Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

Kandangan Barat dan Gambah Luar  Wakili HSS Lomba Tingkat Provinsi

- Apahabar.com Rabu, 22 Mei 2019 - 16:53 WIB

Kandangan Barat dan Gambah Luar  Wakili HSS Lomba Tingkat Provinsi

Tim penilai yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel Drs.Zulkipli,MP saat menilai Kelurah Kandangan Barat didampingi Wabup HSS, Foto-Syamsuri Arsyad

apahabar.com, KANDANGAN –Kelurahan Kandangan Barat dan Desa Gambah Luar Muka terpilih mewakili Kabupaten HSS mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Kalsel 2019.

Tim penilai yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel, Drs Zulkipli memutuskan Kelurahan Kandangan Barat dan Desa Gambah untuk mewakili HSS.

Dihadapan tim penilai, Lurah Kandangan Barat, Hj Nordiana menyatakan kesiapan pihaknya mengikuti lomba tingkat provinsi tahun ini.

Dikemukkakannya, jumlah penduduk Kandangan Barat saat ini 5.173 jiwa, terdiri 2.557 laki-laki 2.616 wanita. Sementara jumlah Kepala Keluarga (KK) tercatat 1.736.  Kelurahan Kandangan Barat wilayahnya terbagi menjadi 5 RW dan 14 RT.

Baca Juga: Pemkab HSS Peringati Nuzulul Quran dengan Khataman Alquran

“Salah satu terobosan atau inovasi dalam segi pemerintahan adalah dengan adanya aplikasi “apakabar”. Ini bentuk pelayanan cepat secara online kepada masyarakat. Segala bentuk pelayanan administrasi cukup memasukkan nomor KK, maka surat yang dinginkan bisa dibuat dalam hitungan menit, misalnya seperti akta kematian,” tambahnya.

Lebih jauh dikatakannya, Kandangan Barat merupakan kelurahan yang berani membuat komitmen sebagai kampung bebas rentenir.

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad atas nama bupati mengharapkan

agar apa yang kurang dalam penilaian diperbaiki.

“Ajang evaluasi desa dan kelurahan seperti ini sangat baik untuk memacu perkembangan masyarakat. Menjadikan tumbuh kembangnya prakarsa untuk membangun desa dan kelurahan dari kalangan bawah,” paparnya.

Ketua Tim Penilai, Drs. Zulkifli, MP mengapresiasi apa yang telah dipaparkan Lurah Kandangan Kota dan juga Wakil Bupati HSS. Menurutnya mereka berusaha bekerja dan menilai secara profesional.

“Banyak sekali keunggulan dan potensi kelurahan ini yang layak untuk menjadi nilai tambah. Dan itu nanti akan menjadi penilaian tersendiri bagi kami,” katanya.

Yang jelas ada tiga kriteria dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 yang akan menjadi fokus penilaian. Pertama masalah pemerintahan, yang kedua tentang kewilayahan dan yang ketiga pemberdayaan masyarakat.

Disampaikannya, bahwa sejak zaman orde baru sudah dilaksanakan lomba desa. Namun sejak 2015 sedikit ada perbedaan menjadi evaluasi perkembangan yang terdiri dari progres dari desa-desa yang ada di seluruh Indonesia termasuk kelurahan.

Baca Juga: Bupati HSS: Terimakasih Pemilu yang Aman dan Damai di HSS

Reporter: AHC01
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com/

HSS

Pemkab HSS Bantah RSUD Daha Sejahtera Turun Kelas
apahabar.com

HSS

Simak Pesan Bupati Fikry untuk Dewan Hakim MTQ Ke-47 HSS
apahabar.com

HSS

Sambut Penilaian Adipura, Fikry Minta Warga HSS Jaga Kebersihan
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Gelar Ramah Tamah Bersama Tim Penilai Asman Toga
Loksado

HSS

Jelang Natal dan Tahun Baru, Loksado Diprediksi Dibanjiri Wisatawan
apahabar,com

HSS

Wabup: HSS Siap Pertahankan Opini WTP
apahabar.com

HSS

Tim Penilai Provinsi Verifikasi Desa Amawang Kiri Muka
apahabar.com

HSS

Enam Poin yang Ditekankan Bupati kepada ASN HSS, Begini Tanggapan Warga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com