Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

KLHK: Tata Kelola Hutan di Kalteng Tak Hambat Pembangunan

- Apahabar.com Kamis, 9 Mei 2019 - 08:30 WIB

KLHK: Tata Kelola Hutan di Kalteng Tak Hambat Pembangunan

Menteri LHK RI Siti Nurbaya. Foto – Antara/Muhammad Arif Hidayat

apahabar.com, PULANG PISAU – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengklaim, tata kelola hutan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sama sekali tidak menghambat pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Harusnya tidak ada masalah karena pada dasarnya ada batasan kewenangan pada masing-masing pihak,” kata Menteri LHK RI Siti Nurbaya di Pulang Pisau, seperti dilansir Antara, Rabu (8/5/2019).

Hal itu ia sampaikan kepada media, usai melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi yang ada di Pulang Pisau, seperti hutan rakyat yang berada di Desa Buntoi serta perusahaan bidang perkayuan di wilayah setempat.

Baca Juga: Sejak Awal Ramadan, Lapas Kelas II B Muara Teweh Gelar Pesantren Kilat

Kebijakan menetapkan dan mengalokasikan suatu kawasan hutan untuk kepentingan apa saja dalam pembangunan, merupakan kewenangan dari pemerintah pusat, dalam hal ini adalah KLHK.

“Jadi tinggal diberitahukan saja kepada kami apa saja yang menjadi persoalan ataupun masalah di lapangan, sehingga dapat segera dicarikan jalan keluar untuk menyelesaikannya,” jelasnya.

Siti menegaskan, kalau berbagai kendala yang dihadapi Pemprov Kalteng terkait kawasan hutan dan pembangunan di daerah, hanyalah akumulasi dari masalah-masalah terdahulu yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian.

Semua hal yang berkaitan dengan tata kelola hutan serta peruntukannya tidak ada masalah. Apalagi bagi KLHK kepentingan publik atau masyarakat akan selalu diprioritaskan dalam setiap permasalahan.

“Intinya tinggal koordinasi saja dan lakukan komunikasi yang baik, khususnya antara pemerintah daerah dengan kami. Jika semuanya disampaikan secara jelas, maka akan ada solusi yang didapatkan,” ungkap Siti.

Setiap permasalahan yang ditemui di lapangan tentu dapat diselesaikan, melalui pembahasan bersama dengan melibatkan semua pihak terkait.

Pada kunjungan kerja tersebut, Siti Nurbaya didampingi oleh Dirjen Perhutanan Sosial, Dirjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan beberapa lainnya. Juga disambut secara langsung oleh Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo beserta jajaran.

Baca Juga: Paduan Suara di Istana, 4 Siswa Asal Barut Wakili Kalteng

Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Rumah Mendadak Ambruk di Mantuil, Pemilik Tunggang Langgang
apahabar.com

Kalsel

Edarkan Sabu, Pria di HSU Diringkus Polisi
apahabar.com

Kalsel

Ikan Laut Berformalin Beredar Di Pasar Tradisional
apahabar.com

Kalsel

Cegah Kekerasan di Banjarmasin, Paris Barantai Bermitra dengan Polisi
apahabar.com

Borneo

Jasad Tanpa Kepala Terindikasi Korban Pembunuhan
apahabar.com

Kalsel

Kemenkumham Kalsel Bekali Pemahaman Peran Notaris
apahabar.com

Kalsel

Tala Mampu Jadi Produsen Bawang Merah
apahabar.com

Kalsel

Milenial Berbicara, BEM ULM Gandeng Kominfo Gelar Seminar ‘Ambiguitas New Normal’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com