apahabar.com
Ilustrasi, pesawat terbang. Foto - bisnis.com

apahabar.com, BANJARBARU – Terjadi penurunan jumlah penumpang pesawat pada bulan Mei. Tercatat hanya sekitar 136.496 penumpang pesawat sejak awal Mei hinggal 21 Mei di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru.

“Untuk penumpang bulan Mei sampai dengan tanggal 21 ini, totalnya ada 136.496 sedangkan untuk bulan April sebanyak 331.219,” ujar Communication dan Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor, Aditya Putra kepada apahabar.com, Rabu (22/5/2019) siang.

Jumlah penumpang di pertengahan bulan Mei ini masih belum ada setengahnya dari jumlah penumpang di bulan April yang mencapai 331.219, dan menurun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya di periode tanggal yang sama.

“Di bulan sebelumnya untuk periode tanggal yang sama kita sudah layani 230 ribuan penumpang,” sambung Adityo.

Menurutnya penurunan yang terjadi karena para penumpang memikirkan kembali urgensitasnya untuk bepergian melihat kondisi saat ini.

Kendati demikian, pihaknya telah mempersiapkan untuk rencana penambahan penerbangan yang ada mulai 27 Mei akan datang serta kesiapan posko keamanan pemudik dari 29 Mei sampai 13 Juni atau selama 16 hari.

“Kalau persiapan posko keamanan pemudik dan penambahan penerbangan, sudah kita laksanakan dari minggu lalu dengan koordinasi sama pihak-pihak terkait,” ujar Aditya.

Sebab, sambungnya, masih besar kemungkinan akan terjadi lonjakan jumlah penumpang pada saat arus mudik atau waktu menjelang lebaran.

Baca Juga: Pemuda di Tapin Dibunuh Saat Tertidur Pulas di Musala

Baca Juga: Lebaran Sebentar Lagi, Perajin ‘Parcel’ Kebanjiran Rezeki

Reporter: Ahc06
Editor: Muhammad Bulkini