3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

KPK: 685 Caleg Terpilih Telah Sampaikan LHKPN

- Apahabar.com Selasa, 28 Mei 2019 - 12:03 WIB

KPK: 685 Caleg Terpilih Telah Sampaikan LHKPN

Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto – Antara/Benardy Ferdiansyah

apahabar.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan terdapat 685 calon anggota legislatif terpilih yang telah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sejak 22-27 Mei 2019.

“Sejak meja pelayanan tambahan untuk penyampaian LHKPN dibuka KPK di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi sejak 22-27 Mei 2019 terdapat 685 tamu yang datang untuk melaporkan LHKPN calon anggota legislatif terpilih,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa (28/5/2019).

Lebih lanjut, Febri menyatakan bahwa sebagian besar pelapor harta kekayaan itu sudah lengkap dan kemudian KPK menerbitkan tanda terima LHKPN.

“Namun, terdapat beberapa pelapor yang belum melengkapi surat kuasa sehingga tanda terima akan diterbitkan setelah semua syarat tersebut lengkap,” ucap Febri.

Mengacu pada Peraturan KPU, lanjut Febri, maka tanda terima tersebut yang akan disampaikan pada KPU paling lambat tujuh hari setelah diterbitkannya keputusan KPU tentang penetapan calon terpilih anggota DPR, DPD, dan DPRD.

“Layanan ini masih akan dilakukan sampai 29 Mei 2019 ini di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi. Jadi, dipersilahkan bagi para caleg terpilih untuk melaporkan kekayaannya,” kata Febri.

KPK pun, kata dia, juga telah mendapatkan surat dari KPU terkait tanda terima penyampaian LHKPN.

Pada pokoknya, KPU telah mengingatkan pada seluruh jajaran KPU Provinsi, Kabupaten, dan Kota di seluruh Indonesia agar tanda terima penyampaian LHKPN yang diakui untuk proses lebih lanjut adalah tanda terima yang dikeluarkan KPK sejak 20 September 2018, yaitu sejak saat Daftar Calon Tetap (DCT) diterbitkan KPU.

“Sehingga, jika calon anggota legislatif telah menyampaikan LHKPN sebagai caleg dan mendapatkan tanda terima sejak 20 September 2018, maka tanda terima tersebut dapat digunakan untuk disampaikan pada KPU paling lambat nanti setelah KPU menerbitkan penetapan caleg terpilih,” ujar Febri.

Ia menyatakan bahwa total keseluruhan caleg yang telah menyampaikan LHKPN sejak KPU menetapkan DCT sampai Senin (27/5) terdapat 35.506 caleg yang sudah lapor.

“Sekitar 74 persen diantaranya telah diberikan tanda terima LHKPN, yaitu sebanyak 26.342 orang caleg dan sisanya sedang dalam proses,” ujar Febri.

Baca Juga: Agar Bisa Dilantik, KPK Imbau Caleg Terpilih Segera Setor LHKPN

Baca Juga: KPK: 400-an Anggota DPR Belum Serahkan LHKPN

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Kisah ‘Driver Cantik’ asal Banjarmasin, Godaan Pria Hidung Belang hingga Preman
apahabar.com

Hukum

Tersangka Penyebar Ujaran Kebencian di Palangkaraya Mengaku Tersiksa
apahabar.com

Hukum

Korban Pria Berkelainan Seks di Seruyan Diduga Tak Hanya Anak SD
apahabar.com

Hukum

Zumi Zola Resmi Jadi Penghuni Lapas Sukamiskin
apahabar.com

Hukum

Kahar Muzakir Dipanggil KPK, Jadi Saksi Suap Taufik Kurniawan
apahabar.com

Hukum

Simpan Sabu, Warga Kelua Diciduk Satres Narkoba Polres Tabalong
apahabar.com

Hukum

Pegawai Starbucks, Pengintip Payudara Pelanggan Ditangkap
apahabar.com

Hukum

Jasa Raharja: Kecelakaan Tunggal Tidak Dapat Asuransi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com