Viral Korban Banjir Kalsel Lahirkan di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel

Mahasiswa Uniska Gelar Aksi Peringati Jumat Kelabu 23 Mei 1997

- Apahabar.com Kamis, 23 Mei 2019 - 16:37 WIB

Mahasiswa Uniska Gelar Aksi Peringati Jumat Kelabu 23 Mei 1997

Mahasiswa Uniska menggelar aksi di perempatan Jalam Lambung Mangkurat depan Hotel A Banjarmasin, Kamis (23/05/2019). Foto-apahabar.com/Baha

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Sanggar Titian Barantai (STB) Uniska Banjarmasin menggelar aksi memperingati Tragedi Jumat Kelabu di depan Mitra Plaza Banjarmasin, tepat pada 23 Mei 2019.

Istilah Jumat Kelabu merujuk insiden kerusuhan yang meletus tanggal 23 Mei 1997 silam. Kala itu, terjadi hura-hara massal ketika momen politik Pemilu 1997.

Dua kubu massa dari Golkar dan PPP di Kota Banjarmasin saling bentrok, yang memicu aksi penjarahan dan vandalisme.

Sebagian bangunan perkantoran dan pertokoan juga dirusak massa. Bangunan Hotel A di Jalan Lambung Mangkurat salah satu saksi bisu pusat kericuhan 23 Mei 1997.

Menurut Ketua Umum STB Uniska, Taufik Kurahman aksi ini untuk menunjukan kepada masyarakat jangan melupakan sejarah kelam yang terjadi.

“Tragedi ini sangat membuat terenyuh. Kami ingin mengingatkan jangan sampai aksi ini tidak terulang kedua kalinya dan seterusnya,” katanya saat orasi disimpang empat kawasan Hotel A Banjarmasin.

Tak hanya orasi, organisasi yang bergerak dalam bidang seni rupa ini juga menghelat serangkaian aksi teaterikal untuk menolak lupa terhadap politik yang bisa membawa korban manusia.

Puluhan mahasiswa memperagakan dirinya menjadi korban insiden yang memecah persatuan bangsa. Dari pergelaran seni, ia ingin mendorong publik untuk menjaga persatuan meski berbeda pandangan politik.

“Aksi menolak lupa tragedi Jumat Kelabu ini untuk mengingat kepada warga bahwa puluhan tahun silam di Banjarmasin pernah terjadi tragedi yang sangat memilukan,” ungkapnya.

Namun saat ditanya apakah aksi ini berhubungan dengan people power di Jakarta?

Ia menegaskan bahwa tidak ada sangkut pautnya pada aksi yang dialamatkan kepada Kantor Bawaslu itu. Meskipun jenjang waktu antara aksi di Jakarta dan Jumat Kelabu sangat berdekatan.

“Saya tegaskan bahwa tidak ada hubungannya selama ini. Namun kami juga konsisten menyuarakan rekonsiliasi pasca pemilu dan pra pemilu,” pungkasnya.

Usai melaksanakan aksi disalah titik keramaian, mahasiswa ini melanjutkan dengan long match menuju bundaran Keluarga Berencana (KB) kawasan rumah Dinas Gubernur Kalsel.

Baca Juga: Saking Cepatnya, Kemenpan-RB Puji Kinerja Pemkot Banjarmasin

Baca Juga: Pemerintah Kota Diminta Lebih Perhatikan Nasib Anak Jalanan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bantu Cegah Covid-19, Dewan Tapin Pangkas Anggaran Senilai Rp2 Miliar
Beliung

Kalsel

Tak Hanya TPS, Puting Beliung Juga Rusak Rumah Warga di Tala
apahabar.com

Kalsel

Kapolda Kalsel Jamin Keamanan Pemilu 2019
apahabar.com

Kalsel

GeSeDuri BPJS Kesehatan Barabai, Jumat Berkah Bagi Pengayuh Becak di HST
apahabar.com

Kalsel

Hari ini, Masjid Jami Banjarmasin Mulai Laksanakan Salat Jumat
apahabar.com

Kalsel

Cegah Covid-19, Lanal Kotabaru Gaungkan Program Nelayan Tangguh
apahabar.com

Kalsel

Begini Alasan Pemko Banjarmasin Tidak Usulkan Pengangkatan PPPK
apahabar.com

Kalsel

Bandara Syamsuddin Noor; Sempat Hancur Terkena Bom
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com