Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan 13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel

Kalteng Berbenah untuk Hadapi Rencana Pemindahan Ibu Kota

- Apahabar.com Kamis, 9 Mei 2019 - 17:22 WIB

Kalteng Berbenah untuk Hadapi Rencana Pemindahan Ibu Kota

Presiden RI Jokowi (kedua kiri) didampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kedua kanan) meninjau Bukit Nyuling, Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Rabu, (8/5/2019). Foto – Antara/Istimewa

apahabar.com, PALANGKARAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan melakukan sejumlah pembenahan terkait dengan berbagai kebutuhan pembangunan untuk menghadapi rencana pemindahan ibu kota negara oleh pemerintah pusat.

“Kami akan melakukan rapat bersama organisasi perangkat daerah (OPD), untuk merumuskan berbagai keperluan yang dibutuhkan terkait rencana pemindahan ibu kota yang baru,” kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangkaraya, dilansir Antara, Kamis (9/5/2019).

Baca Juga: Bappenas Pastikan Pemindahan Ibu Kota Masuk RPJMN 2020-2024

Penyiapan infrastruktur menjadi salah satu fokus pemerintah daerah, namun semua keperluan itu berproses menyesuaikan perkembangan situasi seiring dengan berjalan waktu.

Berbagai kebutuhan itu pun, kata dia, nantinya akan disampaikan kepada pemerintah pusat, terlebih saat ini belum ada keputusan yang menyatakan Kalteng dipilih sebagai lokasi ibu kota yang baru.

Bahkan, setelah Presiden Jokowi bersama tim melakukan peninjauan sekaligus penilaian di Kalteng dan Kaltim, masih ada daerah lainnya yang bakal didatangi dan ditinjau.

“Namun kami tentu akan terus bekerja dan menginventarisir berbagai keperluan di Kalteng sebagai dukungan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat,” kata dia kepada awak media.

Fahrizal menyebut sejumlah hal yang bakal pihaknya benahi, adalah akses transportasi yang dimiliki Kalteng, khususnya jalur udara dan laut.

Saat ini, Kalteng memiliki sejumlah bandara dan pelabuhan yang berada di kabupaten berbeda.

Sebanyak tiga bandara yang menyediakan penerbangan ke berbagai daerah ke luar Kalteng, seperti Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Bandara Haji Asan Sampit, serta Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

Selain itu, tiga pelabuhan yang menyediakan pelayaran ke luar Kalteng, khususnya menuju beberapa daerah di Pulau Jawa, seperti Pelabuhan Sampit, Kumai, serta Bahaur Pulang Pisau.

“Semuanya perlu pembenahan, salah satu yang utama yakni aktivitas penumpang dan barang agar terus ditingkatkan seiring berjalannya waktu,” kata Fahrizal.

Terkait dengan alokasi kawasan hutan ataupun lahan, kata dia, tentu juga akan disesuaikan dengan mengacu aturan yang berlaku sehingga jika benar dipilih sebagai ibu kota yang baru, pembangunan infrastruktur bisa dilakukan dan berjalan lancar.

Baca Juga: Pindah Ibu Kota Negara, Jokowi: Gunung Mas Kalteng Penuhi Syarat Luas Lahan

Editor: Aprianoor

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pengamat: Jokowi Bisa Tolak Pembahasan Revisi UU KPK
apahabar.com

Nasional

Gali Lubang Buat Kabur, Napi Cina Lapas Tangerang Jadi Buruan Tim Khusus
apahabar.com

Kalsel

Gang Banjar, Eks Pengasingan Ratu Zaleha di Bogor Dibeli Saudagar Banjarmasin
apahabar.com

Nasional

Muhammadiyah Berbelasungkawa atas Wafatnya Guru Zuhdi
apahabar.com

Nasional

Polda Jatim Tetapkan Veronica Tersangka Hoaks Asrama Mahasiswa Papua
apahabar.com

Nasional

Diduga Terlibat Jaringan Teroris, Polisi Amankan Seorang Wanita di Binjai
apahabar.com

Nasional

Pertemuan Jokowi-Prabowo di MRT Dinilai Bawa Dampak Positif
apahabar.com

Nasional

Jokowi Sambangi Kalsel, Fazlur Rahman: Bentuk Perhatian Terhadap Banua
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com