UPDATE Laka Maut Tewaskan Ibu-Bayi di Bati-Bati Tanah Laut, Berakhir Damai Pengamanan Berlapis Kawal Rekapitulasi PSU Kalsel Tingkat Provinsi Kapolri Bidik Puluhan IUP Diduga Bodong di Kalsel, Dinas ESDM No Comment Breaking News! Gunung Bugis di Kaltim Membara Lagi Jelang MotoGP Jerman 2021, Momen Marc Marquez Meramaikan Barisan Depan

Kominfo Minta Warganet Tidak Sebarkan Ujaran Kebencian

- Apahabar.com Rabu, 22 Mei 2019 - 14:29 WIB

Kominfo Minta Warganet Tidak Sebarkan Ujaran Kebencian

Ilustrasi ujaran kebencian atau hate speech. Foto-theindonesianinstitute.com

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta masyarakat Indonesia tidak menyebarkan konten yang memuat aksi kekerasan dan ujaran kebencian atau hate speech menyusul aksi massa yang terjadi hari ini.

“Dampak penyebaran konten berupa foto, gambar atau video yang dapat memberi oksigen bagi tujuan aksi kekerasan, yaitu membuat ketakutan di tengah masyarakat,” demikian pernyataan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, seperti dilansir Antara, Rabu (22/5/2019)

Kominfo mengimbau warganet yang mendapatkan konten kekerasan atau ujaran kebencian untuk segera menghapusnya dan tidak menyebarluaskan konten tersebut, apalagi membuatnya viral, dalam media apa pun.

Berdasarkan temuan Kominfo, konten yang ditemukan berkaitan dengan aksi 22 Mei berupa video aksi kekerasan, kerusuhan hingga hoax video lama yang diberi narasi baru.

“Kominfo mengimbau semua pihak terutama warganet untuk menyebarkan informasi yang menyebarkan kedamaian serta menghindari penyebaran konten atau informasi yang bisa membuat ketakutan pada masyarakat atau pun berisi provokasi dan ujaran kebencian kepada siapa pun”.

Konten video yang mengandung aksi kekerasan, hasutan yang provokatif serta ujaran kebencian mengandung SARA tergolong konten yang melanggar UU ITE.

Jika mendapatkan konten-konten yang mengandung kekerasan dan ujaran kebencian, warganet dapat melapor ke akun Twitter resmi @aduankonten dan situs aduankonten.id.

Baca Juga: Moeldoko: Ada Kelompok Pendompleng Ingin Perkeruh Situasi

Baca Juga: Kronologis Unjuk Rasa Bawaslu Berujung Ricuh Versi Polri

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Miras

Nasional

Jokowi Legalkan Investasi Miras, MUI Tegaskan Haram!
apahabar.com

Nasional

Negatif Covid-19, 4 Pasien PDP RSUD Ulin Akan Dipulangkan
apahabar.com

Nasional

Jadi Komisaris Garuda, Yenny Wahid : Ini Bukan Soal Politik

Nasional

Syarat dan Formasi Pelamar CPNS di Kemenkumham RI Tahun Ini
apahabar.com

Nasional

Diduga Sopir Mabuk, Mobil BMW Tabrak Apotek

Nasional

Malam Ini, Puncak Hujan Meteor Geminid
apahabar.com

Nasional

Ahok Bentuk Satgas TPPI Bongkar Mafia Migas di Pertamina, Pengamat Anggap Blunder
apahabar.com

Nasional

Kampanye Hitam di Karawang Bisa Pecah Belah Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com