Kebakaran Gang Nuri, Asrama Anak Yatim Ikut Ludes Terbakar BREAKING! Api Kembali Berkobar di Gang Nuri Banjarmasin Fakta Sejarah Jembatan Barito: Sempat Ingin Diberi Nama Soeharto hingga Terpanjang di Asia Tenggara Menang Dua Game, Ganda Putra Indonesia Marcus/Kevin Gilas Pasangan Inggris Raya JANGAN PANIK! Banjarbaru Resmi Terapkan PPKM Level IV 26 Juli

Kementerian Sosial Calonkan Bupati HSS Menerima Penghargaan Nasional

- Apahabar.com     Kamis, 9 Mei 2019 - 16:24 WITA

Kementerian Sosial Calonkan Bupati HSS Menerima Penghargaan Nasional

Bupati Fikry saat berfoto bersama tim verifikasi Kemensos RI. Foto-AHC 01/apahabar.com

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati H Achmad Fikry dicalonkan sebagai penerima penghargaan kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia) dari Kementerian Sosial RI, untuk ketegori perseorangan atau tokoh nasional.

Bupati Drs H Achmad Fikry menyambut kedatangan Tim Verifikasi calon penerima penghargaan kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia) dari Kementerian Sosial RI, di Aula Rakat Mufakat Setda HSS pada Kamis (9/5/2019).

Ketua Tim Afrinaldi, mengatakan ada empat kategori penghargaan yang dinominasikan tahun ini secara nasional, yakni perseorangan, kelompok, keluarga dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Lansia.

“Untuk kategori perseorangan, baik untuk tokoh masyarakat ataupun tokoh nasional, nasional dalam artian para pimpinan daerah yang memiliki komitmen dalam upaya mensejahterakan para Lansia di wilayahnya,” katanya.

Dijelaskan Afrinaldi, beserta tim lainnya akan melakukan peninjauan secara langsung di lapangan untuk verifikasi atau penilaian. Mereka tidak hanya menerima informasi dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) saja, tapi juga akan mendatangi beberapa pihak untuk mendapatkan penjelasan.

Menurut Afrinaldi, usulan calon penerima penghargaan diterima pihaknya sesuai dengan skoring yang diberikan pihak provinsi. Salah satu yang terpilih dinominasikan adalah Bupati HSS. Verifikasi langsung yang dilakukan nantinya untuk menjamin objektivitas penilaian terhadap upaya-upaya yang dilakukan selama ini dan bermuara pada mensejahterakan Lansia.

Bupati HSS Achmad Fikry, dihadapan tim verifikasi menyampaikan beragam kemajuan telah diraih di Kabupaten HSS dalam lima tahun terakhir.

“Angka harapan hidup yang meningkat menjadi 68 tahun begitu pun angka kemiskinan terus menurun hingga terakhir 5,8, tentu ini tak terlepas dari intervensi dari pemerintah daerah,” katanya.

Raihan kemajuan dan beragam penghargaan daerah ini bukan segala-galanya yang ingin dicapai, tetapi berkorelasi dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk para Lansia dengan memberikan jaminan pangan, papan, dan kesehatan mereka.

Para Lansia yang mendapatkan bantuan dari pemerintahan adalah mereka yang tidak mampu atau miskin. Di antara bantuannya adalah Pemkab HSS menggratiskan beras sejahtera.

Bantuan Papan berupa bantuan rumah sejahtera dengan tujuan memberikan tempat tinggal yang layak dan sehat. Yakni, terpenuhi hingga adanya WC di rumah tersebut.

Sedangkan untuk kesehatan para Lansia mendapatkan prioritas layanan kesehatan di fasilitas kesehatan dari tingkat desa hingga RSUD H Hasan Basry, Kandangan.

Mereka para lansia boleh mendapatkan pengobatan dari fasilitas kesehatan walaupun kartu BPJS mereka belum selesai dibuat.

“Selain terpenuhinya ketiga kebutuhan dasar tadi juga terpentingnya ada perhatian dan kasih sayang untuk mereka,” katanya.

Di Kabupaten HSS saat ini terdata ada 1.980 jiwa Lansia yang mendapatkan bantuan Jaminan Hidup (Jadup) senilai Rp225 ribu per jiwa setiap bulan, yang disalurkan secara tunai. Pada tahun 2019, Jadup akan dikembangkan dalam program Kartu Jaminan Hidup (KJH) Lansia.

sementara itu, Bagi lansia yang masih produktif diberikan bantuan Usaha Ekonomi Produktif sehingga mereka bisa mengembangkan usaha dan perekonomian keluarga masing-masing.

Baca Juga: Bupati HSS Gagas Program Ibu Asuh Lansia

Baca Juga: Naik Bus Air ke Desa Tanjung Selor, Bupati HSS Pastikan Jalan Batang Alai ke…

Reporter: AHC 01
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pejuang Medis Batola Digoyang Isu Insentif Rp5 Juta
Mahkamah Konstitusi

Kalsel

Rapat Pleno Terbuka Pilgub Kalsel, 7 Daerah Telah Paparkan Hasil Rekapitulasi
apahabar.com

Kalsel

Ngumpul Perdana, Kompasianer Banua Rencanakan Tulis Buku
apahabar.com

Kalsel

Abaikan LPPDK, Caleg Terpilih Terancam Tidak Bisa Dilantik
apahabar.com

Kalsel

Terungkap, Dua Alasan Anggota DPRD Kalsel Pengen ke Eropa
apahabar.com

Kalsel

Walhi Turut Pertanyakan Kualitas Sumur Bor Gambut Kalsel yang Rusak
Infografis Cuaca. Foto-Istimewa

Kalsel

Siang ini, BMKG Prakirakan 4 Wilayah Kalsel Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir
PDBI

Kalsel

Jumat Berbagi, PDBI Tanbu Bagikan Makanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com