Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Partisipasi Pemilih di Kalsel Meningkat

- Apahabar.com Jumat, 10 Mei 2019 - 21:00 WIB

Partisipasi Pemilih di Kalsel Meningkat

Pelaksanaan Pemilu di Banjarmasin. Foto-dok/apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu serentak 2019 di Provinsi Kalimantan Selatan mengalami peningkatan dibandingkan lima tahun lalu.

Secara kuantitas untuk tingkat pemilihan Presiden-Wakil Presiden 79,5 persen, DPR, 79,2 persen, DPD 79,1 persen, dan DPRD Provinsi 79,1 persen.

Baca Juga: Esok, Sandiaga Uno ke Sekumpul, Mau Apa?

Sedangkan secara kualitas untuk pemilu tingkat pemilihan Presiden-Wakil Presiden 96,3 persen, DPR 85,1 persen, DPD 81,1 persen, dan DPRD Provinsi 84 persen.

“Tingkat partisipasi pemilih pemilu Tahun 2019 di Kalsel secara kuantitas melebihi target. awalnya target partisipasi dalam rencana pembangunan nasional 77,5 persen,” ujar Komisioner KPU Kalsel, Edy Ariansyah melalui keterangan persnya.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kalsel ini menerangkan jumlah pemilih untuk calon Presiden-Wakil Presiden tercatat sebanyak 2.382.103 suara.

Sementara jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), DPTb dan DPK yakni 2.995.206 orang.

Kemudian untuk jumlah pemilih calon DPR RI terhitung ada 2.370.239 suara. Dan yang terdaftar sebagai pemilih ada 2.994.334 orang.

Kenaikan itu juga berlaku bagi pemilih calon DPD RI. Berdasarkan data, tingkat pemilih ada 2.370.469 suara, dan yang terdaftar 2.995.142 pemilih.

Rupanya untuk tingkat pemilih DPRD Provinsi pun ikut terkena imbas Pemilu serentak. Dari jumlah pemilih ada 2.368.739 suara, sedangkan yang terhitung di KPU Kalsel yakni 2.994.764 suara.

Kendati demikian, Edy mengucapkan terima kasih kepada pemilih yang telah menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019. Sebab dengan meningkatkan pemilih dalam suara daerah maka otomatis Pemilu tersebut berjalan secara demokratis, damai, kondusif dan berintegritas.

“Terima kasih juga kepada Pemda, TNI, Polri, Perguruan Tinggi, Organisasi Masyarakat, Media Massa, semua jajaran penyelenggara pemilu, tokoh masyarakat, pemuda dan agama yang telah menunjang suksesnya penyelenggaraan pemilu di Kalsel,” beber Edy.

Baca Juga: Jokowi Hanya Unggul di Kotabaru

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Kodim 1022/TNB Rapid Tes Perwakilan Wartawan
apahabar.com

Kalsel

Tertipu Ratusan Juta, Perusahaan Transportir Laporkan Pria Broker BBM
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini, Jarak Pandang Penerbangan di Bandara Syamsuddin Noor Sempat 400 Meter
apahabar.com

Kalsel

HUT RI Ke-75, PDIP Pilih Ziarahi Makam Brigjen Hasan Basry
apahabar.com

Kalsel

Haul Guru Sekumpul Bebas Kepentingan Politik, ‘Haram’ Pasang APK
apahabar.com

Kalsel

Kemenag Tala Izinkan Kembali Acara Nikah di Rumah, Ini Syaratnya
apahabar.com

Kalsel

Potret Kesibukan Jamaah Jelang Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa Uniska Gelar Aksi Peringati Jumat Kelabu 23 Mei 1997
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com