Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Ngaku Mati Demi Gaji, Guru SDN Ini Terancam Penjara 20 Tahun

- Apahabar.com Sabtu, 18 Mei 2019 - 08:00 WIB

Ngaku Mati Demi Gaji, Guru SDN Ini Terancam Penjara 20 Tahun

ilustrasi. Foto-detikcom

apahabar.com, Medan –  Akibat melakukan pengelabuan statusnya, Demsaria Simbolon, seorang Guru SDN di Binjai Utara, Sumatera Utara ini terancam mendekam di penjara selama 20 tahun.

Seperti diberitakan detikcom yang mengutip dari berkas dakwaan jaksa PN Medan pada Jumat (17/5/2019), kasus bermula saat Demsaria bolos mengajar sejak 2010. Tidak lama kemudian, Sang Suami, Adesman Sagala mendatangi PT Taspen Persero Cabang Utama Medandi Jl H Adam Malik Nomor 64, Medan.

Baca Juga: Polres Tapin Sita 160 butir ‘Buhaya Kuning’

Di kantor tersebut, Adesman mengajukan klaim pembayaran asuransi atas kematian istrinya (Demsaria). Padahal, istrinya tidak meninggal dunia. Untuk meyakinkan pihak asuransi, Adesman melampirkan surat-surat yang telah direkayasa sedemikian rupa. Akhirnya, pihak asuransi mengabulkan permohonan itu dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp62 juta.

Di sisi lain, Demsaria juga masih mendapatkan gaji dari kurun 2011-2018. Total Jumlah seluruh gaji yang diterima sebesar Rp435 juta.

Belakangan, aparat mencium keberadaan Demsaria dan menciduknya. Dia didudukkan di kursi terdakwa Pengadilan Tipikor Medan.

“Perbuatan Terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana melanggar Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” dakwa jaksa.

Lalu berapa ancaman hukumannya? Tidak tanggung-tanggung, 20 tahun penjara. Pasal dimaksud selengkapnya berbunyi:

Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana penjara dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Baca Juga: Dari Banjarmasin, Buruh Lepas Tertangkap Bawa 1,2 Kg Sabu di Balangan

 Editor: Muhammad Bulkini

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Ops Sikat Intan 2019, Polresta Banjarmasin Bongkar Puluhan Kejahatan Konvensional
apahabar.com

Hukum

Manuver di Laut, Bukti China Konsisten Abaikan Hukum Internasional
apahabar.com

Hukum

Saringan Tinja Tak Optimal, Bau Korupsi Menyeruak di IPLT Barabai

Hukum

Oknum Pejabat Diduga Cabuli Siswa, Polres Banjarbaru Diminta Transparan
apahabar.com

Hukum

Simpan 5 Paket Sabu, Pria di Sungai Miai Ditangkap Polisi
apahabar.com

Hukum

Tangani 73 SPDP, Kejari Banjarmasin Sorot Kasus Habib Tato
apahabar.com

Hukum

Siang Ini KPK Umumkan Status Rommy Cs
apahabar.com

Hukum

3 Budak Sabu di HST Diringkus John Lee CS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com