Ini 5 Strategi Indef Selamatkan Perekonomian Indonesia di Tengah Ketidakpastian Global Pembelaan Lengkap Wahid: Minta Bebas hingga Tak Sita Semua Hartanya Hotel Aria Barito dan Armani: Fasilitas Berbintang Alat Damkar Kelas Melati IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk Salut.. AKBP Afeb Dkk Inisiasi Darul Qur’an di Sungai Jingah
agustus

Paket Pangan Sambut Ramadan Sapa Matasiri

- Apahabar.com     Rabu, 15 Mei 2019 - 13:36 WITA

Paket Pangan Sambut Ramadan Sapa Matasiri

Bantuan kemanusiaan berupa bahan pangan, air bersih dan terpal diserahkan kepada 500 warga terdampak di Dusun 1 Babalembang Desa Teluk Sungai (Matasiri) RT 05 Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru. Foto-ACT for apahabar.com

apahabar.com, KOTABARU – Bencana tanah longsor yang terjadi di Pulau Matasiri hampir tiga pekan yang lalu rupanya menyayat hati Ruslan, salah seorang warga.

“Kami merasa sangat terpukul karena sebelum-sebelumnya tidak pernah terjadi bencana seperti ini. Rumah kami hancur, kini kami hidup di posko,” ujar lelaki 38 tahun itu haru.

Ruslan dan warga Pulau Matasiri lainnya memang tak menyangka jika hujan deras yang hingga berjam-jam mengguyur itu berujung nestapa. Dua warga menjadi korban dan 12 rumah rusak akibat timbunan tanah dari atas gunung.

Menyikapi musibah tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalsel dan Relawan Komunitas Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Lambung Mangkurat (ENJ – ULM) mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Pulau Matasiri, Kamis (9/5) lalu.

Untuk mencapai Pulau Matasiri, tim membutuhkan waktu yang cukup panjang. Perjalanan darat dari Kota Banjarmasin ke Kabupaten Kotabaru ditempuh sejauh 250 km. Dari Kotabaru, dilakukan perjalanan laut selama sekitar 14 jam.

“Kami sempat bermalam dulu di Kotabaru karena harus menunggu pemberangkatan Kapal Perintis. Alhamdulillah tim yang berangkat tidak mengalami kendala apapun,” ujar Roni Wahdi, perwakilan MRI Kalsel.

Bantuan kemanusiaan berupa bahan pangan, air bersih dan terpal itu diserahkan kepada 500 warga terdampak di Dusun 1 Babalembang Desa Teluk Sungai (Matasiri) RT 05 Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru.

“Ada sebanyak 500 jiwa yang sampai saat ini masih mengungsi,” imbuh Roni.

Kedatangan tim relawan itu rupanya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini bisa mengurangi sedikit beban kami, dan kami berterima kasih karena dengan kedatangan adik-adik ini kami merasa sangat dipedulikan,” tutur Herman, salah satu korban dari tragedi longsor.

Berulang kali ucapan terima kasih keluar dari mulut lelaki 35 tahun itu. Kebahagiaan Ramadan telah menyapa Pulau Matasiri, sebuah pulau terluar dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Ratusan warga yang mengandalkan profesi nelayan telah menetap di sana selama bertahun-tahun. ACT Kalsel berikhtiar akan menghadirkan kebahagiaan lebaran juga nanti. Hal ini disampaikan Plt Kacab ACT Kalsel Zainal Arifin.

“Amanah kepedulian untuk korban longsor di Pulau Matasiri insyaallah akan kami sampaikan menjelang lebaran nanti dengan mengirimkan kembali bantuan kemanusiaan ke sana. Sekarang kami masih membuka keran kebaikan bagi para dermawan yang ingin bergabung dalam program kami tersebut,” pungkas Zainal.

Baca Juga: Semarakan Ramadan, ACT Kembali Hadirkan Melly Goeslaw di Banjarmasin

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Nasihat Imam Syafi’i untuk Guru Anak Amirul Mukminin
apahabar.com

Tak Berkategori

Lima Anggota DPRD Gugat Gubernur Kaltim
apahabar.com

Tak Berkategori

Catatan Perjuangan Great March of Return di Jumat Ke-46

Tak Berkategori

Tumpukan Sampah di Sungai Martapura, Pengemudi Perahu Siap Turun Tangan
apahabar.com

Tak Berkategori

KH Ma’ruf Amin Percaya Guru Sekumpul Wali Allah
apahabar.com

Tak Berkategori

Imbas Perlambatan Ekonomi AS, Rupiah Kembali Menguat 22 Poin

Tak Berkategori

Bursa Saham Regional Asia Tertekan, IHSG Ditutup Melemah
Vaksin Covid-19

Tak Berkategori

Tiba di Tabalong, Ribuan Vaksin Covid-19 Tahap III Disuntikkan Mulai Besok
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com