

Rencana itu, kata dia, bukan hanya berdampak terhapus kelancaran ekonomi semata. Melainkan, akan terdorong aspek lainnya sepertinya politik, pemerintahan dan sosial budaya.

Di sisi perekonomian, sambung dia, dengan masifnya pembangunan di sektor insfrastruktur, maka akan terjadi pemerataan sampai ke pelosok-pelosok Kalsel. Bahkan, akan menghubungkan akses transportasi darat di regional Kalimantan.

“Sehingga, lapangan dan kesempatan kerja semakin luas pula,” tegas wanita berparas cantik tersebut.

Selama ini, ia menilai pusat bisnis hanya terpusat di Jakarta, sehingga dinilai menutup kesempatan daerah lain untuk berkembang.

Pemindahan itu, tegas dia, bisa menjadi pertimbangan investor asing berhenti menjadikan kantor pusat bisnis di Jakarta. Artinya, daerah lain seperti tiga kandidat Ibu Kota semisal Palangkaraya, Panajam dan Batulicin bisa dilirik oleh investor asing.

Kendati demikian, Nawang meyakini bahwa pemerintah dan rakyat Kalsel akan saling berkerjasama dalam mempromosikan Kalsel kepada pemerintah pusat. Mengingat, dengan kondisi kemajuan perekonomian dan pembangunan di Kalsel saat ini dinilai sebagai wujud kesiapan.

Baca Juga: Sambut Hangat Pemindahan Ibu Kota Indonesia, DPRD Tanbu: Gubernur Sediakan 300 Ribu Hektare Lahan

Baca Juga: Membaca Peluang Kabupaten Tanah Bumbu Menjadi Ibu Kota Negara

Baca Juga: Jokowi Pastikan Ibu Kota Pindah ke Luar Jawa, Nama Tanbu Disebut?

Sebelumnya, tak bertepuk sebelah tangan, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Jumat 3 Mei 2019 diundang Presiden Jokowi ke Jakarta untuk mempresentasikan kelayakan Tanbu menjadi Ibukota RI.

‘’Kamis kita diundang presiden untuk mempresentasikan kesiapan Kalsel menjadi ibukota negara,’’ ucap gubernur yang disapa Paman Birin tersebut.

Sebagai ‘urang banua’ dirinya merasa bangga Kalsel menjadi kandidat ibukota republik ini. Bicara kelayakan, Tanbu menjadi daerah yang disiapkan sebagai pengganti Jakarta.

Tanbu, sebut Paman Birin, wilayah yang baru dan masih mempunyai kawasan tanah yang luas serta masih sangat bisa dikembangkan untuk dijadikan ibukota.

‘’ Tentunya di hadapan presiden kita akan menggambarkan bagaimana kelayakan Tanbu menjadi Ibukota RI. Coba kita lihat di peta, Tanbu berada tepat di tengah- tengah Indonesia,’’ papar Paman Birin.

Lebih lanjut dikemukakannya, dalam sejarah pun, Presiden Soekarno pernah berkunjung ke Tanah Bumbu yang waktu itu masih berada di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Paman Birin tak menampik, kalau nantinya Tanbu terpilih menjadi Ibukota RI, pembangun di Provinsi Kalsel akan maju pesat.

‘’ Tapi yang jelas, Insha Allah Kalsel aman dari berbagai bencana alam, seperti gempa, gunung meletus. Kalsel, Kalian Selamat,’’ demikian Paman Birin.

Baca Juga: Kalimantan Masuk Kajian Ibu Kota Baru

Baca Juga: Usung Ibu Kota Negara Maritim, Kalsel Usulkan Tanah Bumbu

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota, Pengamat Sebut Tanbu Lebih Berpeluang dari Penajam

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Dukung PJJ, Advan Rilis Tablet Murah
apahabar.com

Nasional

Pengakuan Ibu Mendadak Hamil Lalu Melahirkan dalam Hitungan Jam
apahabar.com

Nasional

Gerindra Masuk Kabinet, Jokowi Ingin Demokrasi Gotong Royong
apahabar.com

Nasional

Ditjen PAS: Wawancara Deddy Corbuzier dengan Siti Fadilah Langgar Prosedur
apahabar.com

Nasional

Geger, Mayat Pria Bertato Kepala Kelelawar Tersangkut di Pohon Bakau
apahabar.com

Nasional

Kaltim Ditolak, Ibu Kota RI Lebih Cocok di Kalsel?
apahabar.com

Nasional

Kapolda Sumut: Pembunuhan Hakim di Medan Terencana
apahabar.com

Nasional

Blokir Internet di Papua, Mampukah Meredam Situasi?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com